Keyboard laptop error huruf jadi angka



Sebenarnya cara ini sudah banyak di Google. Saya sendiri  juga berpikir 2 kali buat menulis artikel ini, tapi begitu lah, namanya juga blog, ya harus di update. Betul ga?

Ngomongin soal keyboard laptop.
Kadang secara tidak sengaja tombol ini kepencet atau ketekan. Nah pas kita pakai tahu-tahu​ keyboard jadi aneh, seperti saat ngetik huruf U menjadi angka 4, I jadi angka 5, J menjadi 1, K,L menjadi angka 2 dan 3, P menjadi * (bintang), huruf M menjadi 0 (nol), dan angka 0 (nol) menjadi tanda ( / ).

Berikut cara mudah mengatasi keyboard laptop error huruf jadi angka.
  • Tekan tombol Fn + F11 secara bersamaan, kemudian tes lagi apakah sudah normal atau belum.
  • Jika cara pertama belum berhasil, cari dulu tombol Numlock di laptop kamu, biasanya ada tulisan Insert NumLk / Num Lock lalu tekan bersamaan dengan Fn. 
Sangat mudah memang mengatasi masalah keyboard tertukar huruf menjadi angka dan sebaliknya, semoga bermanfaat dan jika kamu mengalami masalah serupa jangan panik dulu dan buru-buru membawa ke tukang services, tapi coba atasi dulu sendiri dengan cara diatas.

Cara diatas hanya berlaku untuk laptop dengan keyboard masih normal bukan karena kerusakan hardware, jadi jika kamu sudah coba langkah diatas tetapi belum normal juga, bisa jadi hardware keyboard laptop mu rusak.

Tapi sebaiknya cek terlebih dahulu sebelum membawa ke tukang servis dengan mengetik pada Notepad. Ketik semua uhuruf dan coba semua tombol keyboard laptop di Notepad. Setelah itu lihat hasilnya bagaimana, apakah ada salah satu atau beberapa tombol laptop kamu tidak bisa sama sekali dipakai ?  Kalau ada, kamu bisa membersihkan terlebih dahulu keyboard laptop kamu. Baru setelah keyboard laptop dibersihkan tapi masih error, sudah di pastikan hardware keyboard laptop mu rusak atau harus ganti baru dengan membawa ke tukang servis laptop. Bisa juga ganti sendiri jika kamu tahu bongkar pasangnya. Tapi ada solusi lain lagi sobat, seperti di bawah ini.

Tips untuk kamu yang belum sempat mengganti keyboard Laptop yang rusak.

Ketika anda sudah memastikan kalau keyboard laptop anda rusak dari hardwarenya tapi belum punya dana untuk memperbaikinya, bisa gunakan salah satu solusi ini.


1. Bagi sobat pengguna Windows agan dapat menggunakan On-Screen Keyboard caranya anda bisa membuka dengan membuka Start  > All Program >  Accesories >  Accesibility >  On-Screen Keyboard. Jika tidak ada disitu, bisa dibuka juga di Start > All Program > Accesories > Tablet PC  >  Tablet PC Input Panel

2. Cara mengatasi Tombol (tuts) keyboard laptop/netbook yang eror dan rusak/tidak berfungsi dengan menggunakan software Keyboard Remapper dan salah satu software keyboard remapper yang gratis adalah software KeyTweak. Pada aplikasi ini kita bisa menggunakan tombol yang jarang dipakai dan menukar dengan tombol keyboard kita yang rusak.

3. Atau pakai keyboard external, di toko-toko online sudah lebih murah dari pada jaman dulu, meskipun yang mahal juga ada.

Sekian tips mengatasi keyboard laptop error huruf jadi angka.
Semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "Keyboard laptop error huruf jadi angka "

  1. Simple caranya, tapi sangat bermanfaat Terimakasih banyak min udah mau berbagi. sekarang keyboard saya sudah kembali normal

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel