Atasi Samsung Galaxy Note 3 Sinyal Hilang Setelah Ganti Flexyble Charger

perbaikan charging note 3

Akhirnya handphone Samsung Galaxy Note 3 N900 saya normal lagi. Yang sebelumnya Galaxy Note 3 saya tidak bisa menerima sinyal 3G setelah ganti flexyble charger.

Sekedar catatan tentang perbaikan handphone Samsung Note 3 tidak bisa dicharge.

Awal mula Samsung Galaxy Note 3 saya tidak bisa mengisi baterai/tidak bisa dicharge. Pada kondisi ini handphone masih hidup normal, hanya tidak mau mengisi baterai saja ketika di charge. Sudah saya sudah coba ganti charger yang lain dan coba membersihkan port charger Galaxy Note 3 dengan alkohol tapi tetap saja hasilnya nihil, tidak ada tanda-tanda indikator pengisian baterai yang muncul.
Hari berikutnya saya datang ke tempat teman saya yang lumayan tahu tentang masalah hardwear handphone. Setelah dicek dicoba menyarankan untuk ganti flexyble charger Note 3.
Berhubung di toko spare part handphone di toko langganan saya tidak ada ( stock kosong ) untuk flexyble charger Galaxy Note 3 N900 3G, saya coba pakai flexyble charger Note 3 N9005 LTE, karena saya pikir spare part ini sama saja. Oh ya, untuk harga flexyble charger Samsung Galaxy Note 3 N9005 LTE di toko langganan saya beli 45.000 rupiah ( KW ). Dengan alasan juga dari pada handphone harus di charger pakai charger deskstop, capek kan kalo harus bongkar pasang baterai.

Pasang Part Flexyble Charger Pada Samsung Galaxy Note 3.

Nah hasil setelah saya pasang part flexyble charger Samsung Galaxy Note 3 LTE N9005 pada Galaxy Note 3 N900 3G sebagai berikut.
  1. Setelah selesai penggantian flexyble charger dengan baik, dan sim card juga sudah terpasang pada Galaxy Note 3, saya hidupkan handphone.
  2. Handphone booting, hidup normal.
  3. Saya coba colokan charger pada handphone Note 3, dan taraaaaa.... alangkah senangnya hati saya karena handphone Note 3 sudah bisa dicharger normal kembali.
  4. Tapi rasa senangku tidak berlansung lama.
  5. Saya coba hidupkan paket data, karena posisi paket data sebelumnya off.
  6. Setelah paket data on, saya setting untuk memilih pada wcdma only.
  7. Pada saat diset ke wcdma only, pada status bar, sinyal seluler muncul lingkaran disilang, yang menandakan sinyal seluler hilang.
  8. Namun ketika saya coba setting posisi wcdma/gsm sambung otomatis, sinyal seluler GSM kembali muncul, namun untuk sinyal data pada status bar hanya mentok E ( EDGE ).
  9. Sudah saya coba hardreset dan coba flashing ulang pun hasilnya sama saja, Galaxy Note 3 hanya dapat sinyal internet E ( EDGE ). Dan ketika posisi paket data on dan lock di wcdma only, sinyal seluler menjadi hilang.
  10. Saya berpikir, sinyal hilang pada Note 3 N900 disebabkan karena saya karena saya menggunakan spare part flexyble charger punya Galaxy Note 3 LTE N9005.
Itung-itung kejadian diatas adalah coba-coba, siapa tahu bisa berhasil, walau pada akhirnya hasilnya nihil juga. Hehehe. Kemudian saya berasumsi untuk ganti flexyble charger Note 3 N900 dengan type yang sama juga yaitu dengan menggunakan part Note 3 3G N900 juga.

Percobaan kedua, menggunakan konektor charger yang satu type dengan type handphone.

Selang semingguan lebih akhirnya saya mendapatkan spare part flexyble charger untuk type Note 3 N900  3G, yang sama dengan type handphone saya. Spare part flexyble charger ini saya beli dengan harga 35.000 rupiah (lebih murah 10 ribu rupiah dari harga sebelumnya) dengan catatan ini barang KW juga ( bukan original SEIN ).
Dan setelah saya pasang part flexyble charger KW ( bukan ori SEIN ) ini mengantikan flexyble Charger Note 3 LTE N9005 yang terpasang pada Galaxy Note 3 N900 3G saya, ternyata hasilnya sama saja, seperti pada saat saya menggunakan part flexyble charger type Note 3 LTE N9005. Yaitu meski bisa di charging, namun sinyal internet hilang waktu mode jaringan diset pada otomatis ataupun sewaktu di lock di wcdma only.

Ternyata setelah searching Google sana-sini, part flexyble charger Galaxy Note 3 N900 jika rusak, harus di ganti dengan part yang betul-betul original SEIN. Entah sebabnya atau bedanya dimana saya kurang tahu, karena memang pada part flexyble charger Galaxy Note , terdapat part yang terhubung dengan antena sinyal seluler.
Pada kondisi ini saya terima keadaan dahulu, bahwa handphone Galaxy Note 3 N900 saya tidak bisa menerima sinyal  jaringan internet 3G,dan hanya mentok pada jaringan E ( EDGE ). Berminggu-minggu saya masih bersabar dalam kondisi ini, sebab saya tidak ada dana untuk membawa Samsung Galaxy Note 3 N900 saya ke Samsung Service Center ( SSC ), karena Anda pasti tahu kan kalau part Samsung ini lumayan mahal.

Karena saking tidak betahnya saya, karena Galaxy Note 3 saya hanya sanggup menangkap sinyal EDGE, kemudian saya meminta bantuan pada teman saya yang tahu tentang hardwear tadi, dan dia menyarankan untuk membawa part bekas flexyble charger original Galaxy Note 3 N900 3G bawaan handphone yang rusak tidak bisa dicharger. Yang kebetulan part ini masih saya simpan.

Percobaan selanjutnya adalah menukar atau mengganti port connector charger / charging Galaxy Note 3 N900 lama dengan port connector charger dari part KW.

Dan setelah ganti charging port ucb connector pada flexyble charger original yang lama, dan sudah terpasang baik, hasilnya .... taraaaa.. sinyal jaringan 3G muncul lagi dan hanphone Galaxy Note 3 saya kembali normal dan bisa di charge/charging lagi.

galaxy note 3 tidak bisa dicas / charging
cukup ganti port charging usb connector

Sekedar catatan dan kesimpulan dari hasil percobaan oleh Tips Cara Mudah.

  • Bersihkan dahalu port charger dengan thinner atau alkohol sebelum memutuskan untuk mengganti port USB charger.
  • Kesimpulannya, jika handphone Galaxy Note 3 rusak tidak bisa di charge/charging, lebih baik tidak usah beli part KW, terkecuali jika anda beruntung part itu cocok dengan handphone Anda.
  • Perbaikan handphone Galaxy Note 3 atau munkin juga untuk Galaxy seri S yang rusak tidak bisa charge atau tidak bisa charging, lebih baik ganti dahulu  charging connector/charger port usb connector terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk ganti sepaket flexyble charger.
  • Apabila cara diatas sudah Anda coba dan hasilnya nihil, ada baiknya beli part copotan atau beli yang betul-betul original SEIN.
  • Cara terakhir, jangan sia-siakan uang Anda, jika diatas sudah mentok silahkan bawa handphone Galaxy Note anda ke SSC.
Nah semoga catatan kecil saya ini berguna bagi anda, yang mengalami handphone Samsung Galaxy Note 3 tidak bisa di charge/charging.
Salam.


 




1 Komentar untuk "Atasi Samsung Galaxy Note 3 Sinyal Hilang Setelah Ganti Flexyble Charger "

  1. Not only for Samsung Galaxy, but also for many other popular models like iPhone 5s, it will be possible to find different accessories, when they choose to place orders for power packs for iPhone 5s with a reliable online store. USB Type C Cable

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel