Agar Flashdisk Dan Hard Disk External Format NTFS Bisa Terbaca Di Android Xiaomi Note 3 Pro

Sudah barang tentu bagi kamu pengguna handphone Xiaomi Resmi Note 3 Pro pasti sudah tahu kan cara menggunakan USB otg di Xiaomi Note 3 Pro. Dengan fitur USB otg, memungkinkan kita untuk membaca file dan mengelola file berkas dari flashdisk langsung ke handphone dengan bantuan kabel USB On The Go atau biasa dikenal USB OTG.
Namun secara default, dalam membaca flashdisk melalui USB OTG  aplikasi file manager bawaan dari MIUI hanya mendukung format FAT32. Jadi kesal kan, pada saat Flashdisk atau hard disk external kamu dengan format NTFS tidak terbaca atau tidak terdeteksi oleh Xiaomi Note 3 Pro kamu saat kamu koneksikan dengan kabel USB OTG, padahal di dalam flashdisk itu terdapat file penting yang ingin kamu gunakan saat itu juga.
Entah itu alasan nya kenapa file manager bawaan handphone Xiaomi Note 3 Pro tidak bisa membaca format NTFS, saya tidak begitu paham.
Namun disini saya bagikan 2 cara agar flashdisk atau hard disk format NTFS bisa terbaca oleh handphone android Xiaomi Note 3 Pro melalui kabel USB OTG.
Atasi hard disk tidak terdeteksi di android Xiaomi Note 3 Pro via USB OTG

Cara mudah membaca hardisk NTFS di XiaoMi Note 3 Pro.



Flashdisk NTFS tidak terbaca di android Xiaomi Note 3 pro

Cara pertama.

Dengan aplikasi Total Commander. Dengan aplikasi memungkinkan handphone Android Xiaomi Redmi Note 3 Pro bisa membaca format NTFS melalui kabel USB otg tanpa root.
Tidak cuma format NTFS saja, kamu juga bisa membaca format HFS+ , FAT dan exFAT juga di Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan kabel USB Otg.
Jadi kamu sekarang bisa membaca hard disk external atau flashdisk dengan format NTFS di android Xiaomi Note 3 Pro kamu. Dan tidak hanya sekedar membaca file saja (Read Only / RO), namu juga fungsi membaca dan menulis juga ( RW).

Dan setelah kamu menginstal aplikasi Total Comander, kamu juga perlu untuk menginstal plugin Paragon untuk membaca file berkas di flashdisk / hardisk format NTFS. Sedangkan untuk membaca flashdisk dengan format FAT dan exFAT via USB OTG di android Xiaomi Note 3 Pro, kamu membutuhkan plugin tambahan yaitu USB Stick Plugin. Aplikasi Total Commander tersedia gratis di Google Play.


Membaca hardisk dan flashdisk NTFS di Xiaomi Note 3 Pro via USB OTG

Cara kedua.


Dengan aplikasi ES File Explorer. Dengan bantuan aplikasi ES File Explorer memungkinkan kita bisa membuka dan mengelola file berkas flashdisk / hard disk format NTFS di hp android Xiaomi Note 3 Pro dengan bantuan kabel USB OTG. Untuk kamu yang kesulitan menggunakan app Total Commander, kamu bisa menggunakan aplikasi ES File Explorer. Karena dengan aplikasi ES File Explorer lebih mudah penggunaannya dibandingkan dengan aplikasi Total Commander. Aplikasi ES File Explorer bisa kamu dapatkan gratis di Google Play.

Nah untuk membaca hard disk external ke Xiaomi Note 3 Pro, saya menggunakan hard disk 3.5 inch bekas komputer, yang jadikan hard disk external. Yang tentu hard disk external model ini membutuhkan power supply adapter. Jadi handphone tidak terbebani untuk mensuplai daya ke hard disk. Untuk hard disk external 2.5 inch perlu juga di ketahui, bahwa tidak semua hard disk external 2.5 inch bisa terbaca oleh handphone android melalui kabel USB OTG. Ini disebabkan karena arus / daya listrik dari handphone android terlalu kecil untuk mensuplai kebutuhan daya listrik hard disk external. Namun untuk beberapa type - type hard disk external keluaran terbaru sekarang sudah bisa langsung terbaca di android via USB OTG, karena hard disk type ini hanya membutuhkan arus daya listrik yang kecil. Akan tetapi, baterai handphone akan cepat berkurang, karena terpakai untuk mensuplai kebutuhan daya listrik hard disk external.
Nah, agar baterai tidak cepat berkurang, kamu bisa menggunakan kabel USB ON THE GO ( OTG ) Y dengan power hub. Dengan penambahan power supply dari charger handphone atau power Bank ke kabel USB OTG Y, maka baterai handphone kamu tidak akan berkurang ketika kamu menghubungkan hard disk external ke handphone android kamu lewat kabel USB OTG Y.



Nah bagaimana, setelah mencoba cara di atas tentu handphone Xiaomi Note 3 Pro kamu sudah bisa membaca format NTFS dari hard disk dan flashdisk tanpa perlu akses root kan? Selamat mencoba.

2 Komentar untuk "Agar Flashdisk Dan Hard Disk External Format NTFS Bisa Terbaca Di Android Xiaomi Note 3 Pro"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel