Cara Mudah Atasi Sensor Fingerprint XiaoMi Note 3 Pro Tidak Berfungsi

Hadirnya fitur fingerprint pada Xiaomi Note 3 pro memang menjadikan handphone Xiaomi ini patut diacungi jempol. Fingerprint Xiaomi Note 3 pro bisa untuk mendaftarkan 5 sidik jari.

Kelebihan dari adanya sensor fingerprint di handphone ini yaitu pengguna tidak perlu lagi menekan tombol power dan mengusap layar handphone lagi untuk menghidupkan layar. Pengguna tinggal menyentuhkan ujung jari yang sudah didaftarkan sebelumnya pada sensor fingerprint, maka layar handphone otomatis akan menyala tanpa perlu lagi memasukkan password kunci layar.

Namun bagaimana kalau fitur sensor fingerprint di handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro tidak bisa digunakan, atau tiba-tiba tidak bisa dipakai, padahal sebelumnya normal-normal saja? Tentu Anda sebagai pengguna yang terbiasa dengan fitur sensor fingerprint pasti merasa jengkel, dan terasa ribet karena Anda harus menekan tombol power untuk menghidupkan layar.

Seperti halnya yang sering saya alami pada handphone saya ini juga. Biasanya sehabis direstart atau dimatikan, ketika hidup malah sensor fingerprint pada handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro jadi tidak berfungsi. Atau kadang sehabis ganti kartu memori card atau sehabis ganti kartu SIM, sensorfinger print pada malah tidak bisa digunakan.

Dan saya juga pernah mengalami juga, ketika sehabis upgrade OTA, sensor fingerprint handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro malah tidak berfungsi.
Dan juga, yang biasa saya alami, ketika sensor fingerprint ini tidak berfungsi, handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini akan menjadi panas dan baterai handphone akan terasa sangat boros. Lebih-lebih kalau handphone kita kantongin di kantong celana ataupun kantong baju, hemmm kerasa panas banget dan tidak nyaman.
Seperti kita ketahui sebagai pengguna Xiaomi Redmi Note 3 Pro, bahwa pada aplikasi untuk sensor finger print handphone Xiaomi ini masih ada bug.
fingerprint sensor Xiaomi note 3 pro does not work ?

Cara memperbaiki sensor fingerprint Xiaomi Note 3 Pro yang tidak berfungsi.

Nah, bagi kamu pengguna Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang sensor finger print bermasalah dan tidak berfungsi setelah handphone direstart seperti yang saya alami di atas, kamu bisa coba tips cara mudah sebagai berikut :

  1. Cara Pertama.
    Restart ulang handphone, dan setelah hidup coba lagi sensornya. Kalau belum bisa coba restart lagi dan kalo belum bisa, kamu bisa gunakan cara  kedua.
  2. Cara Kedua.
    Matikan handphone Xiaomi kamu, dan hidupkan jika sudah rada dingin. Karena setahu saya, jika sensor finger print pada Redmi Note 3 Pro yang seharusnya aktif, tetapi tidak bisa digunakan atau menjadi tidak berfungsi, akan menyebabkan handphone menjadi panas.
  3. Cara Ketiga.
    Coba masuk ke menu Setting > aplikasi terinstal > semua. Disini cara aplikasi "com.fingerprints.service" dan aplikasi "com.qualcomm.qti.biometrices.fingerprint.service". Jika sudah ketemu, coba hapus data dan cache pada kedua aplikasi itu (default nya pada kedua aplikasi itu tidak ada data ataupun cache). Setelah itu silahkan coba letakkan jari Anda pada sensor finger print. Apabila belum bisa, kamu bisa restart handphone dan dicoba kembali. Namun jika cara ini belum berhasil memulihkan sensor sidik jari pada si Kenzo Redmi Note 3 Pro, kamu bisa gunakan cara keempat.
  4. Cara Keempat.
    Masuk ke menu Setting handphone > Aplikasi terinstal > Semua. Pilih lainnya pada menu bawah dan lanjut pilih "Setel ulang pref aplikasi" dan selanjutnya pilih "Setel ulang aplikasi". Serta juga menyetel ulang ke bawaan aplikasi system dengan masuk setting > aplikasi terinstal > semua > pilih bawaan ikon roda gigi dibawah > setel ulang kebawaan >  Setel ulang. Dan tenang saja, kamu tidak akan kehilangan data apapun.  Kamu hanya perlu menyetel ulang notifikasi aplikasi mana yang ingin kamu non aktifkan seperti sebelumnya. Karena setelah kamu menghapus ini, setelan notikasi aplikasi akan kembali ke setelan default. Nah setelah itu kamu bisa coba test sensor finger print pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro kamu.
  5. Cara Kelima.
    Kamu bisa menggunakan aplikasi CC Cleaner atau aplikasi Cooler master untuk membersihkan registri dan kill aplikasi yang running di background. Dan aplikasi ini juga sering saya gunakan setelah handphone Xiaomi Note 3 pro saya restart. Sebab pada handphone Xiaomi Note 3 Pro punya saya, biasanya setelah habis restart, sensor fingerprint malah tidak bisa dipakai(tidak berfungsi). Dan kalo sudah begini handphone Xiaomi Note 3 Pro akan menjadi panas. Makanya saya menggunakan aplikasi Cooler Master untuk meng-kill aplikasi yang running di background.

Note dari tips cara mudah.

Metode fix sensor fingerprint Xiaomi Note 3 Pro ini belum tentu juga berhasil untuk handphone kamu, karena bisa juga karena pengaruh dari versi Rom yang berbeda dan variasi data yang terinstal beda-beda juga. Dan sekedar info, saya menggunakan Xiaomi Note 3 Pro garansi distributor dengan Rom Miui Global versi 7.3.2.

Nah semoga tips cara mudah mengatasi sensor fingerprint handphone Xiaomi  Redmi Note 3 Pro yang tidak berfungsi sehabis direstart ini bisa bermanfaat.

16 Komentar untuk "Cara Mudah Atasi Sensor Fingerprint XiaoMi Note 3 Pro Tidak Berfungsi"

  1. makash gan cara ke 3 sukse di redmi 3 pro ane..

    BalasHapus
  2. Min, punya ku com.qualcomm.qti.biometeices.fingerprint.service nya kok gak ada ya min?

    BalasHapus
  3. Thanks a lot ya. Sempat kesel panas dingin takut hp g bs di betulin.
    Cara ke empat brhasil betulin fingerprints gw.

    BalasHapus
  4. Sumpah, Berhasil berhasil pakai cara3 Terima kasih banyak gan, 1000000%work

    BalasHapus
  5. Klo semua ga berhasil..ada kmungkinan hardware nya ga??

    BalasHapus
  6. Mbk punyaku kok ngak bisa muncul cache/hapus data..ada tulisanya tapi belur sudah gua tunggu berapa menit juga ngakbisa masih belur..
    Tolong pencerahanya..mkasih

    BalasHapus
  7. Itu klo habis di restart jgn pake finger print dlu,buka nya pake pin/pola yg kalian pake nah, trs di matikan dan nyalakan kembali menggunakan finger print dan sudah bisa tuh di pakai

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel