Cara Fix Handphone Android Selalu Muncul Iklan Yang Mengganggu


Handphone Android terkena malware yang menyebabkan seringnya pop-up iklan di layar handphone Android. Nah yang dimaksud dengan iklan pop-up adalah iklan bergambar atau video iklan yang selalu muncul ketika membuka aplikasi apapun. Dan biasanya, iklan-iklan pop-up seperti ini muncul ketika handphone android terhubung dengan koneksi internet.

Tentu yang pernah mengalami kejadian seperti ini sangat kesal kan? Bisa dibayangkan mau buka aplikasi Facebook saja, yang seharusnya aplikasi seperti ini tidak disusupi oleh malware iklan, tetapi selalu saja muncul iklan pop-up.

Nah, permasalahan muncul iklan pop-up juga pernah saya ketemukan di handphone Mito. Tiap kali handphone terhubung dengan koneksi internet, handphone android ini selalu muncul iklan pop-up yang menutupi penuh layar handphone yang kadang tidak bisa di skip iklannya dan malware iklan ini sering mendownload sendiri aplikasi aneh-aneh yang tidak di inginkan.

Dan bahkan untuk mehilangkan iklan pop-up seperti ini, saya sudah melakukan hard reset, namun tetap saja ketika layanan data internet handphone aktif, ataupun terkoneksi dengan wifi, iklan pop-up ini tetap saja muncul di layar handphone Android Mito. Seolah-olah malware/adware sudah tertanam di aplikasi sistem bawaan handphone. Makanya melakukan hard reset pun belum tentu berhasil menghilangkan malware/adware iklan pop-up seperti ini.

Bahaya Malware/Adware Iklan Pop Up Di Android.

Malware iklan pop-up seperti ini biasanya juga menyebabkan baterai handphone Android semakin cepat habis, handphone jadi lemot, boros kuota data karena sering mendowload aplikasi yang tidak jelas karena malware ini akan terus bekerja ketika handphone digunakan dan terhubung dengan internet. Dan bahkan kalau sudah parah kadang malware di android ini, bisa menyebabkan kartu sim card yang kita gunakan untuk internetan bisa terdaftar sendiri di layanan konten premium penyedot pulsa. Karena gara-gara iklan pop up yang sering muncul dan susah di-skip tidak sengaja ter-klik. Dan entah itu penyebabnya atau bukan, tapi semenjak handphone Android Mito terkena virus iklan, kartu Axis yang digunakan untuk internet tiba-tiba saja terdaftar di layanan konten premium tidak jelas.

Cara Menghilangkan Malware/Adware Iklan Pop Up Di Handphone Android.

Setelah beberapa hari, akhirnya saya bisa menghilangkan malware/adware iklan pop-up di Android Mito ini. Penyelesain cara mengatasi virus iklan yang selalu muncul tiap kali membuka aplikasi di handphone android, saya menggunakan cara di bawah ini.

Cara Pertama Dengan Menggunakan Aplikasi Adware Removal.

Cara pertama untuk mengatasi handphone Android terkena virus malware iklan pop up yaitu dengan menginstal aplikasi Adware Removal atau kamu bisa menggunakan aplikasi Kaspersky Antivirus & Security.
Atau gunakan aplikasi Malwarebytes Security. Yang mana aplikasi Malwarebytes Security juga direomendasikan oleh Google untuk mengatasi masalah handphone Android yang sering muncul iklan yang mengganggu.
Ini berfungsi untuk mengetahui sumber iklan pop up dan virus yang menyebabkan iklan terus-terusan muncul dan mengganggu di handphone Android.

Ketika sudah selesai scan dengan aplikasi Malwarebytes atau Kaspersky, maka akan terlihat dari sumber malware atau virus iklan tersebut. Lalu kamu bisa menghapus atau uninstal aplikasi sumber iklan itu. Namun untuk malware yang sudah tertanam dan sudah menyusup di aplikasi sistem bawaan handphone, kamu tidak bisa melakukan uninstal aplikasi yang sudak terkena virus iklan itu. Karena untuk menghapus aplikasi sistem atau aplikasi bawaan handphone, kamu membutuhkan akses root. Atau jika kamu menemukan / mencurigai aplikasi tertentu sebagai sumber virus iklan yang tidak bisa dihapus, coba "paksa berhenti" dan non aktifkan. Buka keamanan dan perijinan, jangan ijinkan aplikasi terkoneksi dengan data seluler maupun WiFi.

Cara Kedua Dengan Memformat Kartu SD Card.

Malware virus iklan pop up ini kadang juga tersimpan dan menyusup ke memory card/sd card yang terpasang di handphone Android. Dan bahkan ketika saya scan memory card/sd card dengan Kaspersky terdeteksi virus trojan. Sangar kan..hehe..

Nah sebelum kamu memformat sd card ada baiknya kamu scan scard kamu dengan anti virus, dan setelahnya back up data yang perlu di komputer. Kemudian baru kamu bisa lakukan format ulang sd card.

Cara Ketiga Dengan Root Mode.

Untuk cara root tiap-tiap handphone Android akan berbeda-beda caranya, ada yang bisa pake aplikasi Framaroot, Kingroot atau metode yang lain. Jika handphone kamu sudah mendapatkan akses root kamu sekarang bisa uninstal aplikasi bawaan handphone yang sudah tersusupi virus iklan pop up. Dan kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan handphone yang tidak penting.

Aplikasi Kingroot berfungsi juga sebagai clear ram, clear cache, dan yang paling penting aplikasi Kingroot juga bisa memblokir aplikasi tertentu agar tidak terhubung ke internet. Namum aplikasi Kingroot dalam defaultnya menggunakan bahasa China yang membingungkan bagi yang tidak mengerti. Nah jika kamu bingung menggunakan aplikasi Kingroot, kamu bisa menginstal SuperUser untuk menggantikan Kingroot.

Cara Keempat Dengan Cara Factory Reset Dan Flashing Ulang.

Ketika kamu sudah menyerah menghapus malware iklan pop up yang bandel dan sering muncul di handphone android, kamu bisa melakukan factory reset atau sekalian flashing ulang handphone kamu. Untuk cara flashing handphone android, tentu beda-beda tiap tipe handphonenya dan kamu bisa mencarinya di Google. Jangan lupa setelahnya lakukan hard reset dan format sd card yang terpasang di handphone Android kamu.

Tapi kadang, setelah flash ulang pun, sesudah update aplikasi iklan yang mengganggu tetap saja muncul. Ini dikarenakan memang dari aplikasi sistem bawaan handphone memang berisi iklan. Silahkan cek aplikasi launcher dan non aktifkan rekomendasi apl.



Nah semoga tips cara mudah mengatasi handphone Android terkena virus/malware/adware iklan pop up yang muncul terus-menerus tiap kali membuka aplikasi bisa berguna untuk kamu.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Cara Fix Handphone Android Selalu Muncul Iklan Yang Mengganggu"

  1. Makasih. Sangat membantu sekali. Virus iklan sudah terhapus dari hp Redmi Note saya pakai aplikasi Malwarebytes Security. Mungkin kalau ada yg mengalami hal sama, bisa dicoba.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel