Mengatasi Gambar Atau Layar Video 360 Derajat Googel Cardboard Muter Bergerak Terus Di Lenovo K5 Plus

Seperti kita ketahui, Lenovo K5 plus sudah support sensor  gyroscope, jadi kita bisa menikmati foto atau video 360 derajat di Lenovo k5 plus. Dan kita juga bisa menggunakan aplikasi Google Cardboard dengan lancar di Lenovo k5 Plus ini. 

Namun saya pernah mengalami problem saat menggunakan aplikasi Google Cardboard pada Lenovo k5 Plus ini. Yaitu pada saat menggunakan aplikasi Google Cardboard, gambar atau video bergerak muter terus tidak mau berhenti, padahal handphone tidak bergerak. Penasaran juga, saat saya coba buka aplikasi Google Cardboard tanpa kacamata VR pun, gambar atau layar bergerak muter terus tidak mau berhenti, padahal handphone tidak bergerak sama sekali. Meskipun layar bergerak pelan, namun terasa bikin puyeng dan pusing saat menggunakan Google Cardboard melalui kacamata VR di Lenovo K5 Plus ini. Serasa pingin dijual saja handphone ini. Hehe.

Nah untuk mengatasi problem Lenovo k5 Plus layar terus bergerak berputar pada saat menggunakan aplikasi Google Cardboard, saya melakukan kalibrasi pada sensor gyroscope dan sensor accelerometer pada Lenovo k5 Plus ini.

Cara Mudah Kalibrasi Sensor Accelerometer Dan Sensor Gyroscope Lenovo k5 Plus.

Kalibrasi Sensor Accelerometer dan Sensor Gyroscope Lenovo k5 Plus
Kalibrasi Sensor Accelerometer dan Sensor Gyroscope Android Lenovo k5 Plus

Berikut cara dan langkah-langkah kalibrasi sensor accelerometer dan sensor gyroscope Lenovo K5 Plus a6020a.

Metode Pertama.

  1. Matikan Lenovo K5 Plus.
  2. Tekan Tombol Volume Up (+) dan Tombol Power bersamaan.
  3. Maka akan masuk ke Factory Test Mode Lenovo K5 Plus.
  4. Bila kamu tidak tahu bahasa China, kamu bisa klik "Chinese" untuk merubah bahasa menu menjadi bahasa English.
  5. Pilih "Sensor Test".
  6. Pilih no.1 "GYROSCOPE SENSOR".
  7. Maka sensor Gyroscope akan dikalibrasi, apabila success, akan muncul pesan "calibration result = success", lalu lanjut pilih "Pass".
  8. Lanjut kalibrasi sensor accelerometer.
  9. Letakan/taruh handphone Lenovo k5 Plus pada papan atau bidang yang rata.
  10. Pilih no.2 "ACCELEROMETER SENSOR".
  11. Pilih atau tap "CALIBRATION" yang warna hijau itu.
  12. Disini kamu bisa testing posisi Z+, Z-, X+, X-, Y+, Y-, 45+ degree dan 45- dengan cara membalik, memiringkan, menegakan serta memiringkan posisi handphone Lenovo K5 Plus.
  13. Apabila seluruh sensor sudah dikalibrasi dan selesai atau sukses akan muncul pesan "calibration result = success".
  14. Jika sudah selesai lanjut pilih "Pass". Lalu lanjut pilih "finish".
  15. Maka akan diarahkan ke menu utama "Factory Test Mode" lagi.
  16. Pilih "Recovery". Maka akan diarahkan ke Menu Recovery Mode Lenovo K5 Plus.
  17. Lanjut pilih no.1 "Reboot System Now".
  18. Maka Lenovo K5 plus akan reboot otomatis.
  19. Coba cek pada aplikasi Google Cardbord, maka yang gambar atau layar di Google Carboard yang tadinya bergerak muter terus tidak mau stabil, sekarang akan stabil.
  20. Dan sekarang kamu bisa menonton/menikmati video 360 atau menggunakan kacamata VR Google Cardboard dengan nyaman di Lenovo K5 Plus.
  21. Selesai.
Metode Kedua.
Metode ini apabila kamu tidak bisa, kesusahan, gagal atau "fail" saat kalibrasi sensor accelerometer Lenovo k5 Plus pada metode pertama di atas. Untuk metode kedua ini, kita menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kita unduh langsung dari Google Play/Play Store.

  1. Buka Google Play, unduh dan instal aplikasi Accelerometer Calibration Free.
  2. Taruh/letakkan Lenovo K5 Plus pada bidang papan horizontal yang rata.
  3. Buka aplikasi Accelerometer.
  4. Lakukan kalibrasi sensor accelerometer sampai titik merah berada di tengah.
  5. Jika sudah selesai, reboot Lenovo K5 Plus kamu.
  6. Selesai.
Sekedar catatan dari Tips Cara Mudah.
Apabila pada saat kamu melakukan kalibrasi sensor accelerometer pada metode pertama, muncul pesan hasil kalibrasi gagal atau "calibration result = fail", karena agak susah untuk kalibrasi posisi 45+ degree dan 45- degree (selalu atau hanya muncul pesan "Testing.."). Kamu bisa tekan Tombol Back dan keluar dari menu dan coba lihat dari aplikasi Accelerometer calibration Free.
Apabila di aplikasi Accelerometer Calibration Free hasilnya titik merah sudah ditengah, kamu tidak perlu lagi melakukan kalibrasi sensor accelerometer.

Nah demikian sedikit cerita pengalaman menggunakan kacamata VR Google Cardboard di Lenovo k5 Plus yang bikin puyeng, gambar dan layarnya muter bergerak tidak mau berhenti. Semoga tulisan ini berguna bagi kita pengguna Lenovo K5 Plus yang mengalami problem gambar atau layar saat buka aplikasi video 360 derajat atau Google Cardboard gambar atau layar tidak mau satabil.

Semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Mengatasi Gambar Atau Layar Video 360 Derajat Googel Cardboard Muter Bergerak Terus Di Lenovo K5 Plus"

  1. Gan saya pengguna moto m.. problemnya sama seperti di postingan agan.. sudah coba tombol + dan power.. gak ngerti bahasanya.. mw rubah bahasa inggris juga bingung.. pilihnya yang mana..
    Sudah nyoba metode ke 2 juga.. sudah saya reboot.. tapi begitu buka cardboard masih sama saja muter2.. mohon bantuannya gan.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk rubah ke bahasa Inggris, bisa dengan pilih menu tengah no 2 dari bawah, seperti pada gambar pertama

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel