Solusi Perbaikan Handphone OPPO Muncul Notif Battery Error Saat Charging

OPPO Baterry Error
OPPO muncul notif Battery Error saat charging
Smartphone Oppo kesayangan Anda tiba-tiba muncul pesan Battery Error "Baterry contact error occurred, please check it" pada saat charging. Tentu saja ini akan membuat kesal, apalagi jika ini merupakan handphone satu-satunya yang Anda miliki. Ditambah lagi dengan kondisi baterai Oppo yang mengalami baterai error merupakan handphone Oppo dengan model baterai tanam (non removable). Yang tentu tidak mudah melepas atau membongkar sendiri baterai handphone untuk kita cek kondisinya. Terkecuali bagi kalian yang punya peralatan sendiri dan sudah punya pengalaman bongkar handphone tentu tidak akan jadi kendala. Namun bagi kalian yang masih awam, tidak punya peralatan dan sama sekali belum pernah bongkar handphone, tentu ini akan menjadi kendala.

Munculnya pesan tanda seru " Battery Error" saat pengisian daya pada handphone Oppo bisa saja terjadi diantaranya karena :
  1. Baterai handphone memang sudah rusak, putus jalur sirkuit di dalam baterai itu sendiri.
  2. Baterai sudah kembung.
  3. Soket atau pin konektor baterai kotor, sehingga pin konektor baterai berkerak seperti berkarat. Ini bisa diakibatkan karena handphone pernah kemasukan air. Atau bahkan baterai itu sendiri sudah bocor, akibat terlalu sering colok-cabut charger(bisa jadi bukan bawaan-dengan ampere lebih tinggi) ataupun memang usia handphone(baterai handphone) sudah lama.
  4. Port micro USB charger pada handphone kotor.
  5. Kepala charger atau kabel USB chargernya sudah rusak.
Untuk tips dan solusi perbaikan baterai error pada handphone Android Oppo bisa lakukan langkah berikut.
  • Coba charge dengan charger lainnya.
  • Jika baterai handphone Android Oppo Anda bisa dilepas, coba cek pin baterai yang berwarna kuning emas. Jika pin kotor, gunakan lap/kain bersih atau tisu, bersihkan dengan sedikit alkohol, thinner, atau cairan pembersih PCB. Pastikan saat baterai memasang kembali, cairan pembersih tadi sudah kering, karena jika jika masih basah dikuatirkan terjadi konslet.
  • Cek port micro USB charger , jika kotor coba bersihkan dengan kain/lap bersih, gunakan sedikit alkohol atau cairan permbersih PCB.
  • Jika handphone Oppo Anda dengan baterai non removable alias baterai tanam, tentu akan butuh peralatan khusus, setidaknya obeng, dan keyakinan bahwa kalian berani bongkar handphone kalian sendiri dengan segala resikonya. Namun pada intinya sama, yaitu hanya butuh cek kondisi pin konektor baterai yang berwarna kuning emas itu. Jika pin baterai kotor bersihkan dengan kain/lap bersih atau tisu. Pada ujung pada kain bersih/tisu tersebut diberi sedikit cairan alkohol/pembersih PCB. Gosok pada pin konektor dengan perlahan saja sampai bersih. Dan pastikan alkohol/cairan pembersih PCB tadi sudah kering pada saat memasang kembali pin konektor baterai.
    OPPO, fix battery error
    Bongkar Smartphone OPPO
Jika Anda sudah melakukan semua hal diatas namun hasilnya nihil atau tidak berhasil. Coba cek baterai Anda dengan multitester, apabila tidak ada tegangan sama sekali pada baterai, ini bisa dikarenakan;
  1. Baterai kosong sama sekali, solusinya coba charge dengan charger desktop atau charger kodok jika bisa.
  2. Baterai sama sekali tidak terdeteksi pengisian sewaktu dicoba di charge dengan charger desktop bahkan dengan bantuan power supply sekalipun. Jika Anda mengalami hal ini kemungkinan sirkuit dalam baterai sudah putus, coba ganti baterai.
Namun jika tips perbaikan handphone Android Oppo muncul pesan baterai error seperti diatas tidak ada yang berhasil, silahkan bawa ke tukang servis. Bisa jadi ini diakibatkan karena IC Power yang rusak atau permasalahan hardwear lainnya.

Tips dan solusi perbaikan handphone Oppo muncul pesan Baterry Error, baterry contact error occurred, please check it ini berdasar pada Oppo Neo 7 A1603 dengan baterai tanam.

Semoga tutorial dari Tips Cara Mudah www.yutabella.com ini juga bermanfaat dan bisa digunakan untuk all varian handphone Android OPPO yang mengalami Error saat charging mengisi baterai.

Belum ada Komentar untuk "Solusi Perbaikan Handphone OPPO Muncul Notif Battery Error Saat Charging"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel