Cara Cek Dan Test Touchscreen Handphone Xiaomi

Touchscreen atau layar sentuh merupakan suatu komponen yang sangat​ penting pada smartphone.
Maka dengan mengetahui cara test touchscreen pada handphone Xiaomi berguna untuk mengetahui kualitas Layar LCD pada smartphone (ada kerusakan atau tidak) pada saat kita membeli sebuah handphone atau ponsel Android.
Baik itu saat kita membeli handphone baru maupun handphone bekas.

Tentu saja kita harus mengecek terlebih dahulu apakah touchscreen masih berfungsi normal ataukah sudah rusak/error.
Dengan pengecekan fungsi touchscreen  terlebih dahulu, tentu saja kita tidak akan kuatir lagi bilamana nanti setelah sesampai di rumah kok tiba-tiba touchscreen menjadi error atau sebagian tidak dapat berfungsi saat disentuh.
Ataupun dikuatirkan adanya dead pixel pada layar LCD Xiaomi.


Berikut cara test touchscreen pada handphone Xiaomi.

Dengan masuk menu Engineering Mode CIT pada handphone Xiaomi, kita bisa melakukan berbagai test fungsi hardwear serta sensor pada handphone Xiaomi. Termasuk juga untuk test fungsi touchscreen pada Xiaomi.

Ada 2 cara masuk CIT handphone Xiaomi. Yaitu dengan dial kode rahasia Xiaomi atau dapat juga dengan masuk melalui setelan "Tentang Ponsel".
Entah kenapa menu CIT Xiaomi mempunyai nama yang berbeda-beda. Ada yang bernama QC test, ada juga Hardwear test, MMIGroup dan mungkin ada juga dengan nama lain. Entah dibedakan dari jenis prosesor ataukah type handphone, saya kurang begitu tahu. 

1. Cara pertama masuk menu CIT QC Test / Hardwear test Xiaomi dengan cara dial  *#*#64663#*#*.
2. Cara kedua masuk QC test / Hardwear test atau CIT Xiaomi dengan cara masuk ke menu "Setelan > Tentang ponsel > Versi kernel. Klik atau tab beberpa kali sampai nanti muncul menu CIT atau QC test / Hardwear test handphone Xiaomi.

cara mengecek touchscreen xiaomi
QC test / Hardwear test CIT Xiaomi


Untuk mengecek dan memastikan rusak tidaknya touchscreen handphone Xiaomi, pada menu QC test atau Hardwear test handphone Xiaomi kita bisa pilih

1.Touchpanel selftest.
Dengan mode otomatis, dapat juga mengecek semua fungsi GPS, Bluethoot, Speaker, sensor-sensor lainnya termasuk touchscreen secara otomatis dan bertahap.

cara cek layar sentuh xiaomi
QC test Xiaomi touchpanel_grip

cara cek layar sentuh xiaomi
QC test touchpanel_bow Xiaomi


2. Touchpanel_grid dan Touchpanel_bow atau TouchPal dengan varius name tiap-tiap device.
Pengecekan touchscreen secara manual. Usap atau sentuh layar sesuai grip petunjuk di layar. Jika ada sebagian titik pada touchscreen yang tidak bisa disentuh atau error / rusak. Maka di layar handphone nantinya akan terbaca keterangannya seperti keterengan "failed" atau "error".
Pada pengecekan mode Grip, jika ada sebagian sisi atau titik touchscreen rusak tidak bisa disentuh maka di layar titik itu tidak akan terblok (terlewati saja).

Test touchscreen Xiaomi dengan aplikasi Multi Touch Test.

Aplikasi ini berguna untuk mengetahui atau dapat mendeteksi sentuhan layar sampai 10 sentuhan pada layar hanphone. 
Aplikasi Multi Touch Test  bisa berguna bagi kamu yang ingin membeli Handphone Xiaomi bekas atau second.

Karena apabila kamu membeli handphone Xiaomi second setingkat Redmi Note 3 Pro keatas namun setelah ditest dengan aplikasi Multi Touch Test hasil maximal hanya 5 sentuhan simultan.
Ini agak diragukan, bisa jadi LCD dan Touchscreen hp Xiaomi second yang sudah kamu beli mungkin pernah diganti. Atau mungkin yang terpasang sekarang merupakan LCD KW bukan ori bawaan.
Karena normal hasil test touchscreen xiaomi dengan MultiTouch Test mencapai 9 - 10 sentuhan simultan.

Nah itu tadi cara mudah mengetest touchsreen rusak atau tidak di handphone Xiaomi.
Pada menu rahasia tersembunyi hardwear test CIT Xiaomi ini, Anda dapat juga melakukan test sensor dan test kamera, WIFI dan lainnya yang tersedia di menu Hardwear test / QC test Xiaomi / MMIGroup Xiaomi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna sebagai tips saat Anda membeli handphone Xiaomi baik itu kondisi baru maupun bekas (second).



Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Dan Test Touchscreen Handphone Xiaomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel