Handphone Android Suara Audio Hilang Setelah Sebelumnya Dicolok Speaker Aktif | Tips Cara Mudah

Handphone Android Suara Audio Hilang Setelah Sebelumnya Dicolok Speaker Aktif

Suara handphone di Android tiba-tiba hilang atau tidak keluar lagi suara dari speaker maupun headsetnya setelah sebelumnya dicolok ke speaker aktif.

Suara audio hilang setelah handphone disambungkan ke speaker aktif
Mendengarkan musik di Android dengan speaker aktif

Sebut saja Anda tidak beruntung jika mengalami masalah handphone jadi rusak tidak keluar suara setelah colok ke speaker aktif.
Tapi Anda tidak sendiri, banyak juga pengguna lain yang mengalami hal serupa. Bukan hanya terjadi pada handphone dengan merek dan type yang Anda pakai. Baik itu handphone Android dengan type dan merk seperti Samsung, Asus, Xiaomi, lenovo, Advan, Sony, Vivo, Oppo serta yang lainnya juga ada yang tiba-tiba rusak suara hilang tidak terdengar setelah sebelumnya dicolok / menghubungkan handphone ke speaker aktif melalui lubang headset.

Biasanya pengalaman pengguna seperti ini :

Handphone Android mati dan Restart setelah di colok/dihubungkan ke speaker aktif. Setelah Restart suara musik tidak ada hilang. Handphone menjadi sering panas.
Tidak terdengar suara atau musik jika menggunakan headset.


Penyebab handphone Android suara musik hilang setelah sebelumnya colok ke speaker aktif melalui lubang headset.


1. Bisa jadi karena salah colok.
Lubang input dari speaker aktif selalu ditandai dengan nama "AUDIO INPUT L R" dan " AUX IN  L R".
Jangan pernah hubungkan handphone dengan speaker aktif atau perangkat mixer soundsystem dengan tanda adanya keterangan " AUX OUT L R" atau pun tanda bergambar HEADSET. Karena tanda itu merupakan output preamp untuk menyambungkan speaker aktif / mixer soundsystem ke amplifier soundsystem utama.
Dengan kata lain bahwa lubang audio OUTPUT di speaker aktif dan sebuah mixer soundsystem dengan tanda AUX OUT dan ikon HEADSET itu mengeluarkan arus 3 volt DC, 5 Volt DC atau lebih tergantung tipe soundsystemnya.

2. Komponen elektronik di speaker aktif atau mixer soundsystem sudah kurang bagus atau sudah bermasalah.
Perhatikan dan cek input RCA (AUX Input)  pada speaker​ aktif atau mixer audio soundsystem.
Caranya mudahnya cek Jack phone CT 3.5 mm yang sudah Anda hunbungkan ke speaker aktif/ mixer audio. Sentuh jack 3.5 mm dengan jari Anda, jika terasa getar seperti ada arus kecil atau seperti setrum kecil (seperti ketika mengganti antena tv) jangan hubungkan handphone Android Anda ke speaker aktif karena terlalu beresiko.
Atau gunakan alat multitester, ukur berapa volt DC input AUX speaker aktif, jika di multitester  terbaca nol koma sekian volt DC atau lebih dari 1 volt DC  ini sangat berisiko. Normalnya input AUX RCA tidak ada arusnya, hanya terbaca sekian mili Volt DC saja.

3. Terjadi arus balik disebabkan konsleting Power supply atau mungkin output transistor ( IC ) Power amplifier bermasalah.
Power amplifier yang digunakan speaker aktif biasanya menggunakan transistor, dengan rangkain komponen elektroniknya mirip dengan Power OCL. Power amplifier speaker aktif model begini kadang terjadi arus balik jika terjadi masalah pada komponen power amplifier dan bisa sampai merembet ke preamp AUX IN. Yang menyebabkan arus masuk ke Jack phone di handphone. Ini bisa mengakibatkan IC audio pada handphone bisa matot/mati Total tidak keluar suara lagi.
Lebih aman memang jika menghubungkan handphone ke speaker aktif, gunakanlah speaker aktif dengan Power amplifier dengan IC.
Tapi lebih aman cek dulu seperti nomer 2 diatas.

4. Speaker aktif tanpa sumber musik saja sudah berdengung. Suatu speaker aktif yang tanpa sumber musik ketika Power ON dihidupkan saja sudah berdengung tentu saja bisa beresiko ketika kita menghubungkan handphone ke speaker aktif dengan kabel audio.
Sebab bunyi dengung pada speaker aktif dapat disebabkan karena antara lain yaitu rangkain kabel yang tidak baik, Power supply yang bermasalah, atau bahkan rangkain Power amplifiernya bermasalah.
Sangat beresiko sekali jika menghubungkan handphone ke speaker aktif yang mempunyai masalah grounding seperti ini.
Cek dahulu seperti no.2.

Tentu saja jika Anda sudah mengalami audio hilang setelah sebelumnya handphone dicolok ke speaker aktif, Anda harus mengganti IC audio, dan komponen yang berhubungan. Atau lebih baik silahkan bawa ke tempat servis.


Tips aman menghubungkan handphone Android ke speaker aktif tanpa takut resiko IC audio rusak atau mati.


Setelah membahas penyebab kerusakan pada IC audio pada handphone Android, tentu kita akan membahas juga tips aman menghubungkan handphone Android ke speaker aktif dengan bluetooth sebagai solusi.
Dengan menggunakan USB bluetooth audio receiver, kita bisa mendengar suara atau musik handphone Android di speaker aktif melalui koneksi wireless bluetooth. Tanpa harus menggunakan kabel.
USB Bluetooth audio receiver sudah bisa Anda beli dan dapatkan dengan harga murah jika Anda membeli di toko online.

Sekian tips kali ini, hati-hati jika ingin menghubungkan handphone Android ke speaker aktif.
semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Handphone Android Suara Audio Hilang Setelah Sebelumnya Dicolok Speaker Aktif"

Post a Comment