Laptop Asus X44H Blank Kedip-Kedip Seperti TV Rusak Setiap Kali Dipakai Buat Ngetik

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan "pasien" laptop ASUS X44H. Dimana laptop ini tiap waktu dipakai buat mengetik, tiba-tiba tampilan layar LCD langsung blank hitam. Kadang juga layar laptop blank warna kuning, hijau, biru, merah. Kadang juga layar LCD laptop Asus X44H kayak TV rusak, bergaris-garis warna-warni. Kadang juga banyak semutnya, mirip tv tidak ada antenanya.
Setiap kali buat ngetik laptop Asus blank

Sebelum dibawa ke tempat saya, pemilik laptop sudah mencoba melakukan hal-hal seperti ini untuk memperbaiki laptop Asus yang LCD tampil Gambar blank warna-warni kayak TV rusak itu, antara lain :

  1. Cek dengan monitor external punya PC. Hasilnya, tampilan layar monitor external juga sesuai dengan tampilan layar LCD ASUS. Ini berarti layar LCD laptop Asus tidak bermasalah.
  2. Mencoba menggunakan keyboard external. Hasilnya, sewaktu mengetik semua lancar dan tidak ditemukan masalah. Tampilan layar juga aman dan laptop dapat digunakan dengan normal.
  3. Mengganti keyboard bawaan laptop Asus dengan yang baru. Setelah dapat hasil dari percobaan kedua diatas. Sang pemilik bersasumsi bahwa, kerusakan laptop Asus tampilan layarnya kayak tv rusak saat dipakai buat ngetik berarti karena keyboard bawaan rusak. Namun setelah mengganti keyboard pun, hasilnya sama saja. Meski sudah ganti keyboard baru, saat di pakai untuk ngetik, layar LCD tetap saja blank seperti tv rusak.
  4. Pernah juga mencoba dibawa ke tempat servise. Walaupun hanya sebatas tanya estimasi biaya servise. Dan analisa dari tukang servise adalah adanya kerusakan IC Power Dan perlu dilakukan penggantian. Ini membuat si pemilik laptop mengurungkan niatnya untuk mengganti IC Power karena masalah biaya.
Hingga akhirnya beberapa hari kemarin sang pemilik laptop membawa ke tempat saya.

Langsung saja, setelah saya lepas keyboard laptop Asus X44H ini.
Dan ternyata masalah layar LCD laptop Asus X44H kedip kedip blank putih, kadang hitam, kadang warna-warni saat dipakai untuk mengetik disebabkan oleh casing laptop dibawah keyboard yang konslet ke PCB Motherboard Asus X44H saat keyboard ditekan atau digunakan.
Dimana casing laptop Asus X44H dibagian bawah keyboard terbuat dari bahan metal. Entah itu terbuat dari plat besi atau  aluminium seng. Yang jelas bukan bahan plastik seperti kebanyakan laptop lainnya.

Lokasi penahan casing penyebab laptop Asus X44H sering mati sendiri, hang, blank, layar kedip kedip dan mirip seperti tv rusak berada di dekat kabel soket keyboard.

Setiap kali buat ngetik laptop Asus layar kedip kedip
Laptop Asus X44H- Lokasi penyebab konslet 1

Pada plat metal casing laptop Asus X44H saya menemukan ada bagian plat yang dibengkokkan sebagai dudukan atau penahan yang menempel langsung ke bagian PCB Motherboard tidak terdapat plastik isolator maupun isolator kain dan sejenisnya.
Sehingga sewaktu keyboard ditekan atau saat dipakai buat ngetik, maka keyboard akan menekan casing metal bagian bawah sehingga otomatis plat penahan akan menyentuh PCB Motherboard yang mengakibatkan konslet.
Layar LCD Laptop Asus kedip-kedip
Laptop Asus X44H - lokasi penyebab konslet 2

Inilah sumber penyebab masalah layar laptop Asus X44H selalu blank dan tampil banyak semut kayak tv rusak.

Sebagai solusi yutabella.com sesuai motonya Tips Cara Mudah. Penyelesaiannya cukup mudah. Yaitu cukup menyelipkan plastik yang rada tebel dikit diantara penahan casing dan Motherboard Asus sebagai isolator. Kemudian tinggal direkatkan dengan lakban atau double tape jika ada.
Saya sendiri hanya menggunakan plastik dari gelas air mineral yang saya potong sesuai kebutuhan dan saya lakban langsung ke plat casing laptop agar tidak bergerak atau lepas. Yang tentu saja sesuai dengan kesepakatan pemilik. Ini dilakukan supaya tidak perlu membongkar laptop Asus X44H dan tidak merusak segel garansi.

Analisa ngawur dari Tips Cara Mudah www.yutabella.com.
Saya tidak tahu apakah dari Asus sendiri sengaja tidak memasang plastik isolator pengaman pada bagian casing metal yang kontak langsung ke PCB Motherboard atau tidak. Atau sebenarnya dari awalnya ada, tapi berhubung laptop Asus X44H ini sudah lama dipakai sehingga plastik isolator pengaman dapat terlepas sendiri.
Sebab, biasanya isolator pengaman selalu ada pada bagian casing yang kontak langsung ke PCB Motherboard. Terutama pada bagian yang rentan konslet.

Nah semoga tips memperbaiki laptop Asus X44H blank hitam kadang kedip-kedip kayak tv rusak beserta analisa ngawur saya ini dapat bermanfaat.
Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Laptop Asus X44H Blank Kedip-Kedip Seperti TV Rusak Setiap Kali Dipakai Buat Ngetik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel