4 Tips Merawat Kabel Data Supaya Lebih Awet | Tips Cara Mudah

4 Tips Merawat Kabel Data Supaya Lebih Awet

Kabel data atau kabel charger smartphone kamu cepat rusak? Walaupun itu kabel charger original bawaan handphone. Bahkan juga sudah beli kabel baru yang bermerk pun tetap saja, kabel data yang baru dibeli pun cepat rusak.

Kabel data handphone mudah rusak

Mungkin kamu perlu mengetahui tips cara merawat kabel data atau kabel charger handphone supaya awet tidak mudah rusak. Baik itu kabel data iPhone maupun Android.

Karena jika kabel data / kabel charger handphone rusak dapat menyebabkan pengisian daya menjadi lambat. Selain itu juga, kabel data tidak dapat digunakan untuk memindahkan data smartphone ke PC / laptop karena handphone jadi tidak terdeteksi di laptop / PC.
Bahkan juga kabel data / kabel charger yang rusak dapat menyebabkan kerusakan pada smartphone. Diantara yaitu dapat menyebabkan kerusakan IC charger dan dapat menyebabkan baterai Smartphone rusak / daya baterai cepat drop.


Berikut tips cara merawat kabel data atau kabel charger smartphone.

Gulung kabel data dengan benar.
Entah ini disadari oleh pengguna smartphone atau tidak, namun sering kali saya melihat mereka menggulung kabel smartphone dengan asal. Padahal kebiasaan seperti ini yang sering menyebabkan kabel data cepat rusak.
Sedangkan untuk cara menggulung kabel data / kabel charger yang baik yaitu dengan menggulung seperti awal kamu membeli kabel baru. Gulung melingkar dan jangan membalik atau melawan arah gulungan kabel.
Sebab jika kamu sering membalik arah gulungan, ini akan menyebabkan kawat kabel data didalam cepat melintir, yang ditandai saat kita meraba kulit kabel terasa kasar.

Sebaiknya jangan gunakan selagi charging.
Bagian kabel data yang mudah putus

Bagian kabel data atau kabel charger smartphone yang paling rawan ada di dekat kepala socket USB. Kabel bagian ini sering tertekuk dan mudah patah atau kulit kabel mudah pecah / melintir jika handphone sering dipakai saat charging, meski kabel data mahal sekalipun. Apalagi jika pengguna sering bermain games mode landscape / handphone posisi miring.

Gunakan dengan hati-hati.
Loose "Lock" micro USB

Hindari mencabut kabel data dengan menarik paksa pada bagian kabel.
Sebaiknya sewaktu mencabut kabel data atau kabel charger dengan memegang bagian kotak kepala charger / USB.
Dan jangan miring pada saat menghubungkan kabel charger ke lubang port pengisian handphone.
Pin lock seperti yang terdapat pada kepala charger micro USB akan cepat rusak atau kendor jika penggunaan asal saja.

Berikan perlindungan tambahan.
Kamu bisa menggunakan spiral pelindung kabel data smartphone yang dapat kamu beli di toko online atau toko aksesoris handphone terdapat kamu tinggal. Spiral protector kabel ini dapat mencegah kabel data tertekuk saat digulung.
Selain itu spiral protector ini juga dapat mempercantik tampilan kabel data atau kabel charger kamu menjadi lebih colorful / warna-warni.
Atau tempatkan kabel data kedalam wadah / dompet khusus sewaktu kamu berpergian.


Mungkin bagi sebagian orang, sebuah kabel data atau kabel charger handphone itu sangat murah. Apabila sudah rusak yaa tinggal ganti atau beli yang baru.
Ini karena kita tahu bahwa harga termurah kabel data handphone bisa kita dapatkan dari harga mulai 5000 rupiah.
Namun tahu tidak, bahwa jika kita menggunakan kabel data yang bukan original atau tidak kompatibel dapat menyebabkan pengisian lambat atau malah daya baterai bukannya nambah malah berkurang. Bahkan bisa saja merusak handphone itu sendiri.
Seperti dapat merusak baterai dan IC charger pada handphone.

Maka dari itu rawatlah kabel data / kabel charger dengan sebaik-baiknya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips Merawat Kabel Data Supaya Lebih Awet"

Post a Comment