Proses Flash Lenovo A6000 Plus Sukses Tapi Masih Saja Bootloop | Tips Cara Mudah

Proses Flash Lenovo A6000 Plus Sukses Tapi Masih Saja Bootloop

Failed flash Lenovo A6000+
Kali ini membahas tentang proses flashing Lenovo A6000 Plus dan mungkin cara ini juga dapat berguna bagi Lenovo A6000 biasa atau Lenovo yang lain.
Sebenarnya sebelumnya saya sudah membahas cara flashing Lenovo A6000 dan A6000 Plus tanpa pc pada artikel sebelumnya.
Dan disitu juga tersedia kumpulan firmware Lenovo A6000 biasa dan firmware Lenovo A6000 Plus serta Lenovo A6000 SE.

Namun disini saya hanya ingin membagikan sedikit cerita pengalaman saya saat melakukan flashing handphone Lenovo A6000 Plus. Yaitu dimana handphone Lenovo A6000 Plus masih saja bootloop meski sudah sukses flash lewat recovery mode.

Awal mula, kata si pemilik, Lenovo A6000 Plus agak lemot atau mungkin dibilang "lag". Dan pernah reboot sendiri dan muncul keterangan "Android sedang meningkatkan versi ..".
Kemudian waktu untuk booting pun sangat lama tidak seperti biasanya. Sampai akhirnya Lenovo A6000 Plus hidup hanya sampai di logo Android saja. Begitu-begitu terus sampai baterai habis.

Saya langsung berasumsi saja, memang kondisi seperti ini dibilang "bootloop". Untuk memperbaiki Lenovo A6000 plus yang hidup mentok di logo berulang terus (bootlooop) seperti ini memang harus dilakukan dengan langkah flashing. Dan untuk cara flashing saya memilih metode flash Lenovo A6000 dan A6000 Plus tanpa PC karena lebih mudah.

Namun apa, setelah sukses flash Lenovo A6000 Plus lewat recovery mode, nyatanya setelah booting dan hidup normal beberapa saat, Lenovo A6000 Plus kembali bootloop.
Dan kita tahu, biasanya untuk mengatasi masalah handphone Android tetap bootloop setelah flashing yaitu dengan menghapus data atau hard reset dari menu recovery mode.
Namun sama saja, meski sudah di hars reset pun, lenovo A6000 Plus tetap saja bootloop.

Hingga saya coba ulangi lagi langkah flash. Dari hard reset terlebih dahulu baru instal System.zip firmware Lenovo A6000 plus. Namun juga tetap saja, handphone ini beberapa saat setelah booting normal dan masuk ke menu Home, malah boootloop lagi.
Terasa aneh saja, padahal bateBat handphone ada 82 % .
Apakah ini ic EMMC sudah lemah?

Kembali saya coba hard reset lewat recovery mode. Namun kali ini saya coba dengan sambil menghubungkan handphone dengan charger atau sambil dicas. Dan butuh lama lagi untuk sampai ke menu utama. Karena setelah Lenovo A6000 plus di hard reset system "Android sedang meningkatkan vesi..." akan membutuhkan waktu lama sekitar 10 menit bisa lebih.
Yang aneh setelah lenovo A6000 masuk ke menu ponsel, handphone ini lancar saja tidak bootloop lagi.
Penasaran, saya kemudian coba cek tegangan baterai, terukur 4,0 sekian Volt. Ini agak terasa "ganjel", status baterai di handphone terukur 80 %, tapi tegangan terukur dari multitester cuma 4.0xx Volt. Karena menurut pengalaman saya, baterai 80 % bisa terukur 4.1xx lebih Volt di Multitester.

Hingga saya coba ganti baterai Lenovo A6000 Plus yang selalu bootloop itu dengan baterai baru. Dan ternyata benar, huaasemmm.. ternyata baterainya yang bermasalah. Setelah ganti baterai baru, Lenovo A6000 plus hidup normal lagi. Tak lagi bootloop.

Asumsi.
Mungkin bisa saja, handphone tidak bisa hidup masuk ke menu dan hanya mentok di logo Android karena baterai rusak. Sehingga pembacaan kapasitas baterai menjadi error tidak sesuai dengan real kondisi baterai.

Nah sekian sedikit curhatan dari proses flash Lenovo A6000 Plus yang tetap bootloop meski sudah sukses flash.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proses Flash Lenovo A6000 Plus Sukses Tapi Masih Saja Bootloop"

Post a Comment