Syarat Dan Kendala Buka Rekening Bank BTN Untuk KPR | Tips Cara Mudah

Syarat Dan Kendala Buka Rekening Bank BTN Untuk KPR

Ada berbagai cara untuk membeli rumah. Ada yang membeli rumah langsung cash tanpa harus meminjam uang dari bank. Ada juga yang mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) bersubsidi.
Banyak syarat yang harus dipenuhi dalam proses pembelian rumah, baik itu yang cash langsung maupun melalui KPR bersubsidi. Yang tentu saja, akan lebih mudah jika membeli rumah secara cash atau tunai. Secara, ini uang yang berbicara.

Kendala susah buka rekening bank BTN

Berbeda jika kita membeli rumah bersubsidi dari KPR bersubsidi dari bank BTN, tentu lebih banyak syarat yang harus dipenuhi. Salah satu syaratnya adalah memiliki/mempunyai atau membuka rekening tabungan BATARA di bank BTN.

Syarat membuka rekening tabungan BATARA di bank BTN tidak lah terlalu ribet. Persyaratan yang perlu dibawa saat ingin membuat rekening di bank BTN adalah sebagai berikut, antara lain :

1. Foto Copy Kartu Identitas Seperti KTP / SIM / PASPOR.
Jika belum punya foto copy kartu indentitas, tak perlu harus foto copy di luar. Cukup bawa kartu identitas asli, nanti disediakan foto copy secara gratis. Walaupun sebenarnya lebih di prioritaskan KTP dari pada SIM saat membuat rekening baru di bank BTN cabang. Apabila E-KTP belum punya atau belum jadi, dan hanya berupa resi dari kecamatan, biasanya di bank BTN cabang akan ditolak.


2. Foto Copy Kartu Wajib Pajak atau NPWP.
Seperti halnya KTP atau SIM, untuk foto copy kartu NPWP juga disediakan geratis.

3. Surat Keterangan Domisili Dari Kelurahan Setempat Untuk KTP Luar Kota / Lain Daerah.
Seperti halnya KTP/SIM dan kartu NPWP, pihak bank hanya membutuhkan foto copy surat Domisili. Sedangkan surat Domisili asli boleh dibawa pulang kembali. (Pengalaman).
Atau dapat juga dengan menggunakan surat pengantar dari perusahaan tempat Anda bekerja untuk membuka rekening baru.


4. Uang Rp 200.000 Untuk Minimal Setoran Awal Buka Rekening BATARA Di Bank BTN.
Lebih baik siapkan uang lebih, seperti untuk biaya parkir dan uang jajan.

Peryaratan selanjutnya nanti secara rinci akan dijelaskan oleh pihak bank BTN.
Seperti halnya antara lain :
  • Biaya administrasi perbulan Rp 12.000,- 
  • Setoran rutin minimal Rp 10.000,-
  • Saldo minimun di rekening Rp 50.000,-
Dan tidak hanya mendapatkan kartu debit ATM BTN BATARA berlogo VISA, pemohon juga akan mendapatkan kartu debit GPN (Gerbang Pembayaran Nasional - kartu ATM BTN berlogo GARUDA) dari bank BTN untuk kemudahan bertransaksi di semua mesin ATM dengan logo GPN, LINK, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO. Besaran potongan atau biaya transaksi lebih rinci akan di jelaskan oleh pihak bank BTN.

Persyaratan diatas merupakan syarat buka rekening bank BTN 2018 yang mungkin akan ada update perubahan syarat buka rekening bank BTN di tahun 2019.

Beberapa Kendala Saat Pertama Kali Membuat Atau Membuka Rekening Bank BTN.


1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Tidak Terdaftar Di DISDUKCAPIL.
Sudah mengantri lama untuk membuat rekening di Bank BTN, giliran dipanggil ternyata saat proses verifikasi data KTP tidak terdaftar di dukcapil kata pihak bank. Alhasil pengajuan pemohon ditolak oleh pihak bank BTN sehingga tidak dapat membuat rekening baru, dan disuruh mengaktifkan E-KTP di Disdukcapil (Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil).

Jika mempunyai masalah seperti ini, saran www.yutabella.com, pindah ke bank BTN Pusat di kota Anda. Ini jika sebelumnya Anda mencoba membuka rekening di bank cabang BTN yang di ruko-ruko itu lho.

Seperti halnya ada contoh kasus,
Sebelumnya sudah mengajukan KPR subsidi di bank BTN dan pengajuan kredit pun sudah disetujui oleh pihak bank dengan bukti surat SP3K (Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit)  sudah keluar atau sudah terbit dan sudah mau akad kredit.
Namun giliran mau buka rekening BATARA sebagai syarat kredit KPR BTN malah KTP yang sama dipergunakan untuk mengajukan kredit KPR tidak terdaftar di Disdukcapil.
Untuk mengatasi E-KTP tidak terdaftar di bank cabang BTN, sebaiknya juga bikin langsung rekening BATARA di bank BTN sewaktu Anda dulu wawancara kredit. Atau segera hubungi pihak agen pemasaran perumahan, biasanya akan dibantu dan dipermudahkan.
Perlu diketahui, sebenarnya untuk mengajukan kredit KPR bersubsidi di bank BTN, sebelumnya memang harus mempunyai rekening bank BTN BATARA. Namun banyak juga yang belakangan membuat rekeningnya, itu setelah mengetahui aplikasi kredit perumahannya disetujui atau tidak oleh pihak bank.

Namun jika di bank BTN pusat juga ditolak gara-gara KTP tidak terdaftar di Disdukcapil, sebaiknya segera langsung datang untuk memperbaiki masalah ini ke Disdukcapil di daerah Anda.

2. Nama Di KTP Dengan Singkatan.
Jika nama Anda di kartu identitas seperti KTP atau SIM terdapat atau dengan nama singkatan, meskipun itu nama lengkap yang terdaftar di seluruh perbankan lain, BPJS atau pun sudah terdaftar valid sebagai data Kartu Keluaga (KK) maupun juga sudah valid di data perusahaan. Alangkah sebaiknya sebelum datang ke bank BTN untuk membuka rekening baru, lebih baik bawa AKTA KELAHIRAN atau IJASAH sebagai lampiran pendukung yang kuat.
Dari pada nantinya saat mau buka rekening ditolak oleh bank BTN karena masalah nama yang disingkat dan disuruh balik lagi untuk membawa AKTA KELAHIRAN atau IJASAH asli.

3. Ditolak Karena Hanya Bermodal SIM Dan Resi KTP.
Jika pada saat ingin membuat rekening di bank BTN ditolak karena E - KTP belum jadi dan masih berupa Surat Keterangan (Resi) yang diterbitkan dari kantor kecamatan. Anda bisa langsung datangi Bank BTN pusat di kota Anda.

Demikian salah satu syarat membuat atau membuka rekening tabungan BATARA di Bank BTN sebagai syarat untuk mengajukan kredit rumah bersubsidi.
Adapun syarat diatas dapat sewaktu-waktu berubah karena ada perubahan kebijakan dari pihak bank. Atau dapat berbeda tergantung dari kebijakan bank cabang di daerah lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat Dan Kendala Buka Rekening Bank BTN Untuk KPR"

Post a Comment