Cara Cek Sensor VIVO Y91 - Gyroscope

Yutabella.com - Sebenarnya sudah banyak website atau blog yang sudah membahas tentang spesifikasi dari handphone VIVO Y91.
Dimulai dari website terkenal sampai blog personal.
Namun entah kenapa, dari rata-rata informasi yang disebutkan berbeda dengan informasi spesifikasi yang diterbitkan sendiri oleh pihak VIVO melalui website official- nya.

Membahas tentang spek sensor VIVO Y91 selalu disebut tidak mendukung sensor Gyroscope. Namun benarkah hp VIVO Y91 tidak mempunyai sensor Gyroscope?

Yup kita coba cek sensor pada VIVO Y91 langsung.

Untuk cara untuk cek Sensor handphone VIVO bisa saya bagikan cukup mudah.

Cara Pertama.
Cara cek hp support sensor Gyroscope tanpa aplikasi.
Kita tinggal buka aplikasi Youtube, lalu search pencarian "video 360 derajat". Dan play.
Jika video 360 derajat di Youtube tersebut ikut goyang-goyang sewaktu kamu gerak-gerakan handphone, maka hp tersebut support sensor Gyro.

Cara kedua.
Yaitu cukup dengan menginstall aplikasi Sensor Box  atau aplikasi AIDA64 dari Google Play Store.

Dan setelah membuka atau menjalankan aplikasi Sensor Box  atau AIDA 64 tersebut, maka akan terbaca atau terlihat semua sensor yang terpasang pada VIVO Y91.

kalibrasi sensor vivo y91
Sensor Box - Vivo Y91

Dan kenyataannya VIVO Y91 telah mendukung Sensor :

1. Sensor Akselerometer.
2. Sensor Cahaya/ Ambient light sensor.
3. Sensor Orientasi / kompas.
4. Sensor Jarak dekat / Proximity.
5. Sensor Gyroscope ( Sensor Giroskop)
6. Sensor Suara.
7. Sensor Magnet.

Sedangkan VIVO Y91 tidak mendukung atau tidak tersedia :

1. Sensor Suhu.
2. Sensor Tekan.
3. Sensor Inframerah / IR Infrared.


Seperti kita ketahui, bahwa sensor Gyroscope pada handphone Android berguna sewaktu bermain game VR ( 3D virtual reality ) atau pun untuk menonton film atau video 360 derajat dari sebuah handphone.
Dan juga, sensor Gyroscope berguna untuk menonton video VR 360° di YouTube melalui kacamata  Google Cardboard atau kacamata VR.

Berhubung resolusi layar pada VIVO Y91 masih HD 720 dan belum Full HD, maka pada saat menggunakan kacamata VR mungkin masih akan terlihat kotak-kotak kecil pixelnya, tidak jernih dan mulus seperti handphone yang sudah menggunakan layar Full HD. Walau ini tergantung dari ketajaman resolusi video 360 derajat dan penglihatan masing-masing pengguna.
Serta juga tergantung dari segi pemilihan kacamata VR yang digunakan. Sebaiknya pilih kacamata VR yang bisa diatur Lensanya agar lebih nyaman (tidak pusing).

Apabila VIVO Y91 mengalami kendala gambar video tidak stabil / miring saat menggunakan kacamata VR, aplikasi Sensor Box juga bisa digunakan untuk kalibrasi sensor Akselerometer (accelerometer ) Dan sensor Gyroscope yang error atau miring pada VIVO Y91.


Untuk seputar fitur-fitur yang tersedia pada VIVO Y91 silahkan ikuti link berikut ini.

Semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "Cara Cek Sensor VIVO Y91 - Gyroscope"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel