Hp Xiaomi Redmi 5 Hanya Bisa Di Charge Saat Mati

Handphone Xiaomi Redmi 5 tidak bisa di charge dalam kondisi hidup atau on. Sedangkan jika dalam posisi off baru bisa di charge.

Memang ada banyak sekali penyebab terjadinya kerusakan hp Xiaomi tidak bisa di charge dalam keadaan hidup. Ini bisa dipengaruhi karena masalah software maupun karena kerusakan hardwear.

Langkah sederhana untuk mengatasi atau memastikan kerusakan handphone Xiaomi yang tidak bisa dicas saat kondisi handphone menyala yaitu dengan :

1. Mencoba pinjam atau menggunakan charger lain.
2. Reset data pabrik atau hard reset. Untuk melakukan hal ini sebaiknya data di backup terlebih dahulu.
3. Flashing ulang atau instal ulang atau update system terbaru.
4. Setelah mencoba cara diatas namun hasilnya sama saja, bisa dipastikan memang terjadi kerusakan pada hardwear handphonenya.

Seperti beberapa hari kemarin, saya mendapati handphone Xiaomi Redmi 5 yang hanya bisa di charge saat kondisi mati. Dan waktu pengisian juga lama sekali. Sedangkan jika coba dicas saat kondisi handphone hidup, tidak ada sama sekali tanda pengisian baterai.
Awal mula kerusakan hp hanya bisa diisi daya saat kondisi handphone mati disebabkan karena pernah terkena air pada bagian port charger.

Untuk mengatasi masalah ini perlu membersihkan dock USB flexible charger Redmi 5.

Alat yang dipergunakan hanya sederhana, yaitu :

  1. Obeng plus (+) kecil untuk buka bagian mesin.
  2. Sikat gigi.
  3. Sedikit tinner.
  4. Kartu ATM bekas atau bekas tempat kartu perdana (jika tidak punya alat servise handphone).


Langkah perbaikan hp Xiaomi Redmi 5 hanya bisa di charge saat kondisi mati.


  1. Matikan atau OFF kan dahulu handphone.
  2. Lepas SIM tray.
  3. Lepas / bongkar casing belakang Xiaomi Redmi 5. Ini tak perlu alat khusus jika kamu tidak punya. Hanya cukup gunakan kuku jempol. Dan buka / cungkil dengan kuku mulai dari sisi kanan atau kiri sisi handphone, karena ini bagian yang mudah dibuka. Buka berurut memutar sampai terlepas lock seluruh casing belakang dibantu dengan bekas kartu ATM. Dan hati-hati pada casing belakang terdapat fingerprint.
    Xiaomi Redmi 5 kena air

  4. Lepas soket fingerprint.
  5. Buka baut penahan soket baterai dengan obeng plus dan lepas juga soket baterai yang ke board mesin, biar tidak terjadi konsleting saat kamu membersihkan bagian mainboard mesin dengan tinner.
  6. Buka case flexible USB connector atau speaker dibawah dengan obeng plus.
    Xiaomi Redmi 5 tidak dapat di charge Saat hp hidup
    Add caption
  7. Dan perhatikan jika pada bagian port USB charger terdapat kotor kerak bekas air, bagian itu bisa dibersihkan dengan tinner dengan disikat menggunakan sikat gigi.
  8. Setelah semua dibersihkan termasuk dilihat pada bagian mesin apabila terdapat kerak bekas air atau seperti kerak air garam dan sudah dibersihkan. Sebaikan handphone diamkan dahulu sekitar setengah jam atau lebih supaya tinner mengering atau menguap. Apabila punya hairdryer bisa digunakan untuk membantu mempercepat pengeringan sisa tinner yang belum hilang.
    Hp xiaomi tidak bisa dicas saat kondisi menyala
  9. Lanjut pasang lagi soket baterai dan coba handphone Xiaomi di charge, baik dalam kondisi hidup atau mati. Sudah normal kembali atau belum?
  10. Jika sudah normal kembali, pasang lagi ke semula.
  11. Jika masalah belum teratasi, dan kondisi flexible USB connector Xiaomi sudah korosi parah, kamu bisa mengganti sendiri dengan membeli sendiri di online shop dengan harga kurang dari 50 ribu untuk yang KW.
  12. Atau cek kembali pada bagian mainboard Redmi 5.

Perlu diketahui, ini tidak menjadi tolak ukur pasti bahwa tutorial memperbaiki hp Xiaomi Redmi 5 tidak bisa di charge saat hidup ini pasti berhasil. Karena tentu saja tiap kerusakan dan permasalahan tiap handphone pasti berbeda-beda.
Namun cara ini berhasil untuk memperbaiki Xiaomi Redmi 5 yang hanya bisa di charge saat kondisi OFF seperti yang saya alami.

www.yutabella.com
(... Yuta Bella ...)



1 Komentar untuk "Hp Xiaomi Redmi 5 Hanya Bisa Di Charge Saat Mati"

  1. makasih bang,,sangat membantu gejalanya sma kya hp 4abng,kira kira butuh dana brapa ya buat bnrinnya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel