Cara Memperlambat Putaran dinamo Kipas Angin

Cara memperlambat putaran motor kipas angin. Cara menurunkan kecepatan putaran kipas angin. Cara mengurangi kecepatan putaran dinamo kipas angin. 

Kipas angin jadi kencang setelah ganti dinamo baru.

Bingung kenapa kipas angin jadi kenceng setelah ganti dinamo baru. Padahal ukuran dinamo sama dan kapasitor pun sama ukurannya. 

Cara memperbaiki kipas angin dinamo kebakar / konslet dengan ganti dinamo baru sudah umum dilakukan. Upaya ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang, sebab biaya ganti dinamo baru lebih murah dan cepat dibandingkan bila harus gulung ulang lilitan ke tukang gulung dinamo. 

Namun, ada kalanya ketika dinamo baru sudah terpasang, dan waktu ditest, ternyata putaran motor terasa lebih kencang daripada dinamo motor kipas aslinya. Bahkan untuk speed paling rendah (no. 1) terasa masih kencang, tidak pelan seperti dinamo asli. Hingga klo dipakai, rasanya bisa bikin masuk angin. 

Lalu apa penyebab putaran dinamo motor kipas angin baru lebih kencang dibanding dengan yang lama, sedangkan ukuran dinamo dan kapasitor sama? 

Penyebab bisa ada 2, yaitu bisa jadi dari jumlah lilitan dan bisa dari mode baling-baling kipas yang kita pergunakan. 

Perlu diketahui, bahwa dinamo motor kipas angin sebenarnya dibuat universal untuk beragam merk dan tipe. Sehingga mungkin, ketika dipakai untuk kipas angin yang kamu pakai, hembusan angin terasa lebih kencang atau pelan, karena factor model baling-baling kipas yang dipergunakan. 

Lalu bagaimana cara membuat pelan motor kipas angin yang terlalu kenceng menurut YutaBella.  Yang tentunya cara memperlambat putaran kipas angin aman tidak membuat motor dinamo jadi panas dan tetap awet. 

Yaitu dengan mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih kecil.

capacitor motor wall fan


Umumnya, kapasitor yang dipakai untuk sebuah kipas angin standing, dan kipas angin dinding dengan ukuran baing baling 16 inch menggunakan kapasitor 1,5 micro farad.
Maka untuk memperlambat speed putaran dinamo kipas angin, kita perlu mengganti kapasitor dengan ukuran 1,2 mikro atau boleh gunakan kapasitor 1 mikro farad.

Untuk menurunkan speed kipas angin meja atau kipas angin duduk 12 inch atau 14 inch pun sama, yaitu dengan mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih kecil. 

Sedangkan untuk kapasitor kipas Tornado biasanya menggunakan kapasitor 2 micro. Untuk ini kamu juga bisa menggantinya dengan ukuran kapasitor yang lebih kecil, apabila sudah disetel speed terendah pun juga terasa masih kencang.

Bagaimana cara ganti kapasitor kipas angin sendiri ?
Mudah, cukup gunting kedua kabel kapasitor yang lama (bawaan) terus tukar dan sambung kabel kapasitor yang baru, lalu beri isolasi listrik pada sambungan kabelnya.

Bagaimana pemasangan kapasitor kipas, bagaimana jika kabel kapasitor kebalik ?
Kapasitor tipe ini tidak apa-apa jika terbalik pemasangan kabelnya, tidak ada polaritas min (-) atau Plus (+) seperti pada Elco.

Apa pengaruh jangka panjang jika menggunakan kapasitor dibawah standard ketentuannya?
Selama praktek, kipas angin setelah ganti kapasitor yang lebih kecil malah terasa body lilitan motor lebih adem dan tidak sepanas ketika masih menggunakan kapasitor aslinya yang lebih besar.

Memperlampat putaran kipas angin, dengan mengganti kapasitor yang lebih kecil sangat disarankan, daripada menggunakan alat seperti Dimmer. Sebab mengurangi speed dengan pembatasan voltase menggunakan dimmer dapat membuat dinamo motor induksi bisa cepat panas. Dan bisa membuat Thermal fuse atau Thermofuse cepat putus, yang membuat motor dinamo kipas angin mati. Atau bahkan dapat membuat gulungan dinamo kipas cepat kebakar. 

Cara menurunkan atau memperlambat speed putaran kipas angin ini berguna untuk kipas angin merk KDK, Cosmos, Miyako, Maspion, Sanex, Sekai, Niko, Advance, Aoyama, GMC, NGY (Nagoya), Regency, Arashi, Turbo dan lainnya.

Semoga tips cara mudah menururunkan speed putaran kipas angin yang terlalu kencang setelah ganti motor dinamo baru bisa bermanfaat.

1 Komentar untuk "Cara Memperlambat Putaran dinamo Kipas Angin"

  1. Siang Mas/ Mbak,

    Saya siap membeli blognya jenengan, mungkin dibuka dengan harga 8 juta.

    Monggo dibalas email ini jika berminat menjual,

    Matur nuwun.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel