Cara Menampilkan Aplikasi Pihak Ketiga Di Android TV [Google TV]

Cara memunculkan aplikasi pihak ke 3 di Google TV dan Android TV.

Mungkin kalian yang pertama kali pakai Android TV ataupun Google TV mempunyai sedikit kejanggalan atau permasalahan jika aplikasi pihak ketiga yang telah di instal tidak muncul di daftar Aplikasi Anda di TV Android / Google TV kalian.

Seakan akan aplikasi yang diunduh dari luar Play Store hilang setelah terpasang di Android TV / Google TV.

Yup.. secara default kebijakan Google TV yang berfokus untuk menampilkan konten hiburan, maka aplikasi di install dari luar Google Play Store tidak akan ditampilkan di daftar Aplikasi Anda di Android TV. Bahkan ada aplikasi dari Aptoide TV yang juga setelah terpasang juga tidak ditampilkan di menu daftar Aplikasi Anda.

Seperti halnya aplikasi Google Play Store TV tidak dibuat shortcut aplikasinya di dalam menu Aplikasi Anda di Android TV / Google TV.

Berbeda jika kamu menggunakan STB Android Unlocked, maka hampir semua aplikasi akan muncul di Halaman Beranda dan mudah diakses.

Maka berikut cara mengakses aplikasi yang telah diinstall tapi tidak muncul di menu Beranda Google TV / Android TV

Cara Pertama :

aplikasi dari luar play store tidak muncul di google tv


Mengakses Aplikasi Yang Tersembunyi Di Google TV Dari Menu Setelan TV

Dari menu Beranda TV, silahkan buka menu Setelan TV > Aplikasi / Apps > Lihat semua aplikasi > Tampilkan aplikasi sistem > scroll , cari dan pilih aplikasi yang mau dibuka > kemudian pilih Buka aplikasi tersebut.


Cara Kedua : 

Membuat Shortcut Aplikasi  Di Homescreen Android TV / Google TV

Cara membuat shortcut aplikasi di Android TV dan Google TV dengan aplikasi Sideload Launcher.

Langkahnya :

  • Langkah pertama, buka aplikasi Google Play Store TV melalui Google Voice Assistant seperti tutorial Cara Mengakses Google Play Store Di Google TV / Android TV
  • Di dalam menu Play Store TV silahkan ketik dengan remote di kolom Pencarian atau panggil lewat voice command " Sideload Launcher "
  • Silahkan install dan pasang aplikasi Slideload Launcher di Google TV / Android TV kamu
  • Selesai install aplikasi Sideload Launcher TV, silahkan kembali ke Halaman Beranda TV, dan buka Aplikasi Anda, lalu geser ke kanan untuk buka Lihat Semua daftar Aplikasi Anda
    buat Sideload launcher di google tv

  • Maka aplikasi Sideload Launcher akan terlihat dalam daftar di kolom bawah. Kamu bisa memindah aplikasi SideLoad Launcher ke kolom atas jika perlu. 
    menampilkan aplikasi dari luar play store di beranda google tv

  • Selanjutnya untuk membuka aplikasi yang kamu install ( yang tidak terlihat di Beranda TV), sekarang kamu tinggal membuka aplikasi Slideload Launcher, maka aplikasi yang sudah kamu install tadi akan tampil di Sideload Launcher. 
    menampilkan aplikasi loklok di beranda android tv

Nah itu itu tadi cara mengakses aplikasi pihak ketiga yang tidak muncul di menu Beranda Android TV dan Google TV.

Cara ini mungkin berguna untuk kamu yang mempunyai problem aplikasi Loklok TV, aplikasi LK21 TV, Dutamovie21 TV , atau aplikasi Mod untuk TV lainnya yang tidak muncul aplikasinya di daftar menu Aplikasi Anda setelah setelah dipasang/ di install di TV Android.

Cara menampilkan aplikasi pihak ketiga yang terpasang hasil download dari Browser Internet luar Play Store semoga bisa berguna bagi pengguna TV :TCL, Coocaa, Polytron, Hisense, Changhong, Panasonic, Sony, Sharp, Realme TV, Xiaomi TV, Toshiba, Weyon TV, Aqua TV, dan lainnya

Semoga tips cara mudah mengakses aplikasi pihak ketiga yang tidak muncul setelah di install (terpasang) bisa berguna.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menampilkan Aplikasi Pihak Ketiga Di Android TV [Google TV]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel