Mudik aman mengendarai sepeda motor


Sebenarnya bagi pemilik motor termasuk saya juga,mudik ke kampung halaman menggunakan motor merupakan hal biasa. Namun hal ini bisa menjadi luar biasa karena tiap tahun berjuta motor dan kendaraan lain meninggalkan suatu kota bersama-sama. Seolah-olah kota itu sedang terjadi bencana dan mereka terburu-buru dan berdesakan ingin segera meninggalkan kota itu.


Inilah fenomena tiap tahun yang kita alami dan selalu kita rindukan. Bermacet-macetan, kepanasan, kehujanan sampe saking lelahnya di perjalanan sampai ada yang tidur di pinggir jalan penuh debu yang ngebul. Karena hampir rata-rata kita pernah melihat pengendara motor yang dari yang dari astrea star sampai pemilik ninja 250, saya sering melihat mereka tidur di pinggir jalan penuh debu ketika mudik,mungkin saking tidak kuat menahan lelah dan kantuk atau mungkin dana mereka yang terbatas buat sewa tikar mungkin. :D
(mungkin mereka itu termasuk anda atau saya .. hehe..

Dan masih maukah anda mengalami keadaan yang seperti mudik tahun kemarin? Dan anda yang belum pernah mengalaminya saya sarankan jangan ikuti gaya mereka.

Alangkah baiknya bagi pemudik yang menggunakan motor menggunakan tips-tips berikut :
    1. Pastikan dulu anda punya motor / nebeng juga bisa.

    2. Pastikan punya dana yang cukup / ngutanglah secukupnya.
    Karena berapapun dana yang anda siapkan, pasti akan habis kalau anda tidak pintar-pintar menjaga keuangan anda.

    3.Teman seperjalanan.
    Carilah teman seperjalanan dengan pengemudi motor lain usahakan dengan motor yang   tenaga dan ukuran tangki bahan bakarnya seimbang. Karena ukuran tangki beda bisa bikin jengkel.
    Bayangkan kalau anda pemakai motor cowok 150 cc ukuran tangki 13 liter sedang teman anda menggunakan motor bebek tangki isi 3-4 liter, pasti anda harus bersabar menunggu ( padahal belum waktunya istirahat ) kerena tiap rata-rata 3 jam sekali dia akan berhenti untuk isi bensin. Jadi intinya, kalau waktunya isi bahan bakar bisa barengan,atau kalau memungkinkan bawa bahan bakar cadangan.

     4. Rencana perjalanan.
    Tips mudik aman mengenarai sepeda motor selanjutnya adalah membuat  rencana perjalanan yang dibicarakan pada teman anda atau team anda, ini seperti kapan harus istirahat,kapan harus isi bensin,dan bagaimana kalau salah satu teman tertinggal.


    Kalau menurut saya waktu isi bensin dan istirahat adalah waktu yang sama jadi gunakanlah bahan bakar semaksimal mungkin dan buatlah jarak tempuh sejauh2nya atau sampe anda dan teman merasa
    lelah. Bagi pemakai motor cowok usahakan tiap 3-4 jam meskipun bensin anda masih penuh.
    Bagaimana dengan teman yang tertinggal, kalau menurut saya tidak usah saling tunggu,yang ada,yang paling depan biasanya malah merasa jengkel harus nunggu lama. Yang penting saling kasih kabar waktu istirahat atau selagi sempat. Terkecuali kalau ada yang tertinggal karena kecelakaan, yaaa sebagaimana kewajiban dan moral seorang teman lah yang menentukan sikapnya.

    5.Perlengkapan wajib.
    a. Motor.
    Soal motor buat pulang kampung lebih enak bawa motor matic varian atau sekelas Honda Vario keatas,alasannya ketika balik dari kampung, bisa buat muat beras sekarung.
    Motor juga ada baiknya di servise lebih dahulu di bengkel. Tapi ya inget, kalau motormu Yamaha ga usah dibawa service ke bengkel resmi Honda. 




    b.Alat komunikasi dan navigasi.
    Jangan lupa, bawa handphone dan diisi pulsa, jangan mengandalkan paket data internet untuk telpon penting. Gunakan google map atau peta offline lainnya untuk membantu mencari jalur alternatif. Untuk yang ingin punya HT / walkie talkie atau sekelas Sena tapi tidak ada dana, bisa menggunakan Intercom for Android, ini bisa berguna untuk saling komunikasi lewat wifi tanpa kuota secara gratis.

    c.Helm,jaket,sarung tangan dan sepatu serta mantel
    Ini saya hanya bahas tentang sepatu saja, yang lain terserah, suka-suka anda. Nah, untuk sepatu, pakailah sepatu khusus pengendara motor. Tapi berhubung dana terbatas saya malah merasa nyaman dan aman kalau memakai sepatu safety perlengkapan kerja saya. Karena sepatu ini bisa menghindarkan luka / cidera  kalau misal jempol kaki kita kelindes roda motor sebelah kita,sewaktu macet-macetan. Toh meski di jalan memakai sepatu baru dan mahal di saat mudik, orang-orang juga jarang memperhatikan,pikiran mereka sudah terlalu capek. Jadi, buat apa pamer di jalan.

    d. Bekal dan barang bawaan.
    Tidak usah bawa bekal berlebih,sekiranya ada yang bisa beli di jalan waktu istirahat.Jangan lupa bawa obat-obatan yang diperlukan.

    e. Kunci-Kunci peralatan motor.

    Untuk ini sebenernya optional,ada yang merasa penting dan perlu bawa, serta ada juga yang tidak terlalu butuh. Yang penting yakin, kalau motor siap untuk jarak jauh. Seperti saya juga, cuma bawa peralatan bawaan motor dan yang penting oli rantai jenis spray yang mudah dibawa.
        

    Saatnya perjalanan.        

    Berdoa sebelum berangkat. Buatlah perkiraan waktu berangkat kira-kira sampai di daerah cikampek belum macet. Kalau yang mudik ke wilayah lampung tentu mereka memperkirakan kapan jadwal keberangkatan kapal atau kapan harus melewati daerah rawan.


    Safety riding, jalanlah di tepi kiri ketika anda jalan lebih pelan dibanding yang lain, jangan seperti kebiasaan orang-orang di hari biasa yang naik motor pelan-pelan di tengah jalur. Dalam perjalanan tidak perlu kebut-kebutan apalagi geber-geber gas atau lebih enak konstan aja, karena selisih waktu ga begitu terpaut jauh.


    Ketika jalan bareng dengan teman atau tim usahakan saling gantian siapa yang memimpin di depan, istilahnya balapan dengan teman sendiri. Ini untuk memicu semangat dan mengusir rasa ngantuk, tapi ingat tetap berhati-hati jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

    Jajan makan di pinggir jalan, tanyakanlah harga makanan dan minuman sebelumnya. Bertanyalah dengan sopan dan jika ada tikar yang disediakan, minta ijin pada penjual kalau ingin menggunakan. Hargailah mereka dan kalau hendak pergi jangan lupa ucapakan terima kasih. Terkecuali kalau anda kepalak dengan harga mahal yang tidak wajar. : D Atau belilah makanan dan minuman di mini market terdekat. Ketika tidur istirahat, usahakan ada teman yang masih terjaga. Ketika anda sendirian carilah tempat yang ramai dan aman. Sapalah orang di sekitarmu atau anda bisa bilang numpang istirahat.

    Aplikasi Intercom for Android bisa kamu peroleh gratis dari Google Play.

    Sekian tips mudik aman mengendarai sepeda motor.
    Semoga bermanfaat. Hati-hati di jalan.

    Belum ada Komentar untuk " Mudik aman mengendarai sepeda motor"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel