Ups untuk lampu penerangan rumah

Bagi yang merencanakan untuk merenovasi rumah ataupun yang ingin membuat rumah baru, tips ini mingkin bisa jadi bahan pertimbangan.
Sekedar catatan cara membuat instalasi listrik yang baik sesuai lay out rumah kita. Tergantung budget kita memang. Tapi ada baiknya kalau instalasi listrik rumah itu di bikin group di panel listriknya.
Kita pisahkan antara MCB untuk stop kontak dengan  MCB untuk jalur lampu. Memang kebutuhan akan banyaknya kabel yang akan dipakai lebih banyak, tapi ini lebih mudah untuk perbaikan nantinya kalau ada masalah kelisrikan.

Ini yang akan saya sarankan untuk anda, jika MCB untuk jalur lampu dibuat terpisah, kita bisa manfaatkan ups untuk lampu emergency yang bisa menghidupkan lampu di seluruh lampu rumah kita saat listrik dari PLN mati. Tapi perlu dihitung juga ya kebutuhan daya lampu dengan ups yang akan digunakan. Ada baiknya gunakan lampu penerangan jenis LED, karena lampu ini lebih hemat listrik. Baiknya juga pada group / jalur ups ini tambahkan stop kontak di titik tertentu. Ini bisa gunakan untuk charger handphone atau yang lain yang kita anggap sangat perlu.

Berikut gambar instalasi ups untuk penerangan lampu rumah.

Tempatkan posisi ups di lokasi yang aman dan tidak mengganggu, seperti contoh saya.


 UPS tidak perlu dimodif apapun, terkecuali ups yang anda kita punya model/bentuk output stop kontaknya seperti ini. Ini harus dirubah ke model stop kontak yang biasa. Karena stop kontak model yang kotak yang biasa untuk kabel power komputer di kuatirkan nge"pong" atau tidak kuat. Tapi jika beban untuk lampu tidak terlalu besar tidak apa.


Output stopkontak model ini lebih baik dibanding sebelahnya
Steker jalur lampu bisa lansungkan ke MCB jika UPS rusak
Pada listrik mati dari PLN, rumah kita tidak gelap-gelapan, karena seluruh lampu rumah kita bisa dinyalakan dan bisa dimatikan dari masing-masing saklar. Intinya, ups ini bisa dijadikan lampu emergency.

Semoga catatan saya tentang ups untuk penerangan lampu rumah bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ups untuk lampu penerangan rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel