Share Kamera Asus Zenfone 2 ZE551ML Unable to acces the camera.

Ini sekedar share pengalaman temen saya, sebagai pengguna handphone Asus Zenfone 2 Ze551ML, yang mengalami problem pada kamera belakang (kamera utama) yang tidak bisa digunakan, hanya tampilan gelap dan muncul pesan "Unable to acces the camera. Please check if it's being used by another app, or restart your phone". Bahkan kadang ketika membuka aplikasi kamera belakang, aplikasi kamera Asus Zenfone 2 ZE551ML langsung tertutup. Sedangkan untuk kamera depan normal, hanya kamera belakang saja yang bermasalah.
Untuk mengatasi problem kamera sedang digunakan oleh app lain yang muncul pada aplikasi kamera handphone Asus ini, teman sudah sudah melakukan,
  1. Hapus data dan hapus cache pada aplikasi kamera, hasilnya nihil, kamera belakang tetap saja tidak bisa digunakan.
  2. Test kamera Asus melalui aplikasi kalkulator dengan ketik ".12345+=", hasilnya kamera belakang hanya muncul gambar hijau alias "Fail".
  3. Mencoba pakai aplikasi kamera yang lain dari hasil download dari Play Store, hasilnya juga sama saja, nihil.
  4. Hard reset/ factory reset, hasilnya nihil tidak berhasil.
  5. Upgrade firmware dari Lollipop ke MM, namum juga tetap hasilnya nihil.

Camera Asus Zenfone 2 ZE551ML error can not be used.
Screenshot kamera Asus Zenfone 2 ZE551ML error.
Akhirnya setelah mencoba semua cara diatas, temen saya menarik kesimpulan. Bahwa handphone Asus Zenfone 2 Laser Ze551ML yang mengalami masalah kamera belakang tidak bisa digunakan dan hanya muncul pesan "Unable to acces the camera. Please check if it's being used by another app, or restart your phone." sudah pasti dikarenakan oleh kerusakan hardware bukan dari firmware.

Ampun kata temen saya, handphone baru lewat sebulan dari masa garansi, sudah rusak. Gimana ga kesel coba, setelah Search Google sono-sini dan tanya ke orang-orang penguna Asus yang lain, permasalahan seperti ini di Asus Service Senter biasanya diminta untuk ganti Mainboard. Lha bisa kebayangkan harga Mainboard type ini, muaahal dan mana bokek, tanggal tua lagi.

Kemudian ganti hari iseng-iseng temen saya, membawa handphonenya ke tukang service, tidak begitu lama, handphone nya sudah selesai diperbaiki. Dan kata temen saya, "semprul begitu doang, kalau tadi tahu hanya cukup soket kameranya yang dibersihin, mending saya bongkar sendiri", cerita teman kepada saya.

Kesimpulan.
Apabila kamu sebagai pengguna handphone Android, apalagi penggunaan Asus Zenfone 2 Laser Ze551ML yang mengalami problem kamera tidak bisa digunakan muncul pesan "Unable to acces the camera. Please check if it's being used by another app, or restart your phone.", jika kamu cukup bernyali, kamu bisa bongkar sendiri dan bersihkan soket kamera dan pasang kembali.
Semoga cerita pengalaman perbaikan kamera handphone Asus Zenfone 2 Laser yang error ini bisa bermanfaat. Salam manis dari Yuta Bella, emmuahahahaha...

Belum ada Komentar untuk "Share Kamera Asus Zenfone 2 ZE551ML Unable to acces the camera."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel