Cara Unbrick Zenfone 2 ZE551ML Dan ZE550ML Hardbrick Mati Total | Tips Cara Mudah

Cara Unbrick Zenfone 2 ZE551ML Dan ZE550ML Hardbrick Mati Total


Berawal dari iseng-iseng downgrade Asus Zenfone 2 dari Marshmallow versi terakhir ini ke Lollipop malah menyebabkan hanhphone Asus Ze551ml punya temen saya malah mati total. Dimana Asus Ze551ml terlihat seolah-olah tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Biarpun di colok charger juga tidak ada tanda pengisian baterai. Nah, ketika handphone Asus Ze551ml di hubungkan dengan komputer/laptop, pada "Device Manager" malah muncul driver Other devices "MOOREFIELD" dengan tanda segitiga kuning, yang artinya driver itu belum terinstal.

Dengan alasan saat ini game Point Blank tidak support dengan Asus Zenfone 2 Ze551ml dengan OS Android 6 Marshmallow, makanya saya iseng untuk downgrade ke Lollipop. Karena pada versi Lollipop, game Point Blank bisa berjalan lancar. Namun apa jadinya, baru setengah jalan dalam proses downgrade, handphone malah matot. Apess kan..?

Namun setelah bermeditasi beberapa lama, dan sembari bertanya mbah Google, akhirnya hidup juga Asus Ze551ml yang mati total tadi. Hehe..

Untuk yang mengalami kasus Asus Ze551ml mati total dan tidak ada tanda-tanda kehidupan, jangan bersedih. Karena jika hanya karena berawal dari sofwear yang rusak, handphone Asus kamu masih ada harapan dan kemungkinan bisa diperbaiki.

Nah, apabila kamu juga mengalami Asus Zenfone 2 Ze551ml hardbrik/dead boot/mati total setelah downgrade dari MM ke Lollipop, ataupun Asus Ze551ml mati total karena salah flashing firmware atau mati total karena upgrade. Kamu bisa menggunakan tips yang saya pakai juga untuk cara perbaikan unbrik Asus Ze551ml mati total.

Tutorial ini saya dapat dari sumber xda dev.

Adapun metode ini juga untuk memperbaiki handphone Asus Ze551ml ataupun Ze550ml yang mati total tidak bisa masuk ke fasboot mode maupun  recovery mode. 

Cara Unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml Mati Total Melalui  Intel SoC xFSTK-Downloader

Berikut bahan-bahan dan langkah-langkah perbaikan atau unbrick handphone Asus Ze551ml Ze550ml

  1. Langkah pertama.
  2. Lepas sambungan USB handphone Asus dari kamputer/laptop.  
  3. Asus USB Driver. Instal di PC/laptop kamu.
  4. IntelSocUSB driver, lakukan penginstalan dengan "Run as Administrator". 
  5. Apabila pada tahap instalasi IntelSocUSB driver ada pesan warning "Windows Security" requires authentication setting, silahkan pilih saja "instal this driver softwear anyway".
  6. Setelah selesai kamu menginstal IntelSocUSB driver, coba hubungkan Asus Ze551ml ke komputer/laptop dengan kabel data.
  7. Ketika sukses instalasi IntelSocUSB driver, pada device manager komputer/laptop akan terlihat driver IntelSocUSB.Namun apabila handphone Asus Ze551ml belum terdeksi atau masih muncul pada Device manager di Other device "MOOREFIELD" dengan tanda seru kuning, kamu bisa lakukan tekan Tombol Power handphone, nantinya agar driver terdeteksi.
  8. Apabila instalasi IntelSocUSB sukses maka tidak ada lagi "MOOREFIELD" driver, dan akan muncul "new devices successful".

Langkah kedua.
  1. Instal xFSTK-Downloader v1.7 yang bisa kamu dapatkan disini. Dan kamu bisa instal seperti aplikasi biasa.
  2. File yang diperlukan sesuai type handphone kamu Ze551ml  atau Ze550ml.  
  3. Setelah file diperlukan diatas sudah kamu dapatkan, lakukan ekstrak, maka kamu akan mendapatkan 3 file yaitu dnx_fwr.bin, ifwi.bin dan droidboot_dnx.img.POS_sign.bin.

Langkah Ketiga.
Proses unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml melalui xFSTK-Downloader.
  1. Buka xFSTK-Downloder.
  2. Pilih atau tab MRD A0/B0 + MOOR A0 + CRC dibagian bawah menu xFSTK.
  3. Kemudian pilih "Option > Modify Settngs", ceklist " Enable GP Flag Override" dan rubah "GP Flag Override Value" menjadi 0x800000807.
  4. Lanjut pilih "OK".


Kemudian masukan 3 file yang diperlukan sudah kamu ekstrak tadi satu persatu, sesuai type handphone kamu. Dan cari atau browse dimana tempat/lokasi hasil ekstrakan kamu tadi berada dan tempatkan sesuai pada filenya seperti ini.

- FW Dnx    isi dengan file : dnx_fwr.bin.
- IFWI         isi dengan file : ifwi.bin.
- OS DnX                           : biarkan kosong.
- OS Image isi dengan file : droidboot_dnx.img.POS_sign.bin.

Lanjut lagi, setelah 3 file tadi sudah selesai kamu isi, silahkan pilih "Begin Download".

Setelah progress 100 % atau proses download completed, maka handphone Asus Zenfone 2 kamu akan restart. Pada tahap ini pada layar handphone tampil warna-warni, namun ada juga yang restart mentok di logo Asus seperti punya saya. Yang penting disini handphone Asus Zenfone 2 yang tadinya mati total bisa hidup kembali/bangkit kembali.

Setelah proses ini kamu sudah bisa lagi masuk ke fastboot mode Asus Zenfone 2. Meski tidak bisa masuk ke menu recovery mode, itu tidak apa, kita lanjut ke cara flashing Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml dengan menggunakan Asus Flashtool.


Catatan Dari Tips Cara Mudah Unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml

  • Apabila kamu gagal dan pada xFSTK-Dowloader tidak sukses, coba gunakan ADB  CMD command. Agar handphone kamu lebih cepat terdeteksi di PC/Laptop.
  • Apabila kamu tidak bisa masuk ke menu fastboot mode dikarenakan fastboot.img terhapus dari system, kamu harus menginstal fastboot sesuai sesuai type handphone dan versi Firmware yang sebelumnya kamu pergunakan.
  • Apabila kamu kesulitan pada tahap instal IntelSocUSB driver dengan dengan Windows 8 ataupun Windows 10, kamu bisa baca dari sumber artikel XDA diatas. 

Jangan segan untuk berkomentar, siapa tahu saya bisa membantu.
Semoga tips cara unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml mati total dan hanya terdeteksi MOOREFIELD driver ini bisa membantu.

Selamat mencoba.






Subscribe to receive free email updates:

54 Responses to "Cara Unbrick Zenfone 2 ZE551ML Dan ZE550ML Hardbrick Mati Total"

  1. kalau zenfone 2 Z00AD SAMA KAN SMA ZE551ML ?

    ReplyDelete
  2. mas kok saya failure : FW + OS dowload did not complete


    help gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan downloadnya corrupt..atau driver belum terinstal baik mas

      Delete
  3. Saya gara" swap ram tiba tiba saya matikan ngga bisa idup/ ngga ada tanda" hidup saat di cargher apa bisa dengan cara ini,
    Help gan ,😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. di coba dulu mas.. klo dari kesalahan softwear kemungkinan masih bisa diselamatkan

      Delete
    2. Kalo di eksekusi di windows 7 bisa ngga yah mas?

      Delete
    3. sebagai info juga,, saya juga hanya pakai windows 7 32 bit

      Delete
  4. Gan kalau zenfone 2 z00rd mati. Tp setelah di colokin ke pc terdeteksi banyak partisi yang meminta untuk format disk gimana solusinya

    ReplyDelete
  5. terima kasih banyak mas hp saya bisa hidup lagi, sekali lagi terima kasih banyak

    ReplyDelete
  6. terima kasih banyak gan semoga banyak rezeki nya (amin)

    ReplyDelete
  7. terima kasih banyak gan semoga banyak rezeki nya....(amin)

    ReplyDelete
  8. Terima kasih mas...hp ku terselamatkan...semoga anda sukses kedepan...
    Dan ini akan kubagikan bagi org yg membutuhkan GBU

    ReplyDelete
  9. kok malah mati total bang hp saya ? type z00ad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

      Sesuai judul dan deskripsi artikel ini.
      Tutorial ini hanya untuk perbaikan handphone asus Zenfone 2 yang sudah mati total karena kerusakan / permasalahan softwear.

      Delete
  10. Gan untuk step pertama saya berhasil namun pada step ke 2 untuk flashing ada problem setelah diklik star flashing tool itu tidak terjadi proses dan lingkaran nya tetap warna biru seharusnya kan berubah kuning ..
    Mohon solusi gan

    ReplyDelete
  11. Gan solusi untuk step pertama saya berhasil tapi untuk step ke 2 saya ada kendala di flashing tool padaha serial number sudah muncul dan ada lingkaran biru tapi ketika diklik star tidak terjadi proses flashing seharusnya lingkaran biru berubah menjadi kuning tapi ini tidak
    Mohon solusi gan

    ReplyDelete
  12. saya sudah ikuti proses diatas sama persis. namun saat saya begin download dan selalu saja mentok di "firmware download completed. continuing to OS..." setelah itu hp yang terdetect dengan nama moorefield akan terputus. selanjutnya hanya reconecting device attempt 1 -20 dan selanjutnya diinformasikan "timeout to detect the device. make sure you charge up the phone before flashing" hasilnya akan selalu seperti itu terus. bagaimana cara mengatasinya?mohon solusi nya om

    ReplyDelete
  13. saya sudah ikuti proses diatas sama persis. namun saat saya begin download dan selalu saja mentok di "firmware download completed. continuing to OS..." setelah itu hp yang terdetect dengan nama moorefield akan terputus. selanjutnya hanya reconecting device attempt 1 -20 dan selanjutnya diinformasikan "timeout to detect the device. make sure you charge up the phone before flashing" hasilnya akan selalu seperti itu terus. bagaimana cara mengatasinya?mohon solusi nya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari keterangan itu, sepertinya baterai pada handphone kurang dari 70%

      Delete
    2. apakah itu bisa dicas dulu gan? soalnya waktu dicas indikatornya nggk ada yang nyala sama sekali jadi gatau tinggal berapa batrainya

      Delete
  14. kalo mati mati sendiri padahal saat bootmode jadi ga didetect pc itu gimana caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin driver belum keinstal baik.
      atau kabel data bermasalah.
      cek di device manager pada laptop.

      hanya saran.
      bisa jadi itu bootloop. Tapi alangkah baiknya sebelum melakukan flahsing di boba dulu dengan clear cache partition melalui recovery mode. Jika belum teratasi, baru lakukan wipe data.

      namun jika dengan langkah diatas belum teratasi silahkan coba lakukan flashing.

      Delete
  15. Kalo hpnya matot gak ada indikator lednya nyala kalo di hubungin ke pc, apa bisa di flash itu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain akibat atau karena kerusakan hardwear.

      selama hp masih terdeteksi di pc atau laptop, instal drivernya dahulu dan cek di device manager pada laptop atau pc, jika masih terdeteksi, ada harapan masih bisa diperbaiki.
      setelah itu baru download frimwarenya, silahkan dicoba.

      namun jika hp asus tidak ada tanda-tanda terdeteksi di pc/laptop, kemungkinan itu karena kerusakan hardwear. jadi tidak perlu download frimware, sayang kuota data.
      saran saya bawa tukang service atau ASus service center.

      pastikan dahulu cek kabel data dan cek port charger micro USB (kotor atau tidak).

      Delete
  16. Gan hp saya setelah di flash malah mati total dan ga bisa hidup sama sekali akan tetapi jika di sambung ke pc itu bunyi adanya kehidupan akan tetapi si layar dan getar dan apapun itu rd bisa menyala sama sekali, jadi saya bingung harus seperti apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo hp pas disambungin ke pc masih ada bunyi, itu berarti masih bisa konek ke pc. Coba cek driver pada device manager di pc, jika terdeteksi driver Other devices "MOOREFIELD" dengan tanda segitiga kuning, Anda bisa pakai metode ini.

      jika handphone asus masih bisa masuk fastboot mode, coba langsung flashing saja.

      Delete
    2. kalo terdeteksi MOOREFIELD tp tidak ada tanda setiga kuning gmn mbk..

      Delete
    3. Dalam kondisi handphone terhubung ke pc/laptop melalui kabel data. Coba tekan-tekan tombol power dan tombol volume handphone.
      Nantinya laptop akan menginstal/mengenali driver baru.

      Pastikan asus USB driver dan intel soc driver sudah terinstal baik di PC/laptop.

      Delete
  17. tan,,cara instal asus usb drivernya bagaimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat bales, karena kesibukan di dunia nyata.
      Asus usb driver sudah dirubah menjadi bentuk exe yang bisa diinstal langsung di PC.

      Delete
  18. dear mbak mimin,
    as long as saya ngikutin step by stepnya semua lancar. dr yg matot jadi muncul lambang android isi tulisan normalboot trs ini hrs dilanjutinnya gimana ya? mohon bantu ya mbak yuta bella :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjut dengan langkah flashing ulang..
      Link Langkah flashing sudah ada dalam artikel ini, di bawah sebelum catatan.

      Delete
  19. xfstk sudah saya run,tpi ga bisa di buka instalannya,knpa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reinstal dulu coba, berikut dengan drivernya. Jika saat instal ada peringatan merah di Windows, abaikan saja, atau OK'in saja

      Delete
  20. 15:41:53 - XFSTK-STATUS--Firmware download completed. Continuing to OS...

    status sudah complete tapi masih getar aja. belum ada tanda" kehidupan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales..
      Ini sudah flashing OS dengan artikel selanjutnya belum?

      Proses unbrick Zenfone​ 2 setelah sukses unbrick dengan xfstk lanjut langkah flashing diartikulasikan selanjutnya..

      Delete
    2. Maaf baru bales..
      Ini sudah flashing OS dengan artikel selanjutnya belum?

      Proses unbrick Zenfone​ 2 setelah sukses unbrick dengan xfstk lanjut langkah flashing diartikel selanjutnya..

      Delete
  21. semua sudah saya lalui namun pada saat layar warna warni muncul pilihan normal mode , power off, recovery mode. dan itu bisa diubah2 pke volume down, utk eksekunsinya gmna yah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru sempet balas..

      silahkan lanjut ke langkah flashing..

      link tutorial langkah flashing Asus sudah saya tulis di artikel bawah sebelum catatan.

      semoga membantu.

      Delete
    2. Help me udah berhasil hidup. Mentok di logo asus putih..ga bisa masuk fastboot sama sekali.. flash rom nya gimana ya

      Delete
  22. Saya berhasil dan Mentok di Logo Asus Putih... ga bisa masuk Fastboot sama sekali, cara Flash fastboot nya gimana ya, ni hp cuman getar 2x lalu mentok logo asus putih cuman gitu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ikuti tutorial cara flashing Asus Zenfone 2, link artikel sudah ada di dalam artikel diatas.

      Dalam artikel cara flashing Asus Zenfone 2, buka pada komentar.

      Coba gunakan metode yang digunakan UMIYATY HUSIN melalui adb fastboot mode.
      Antara lain yang di instal lewat ADB fasboot yaitu droidboot.img,recovery.img, boot.img.

      Namun perlu diketahui, ketidaksamaan versi frimware yang mau diinstal sekarang dengan versi sebelumnya bisa menyebabkan mati total.

      Delete
    2. Nah saya mau install lewat adb .. berarti hh musti keadaan fastboot kan ? Atau ada cara lain supaya ke detect di adb ? Karena hp ane begitu dinyalain pencet power dan + tetep masuk nya mentok di logo asus putih :( lalu reboot mentok lagi di logo asus putih gitu terus :(

      Delete
    3. Jika sama sekali tidak terdeteksi di ADB,
      Coba baca2 tread di dada atau gabung ke facebook groub Asus Zenfone 2.

      Delete
    4. Jika sama sekali tidak terdeteksi di ADB,
      Coba baca2 tread di XDA atau gabung ke facebook groub Asus Zenfone 2.

      (Maaf salah ketik)

      Delete
  23. Gan sy udah ikutin tutorial diatas skrg klo dinyalakan pertamanya warna warni dulu trus ke model fastboot coba lgsg di flashtool gagal terus.. itu harus gmn ya.. Mksh sebelumnya

    ReplyDelete
  24. luar biasa.. hp saya matot tidak bisa diapa2in.. berkat file2 dan petunjuknya kini hp saya hidup normal kembali. sukhron bos

    ReplyDelete