Memperbaiki Handphone Android Yang Miring Saat Bermain Game

Bermain game di Android tentu sangat menyenangkan bukan. Apalagi handphone Android yang kamu pakai sudah termasuk kelas menengah keatas, tentu sudah pasti enak buat main game.

Namun, bagaimana kalau handphone Android kamu bermasalah, waktu buat bermain game malah miring-miring, jadi tidak enak kan. Seperti contoh game balapan mobil, eh malah gamenya berasa kalau malah miring ke kiri, ya kalau tidak ke kiri malah miring ke kanan.

Dan bahkan kadang-kadang saat menonton video  360 derajat menggunakan aplikasi Google Cardboard, akan terasa gambar atau video terus bergerak muter, tidak mau stabil. Karena Sensor Accelerometer juga digunakan saat kita menggunakan aplikasi Google Cardboard. Dan apabila Sensor Accelerometer di Android bermasalah, maka pada saat menonton video 360 derajat di kacamata VR Google Cardboard akan menyebabkan gambar terus bergerak muter dan miring.

Penyebab handphone Android saat bermain game susah dikendalikan karena terus bergerak miring kiri atau terus bergerak miring ke arah kanan seperti ini bisa disebabkan oleh sensor accelerometer Android yang bermasalah. Dan untuk memperbaiki handphone Android saat digunakan bermain game layar terus bergerak miring ke kiri atau ke kanan ini adalah dengan melakukan kalibrasi Sensor Accelerometer Android.

Cara kalibrasi Sensor Accelerometer di handphone Android.

Cara kalibrasi sensor accelerometer Samsung galaxy.
Untuk cara kalibrasi sensor accelereometer di handphone merk Samsung Galaxy cukup mudah, yaitu kita cukup dial *#0*# , maka akan muncul LCD test, nah disini kita bisa pilih menu test sensor, yang nantinya disini kita bisa kalibrasi sensor accelerometer pada Android Samsung Galaxy.

Cara kalibrasi sensor Android Lenovo, terutama Lenovo K5 Plus bisa kamu baca disini, yaitu tentang cara lengkap kalibrasi sensor accelerometer dan sensor gyroscope Lenovo K5 Plus. Dan mungkin cara itu juga bisa berguna untuk Lenovo type yang lain.

Untuk cara kalibrasi sensor-sensor pada handphone Xiaomi, termasuk juga sensor accelerometer dan sensor gyroscope yaitu melalui menu QC test Xiaomi. Untuk cara masuk ke menu QC test Xiaomi, kita cukup tap beberapa kali pada "Versi kernel" pada menu "Setelan > Tentang ponsel". Pada menu CIT atau QC test Xiaomi, kita bisa juga melakukan test Touchscreen  LCD dan test hardwear Xiaomi yang lain juga.

Atau kita bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kita dapatkan dari Play Store.

Kalibrasi Sensor Accelerometer Android

Untuk cara kalibrasi Sensor Accelerometer pada handphone Android bisa melalui aplikasi Accelerometer Calibration Free. Untuk cara kalibrasi Sensor Accelerometer,

  1. Aplikasi Accelerometer Calibration Free bisa Anda peroleh dari Google Play/Play Store.
  2. Buka aplikasi Accelerometer Calibration Free.
  3. Letakkan/taruh handphone Android di tempat/bidang horisontal yang rata.
  4. Lihat, apabila titik merah tidak ada ditengah, kamu boleh melakukan kalibrasi.
  5. Setelah selesai kalibrasi Sensor Accelerometer, silahkan restart handphone Android kamu.
  6. Selesai atau bisa kamu test lagi untuk memastikan.


Untuk sensor Accelerometer handphone Android  yang agak susah dikalibrasi, coba taruh/letakkan handphone Android pada lantai keramik rumah kamu. Sebab magnetik sensor juga berpengaruh saat kalibrasi Sensor Accelerometer.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk "Memperbaiki Handphone Android Yang Miring Saat Bermain Game"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel