Solusi Suara Rekaman Screen Recorder Pecah Dan Banyak Noise Di Android | Tips Cara Mudah

Solusi Suara Rekaman Screen Recorder Pecah Dan Banyak Noise Di Android

Merekam aktivitas layar handphone Android kadang kita butuhkan untuk menjelaskan sebuah tutorial atau juga untuk kegiatan tugas. Atau mungkin Anda sebagai Youtuber menggunakan screen recorder untuk merekam aktifitas layar sebagai video bahan upload ke channel Youtube Anda.

Tapi ada suatu masalah yaitu suara audio dari video merekam layar (screen recorder) di Android hasilnya terdengar pecah, suara sember, banyak noise, suara tidak jernih, dan terlalu banyak feedback suara yang masuk.
Misalnya, screen recorder digunakan untuk merekam permainan game Mobile Legend di layar Android, namun setelah melihat hasilnya ternyata kebanyakan suara dari video screen recorder suaranya jelek, kaya robot, terlalu banyak noise.

Mungkin banyak bagi sebagian pengguna handphone Android yang masih agak binggung tentang bagaimana cara agar suara rekaman audio dari screen recorder hasilnya terdengar bagus. Karena mungkin saat kita merekam layar dengan suara, entah kenapa suara hasil rekaman screen recorder di handphone Android jelek dan pecah.
Padahal jika kita melihat Channel Youtube dengan tema Game, kenapa hasil suara rekaman audionya bagus-bagus, tidak terdengar kemresek kayak kantong kresek.

Pengen tahu rahasia agar hasil suara rekaman screen recorder terdengar bagus seperti yang pada di upload ke Youtube? Yubb.. kita akan bahas tips triknya.

Kita mulai tips cara merekam layar Android dengan kualitas suara yang bagus dan jernih.

1. Tips cara mudah pertama.
Rata-rata aplikasi screen recorder di Android dapat merekam suara melalui microphone dari handphone. Namun saat memutar video hasil screen recorder malah suara audionya terdengar pecah, dan berisik tidak jelas. Seolah-olah terlalu banyak feedback suara.
Penyebab suara di video hasil screen rcorder jelek dah pecah bisa dikarena posisi mic dan speaker handphone yang berdekatan. Seperti kita tahu bahwa rata-rata aplikasi screen recorder non root hanya dapat merekam suara dari microphone.
Untuk mengatasinya coba cukup kecilkan/turun volume suara speaker saat atau sebelum menjalankan screen recorder.
Untuk beberapa tipe handphone dapat berhasil (suara menjadi lebih jelas), namun ada juga yang yang masih terdengar pecah. Hal ini dapat dikarenakan microphone pada handphone terlalu sensitif/peka.
Jika cara ini berhasil, namun suara audio terdengar kecil atau pelan, Anda bisa menaikan volume audio nanti saat proses  editing video.

2. Tips cara mudah kedua.
Dengan menggunakan aplikasi screen recorder for Android yang support dengan audio internal. Dengan mengaktifkan merekam suara dengan audio internal, sudah bisa dipastikan suara audio hasil screen recorder di Android akan terdengar jernih dan bagus seperti aslinya. Semisal Anda ingin merekam video acara live dan permainan game di layar Android.
Kekurangan dari merekam layar dengan internal audio di Android biasanya seperti ini (meski tidak terjadi disemua tipe handphone Android), contoh :
  • Saat menggunakan screen recorder dengan internal audio, maka suara dari speaker handphone akan mati/off. Jadi saat Anda bermain games di Android dan merekamnya dengan aplikasi screen recorder (without internal auditor recorder) maka seolah-olah handphone Android masuk ke mode Silent (hening). Tapi ada juga aplikasi seperti RecMe yang dapat juga merekam suara internal audio di Android yang saat proses dijalankan, suara  tetap dapat terdengar dari speaker.
  • Jika Anda ingin merekam suara pembicaraan telepon Anda, bisanya suara Anda tidak terdengar. Hanya suara penelpon sendiri yang terdengar di hasil rekaman screen recorder. Mungkin tidak juga terjadi pada semua tipe handphone.
Aplikasi screen recorder untuk Android yang support dengan audio internal antara lain :
  • SCR Screen Recorder versi 1.0.5 (membutuhkan akses root). Support di Android 6 Marshmallow, mungkin tidak lagi tidak support untuk Android 7 (Nougat) keatas. Karena aplikasi SCR Screen Recorder ini sudah dihentikan pengembangannya.
  • RecMe Free Screen Recorder (membutuhkan akses root). Walau kadang saat menggunakan aplikasi recme screen recorder, video hasil rekaman rusak tidak bisa diputar.

3. Tips cara mudah ketiga.
Merekam layar dengan suara audio bagus dan jernih menggunakan tambahan microphone external.
Ini berarti kita harus mempunyai atau menambahkan jack mic dan dengan menghubungkan ke speaker aktif yang anda punya.

Steven recorder Android suara jelek putus-putus banyak noise
Merekam suara di Android dengan mic external

Gunakan Jack audio dan mic spliter (3.5 mm). Nantinya mic external digunakan untuk merekam suara yang keluar dari speaker aktif.

Hati-hati saat menghubungkan handphone Android ke speaker aktif, karena terjadi banyak kasus gara-gara terlalu sering menghubungkan handphone ke speaker aktif, IC Audio handphone Android menjadi rusak atau mati. Yang terjadi adalah speaker handphone Android tidak keluar suara. Baik itu dicoba melalui headset pun tidak ada (tidak terdengar) suara musiknya.
Pastikan speaker aktif atau multimedia speaker yang Anda gunakan masih bagus.
Saya banyak menemukan kasus dan mengalami sendiri 2 buah Xiaomi Redmi Note 4, satu handphone Asus  suara speaker dan headset mati tidak keluar audio musiknya gara-gara colok di speaker aktif / stereo sound system.
Cek kabel stereo CT 3.5 mm , sentuh dengan jari Anda pada pin jack CT sebelum menghubungkan handphone Android dengan speaker aktif atau sound system, apabila ada terasa getar seperti ada setrum dengan arus listrik kecil, jangan hubungkan handphone Android ke speaker aktif karena terlalu beresiko.

4. Tips cara mudah keempat.
Merekam audio di handphone Android supaya terdengar jernih dengan bantuan PC atau laptop.
Anda bisa gunakan aplikasi audity atau aplikasi perekam suara lainnya. Bisa juga gunakan aplikasi editing video yang support dengan record audio via microphone.

Merekam suara di mic laptop
Gunakan Jack stereo separate LR supaya tidak konsleting antara output R L

Gunakan Jack sparate berserta Jack spliter audio dan mic di handphone.
Hubungkan Jack spliter audio dan mic 3.5 mm dengan Jack sparate audio R L.
Kemudian dengan jack sparate audio R L 3.5 mm dengan inputnya mic pada PC atau laptop dengan kabel Aux CT 3.5 mm.

Atau jika punya, Anda bisa gunakan USB Bluetooth audio reciever dan sambungkan output audio USB Bluetooth audio reciever dengan dengan Input mic laptop.
Cara menyambung juga seperti cara diatas.
Cara ini sangat aman karena audio handphone terhubung dengan laptop atau PC secara nirkabel melalui koneksi wireless bluetooth.

Sebaiknya atur volume handphone Android pada posisi low atau pelankan. Karena tiap type handphone berbeda-beda Power output headsetnya. Ini untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan pada inputnya mic PC/laptop.
Hasil rekaman suara dan video nantinya dapat digabung saat proses editing video.


Perlu diketahui, Google sendiri tidak mengijinkan untuk merekam suara internal system dengan alasan keamanan. Jadi mungkin ada beberapa tipe handphone yang kadang tidak dapat merekam suara/audio.

Sekian tips cara mudah agar suara hasil rekaman layar di Android terdengar bagus dan jernih. Sebagai solusi suara jelek banyak noise dari video hasil screen recorder di Android.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Suara Rekaman Screen Recorder Pecah Dan Banyak Noise Di Android"

Post a Comment