Solusi Layar Itel S23 Sering Freeze Macet

layar tel s23 sering macet tidak bisa digeser

 

Kenapa hp Itel sering hang?

Handphone Itel S23 kena BUG  layar macet 2024.

Baru baru ini, atau mungkin sudah sekitar seminggu dari sebelum artikel ini ditulis, banyak pengguna hp Itel S23 mengalami layar sentuh sering tidak respon.

Padahal hp Infinix tidak di apa-apain, diupadate juga tidak. Namun tiba-tiba  dalam minggu minggu ini Touchscreen Itel S23 sering freeze, no respon, delay touch atau lebih parah nge-hang.

Problem layar hp Itel S23 sering hang bukan terjadi ketika habis update firmware terbaru. Bahkan hp Itel yang masih menggunakan ROM bawaan dari lahir tidak update pun mengalami layar freeze.

Ketika sudah mengalami problem layar hang di Itel S23 tentu saja akan sangat mengganggu dan nyebelin banget. Bahkan termasuknya kamu bukan seorang gamer ataupun handphone Itel yang digunakan untuk pemakaian normal seperti WA dan media sosial saja dan tidak untuk menjalankan aplikasi yang berat-berat. 

Mau buka Home Screen aja malah macet, mau balas WA malah hang. hadeh..

Kadang untuk mengatasi layar sentuh Itel macet bisa dengan restart atau menghidupkan ulang handphone. Namun dalam kondisi seperti ini, untuk menghidupkan ulang Itel kondisi layar hang sangatlah sulit karena layarnya tidak ada respon.

Penyebab Layar Sentuh Itel S23 Sering Hang Freeze No Respon atau Macet

Layar sentuh hp Itel sering hang bisa disebabkan karena :
  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan, yang menguras pemakaian RAM dan Prossesor
  • File sampah terlalau banyak dan jarang dibersihkan
  • BUG dari launcher yang dipakai
  • BUG dari ROM Itel itu sendiri
  • Kerusakan hardware

Cara Memperbaiki Itel S23 Layar Freeze

Berikut cara mengatasi Touchscreen sering macet di Itel S23 

1. Membersihkan File Sampah
Banyak pengguna yang menyarankan untuk membersihkan file sampah yang memberatan aplikasi sehingga menyebabkan layar handphone sering hang. Mungkin saja benar atau setidaknya dicoba dulu, silahkan hapus file sampah dan hapus aplikasi yang tidak tidak penting. Namun dalam kasus layar hang di hp Itel yang saya bahas ini, ini tidak membantu sama sekali.

2. Menghapus Penyimpanan & Cache aplikasi launcher yang dipakai
Kadang kala, launcher bawaan bisa terjadi error yang bisa disebabkan tidak kompatible dengan tema yang terpasang, sehingga menyebabkan layar hp hang, blank dan touchscreen macet tidak lancar.
Untuk memperbaikinya kamu bisa mengganti tema yang sekarang kamu pakai atau menghapus Penyimpanan & cache aplikasi Luncher OS Itel dengan cara buka menu Pengaturan > Manager aplikasi > cari aplikasi Launcher OS Itel > pilih Penyimpanan & cache > kemudian Hapus data > lalu restart handphone kamu.
Jika layar handphone Itel masih sering hang dan macet, solusinya lanjut cara ke 3.

3. Mengganti Launcher OS Itel Dengan Aplikasi Launcher Pihak Ke 3
Dalam kasus layar touchscreen handphone Itel S23 sering hang yang YUTABELLA.COM temui dengan OS Itel V8.6.0 (OS8.6-S-P189-230418) Android 12 yang setahu saya handphone ini tidak pernah diupdate system nyatanya mengalami problem layar sering Freeze.

Ini adalah permasalah ROM yang terdapat BUG yang menyebabkan layar Itel jadi tidak responsif. Untuk mengatasinya kamu bisa mengganti Launcher OS Itel dengan NOVA Launcher yang bisa kamu unduh di Play Store. Dan jadikan Nova Launcher sebagai default launcher di Itel.
 
Nah setelah mengganti instal Nova Launcher dan menjadikannya sebagai launcher default di Itel S23, problem layar freeze di Itel S23 bisa diatasi, dan sudah ada 1 minggu ketika artikel ini ditulis, user juga tidak ada komplain lagi.

4. Update System
Jika sudah melakukan ke 3 solusi diatas namun belum berhasil, coba lakukan update system terbaru.
 
5. Lalukan Hard Reset atau Factory Reset
Ini dilakukan jika sudah melalukan ke 4 solusi diatas namun layar handphone masuk sering macet dan belum yang berhasil. dan sebelum melakukan hard reset sebaiknya backup semua data daluhu, dan ingat amankan akun yang terkait dan jangan lupa password login.
 
6. Problem Hardware
Mungkin ada riwayat handphone pernah kena air atau terbentur atau terjatuh. Mungkin saja bisa jadi kerusakan hardware, Silahkan bawa ke service center di dekat kota kalian.

Catatan Problem Layar Itel S23 touchscreen sering macet tidak bisa digeser geser :

Mengingat saat artikel ini dibuat, user dari Itel P55 banyak yang mengeluh dengan BUG delay touch yang bikin LAG pada layar sentuh, mungkin saja kamu sebagai pengguna Itel mengalami BUG massal Delay Touch seperti yang dialami oleh Itel P55 walau sebenarnya problem layar Itel S23 sering macet sudah dialami user dari tahun lalu

Silahkan update pembaharuan system terbaru untuk memperbaiki problem layar macet tidak bisa di geser geser di Itel S23. Mungkin artikel ini berguna juga bagi pengguna Itel S23+, P70, P55, P55+, P55 NFC, P55 5G dan Itel PAD 1.


Belum ada Komentar untuk "Solusi Layar Itel S23 Sering Freeze Macet "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel