Cara Masak Nasi Low Carbo Di Magic Com Biasa

masak nasi rendah gula pakai magic jar rice cooker biasa

Untuk tahun 2023 sekarang ini magic com low carbo atau rice cooker low carbo menjadi trend dan sebagai pilihan terbaik membeli magic com baru tahun 2023.

Prinsip magic com low carbo atau nasi rendah gula

Teknologi Low Carbo – pemisahan memasak proses pemasakan nasi dengan air tajin sehingga dapat mengurangi kandungan gula pada nasi. 

Ini seperti proses masak nasi dikukus atau "didhang" dengan proses akhir di kukus. Walau sebenarnya proses masak nasi di magic com low corbo, beras tetap direndam air.

Untuk memasak nasi low corbo di magic com biasa kamu perlu tambahan alat ini, yaitu :

Sarangan Magic Com Low Carbo.

Atau disebut juga Saringan magic com Low Carbo, atau Steamer Low Carbo.

Ukuran sarangan magic com sudah tersedia dari bebagai ukuran untuk magicom kapasitas dari 0.6 Liter, 1 Liter, 1.2 Liter, 1.8 dan 2 liter. Yang sudah mempunyai tatakan kaki untuk  memisahkan antara air tajin dengan nasi.

Panci sarangan low carbo bisa kamu beli di toko online, dan pilihlah yang bebahan stainless steel, dan pastikan sesuai dengan ukuran inner pot panci magic com Anda, dengan mengukur diameter dalam dan tinggi panci

Lalu bagaimana cara memasak nasi Low Carbo di magic com biasa?

Anda dapat memasak nasi rendah karbo di magic com biasa dengan mengikuti langkah-langkah ini:


1. Rendam Beras (Opsional) : Jika Anda ingin mengurangi karbohidrat yang lebih banyak, Anda dapat merendam beras dalam air selama 15-30 menit sebelum memasak. Ini akan membantu menghilangkan sebagian pati yang ada di dalam beras. Ini seperti yang dilakukan oleh orang Jawa saat ada acara besar, beras yang mau dimasak kukus pasti direndam dulu.

2. Cuci Beras : Cuci beras dalam air dingin sampai airnya bening. Ini akan membantu menghilangkan lebih banyak pati dan debu yang mungkin masih menempel pada beras. Ini mungkin kontra dengan asumsi : jika beras dicuci sampai airnya bening makan kandungan vitamin B1 dan sebagainya hilang.. hemm.. tapi klo mau sehat emang begini prosesnya.

3. Tambahkan Air : Masukan sarangan Low Carbo ke  inner pot (panci utama magic com) dan masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam sarangan magic com. Perbandingan air tergantung pada jenis beras yang Anda gunakan, tetapi sebagai panduan umum, perbandingan air ke beras biasanya sekitar 1,5 hingga 2 kali volume beras. Ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan beras Anda atau petunjuk dalam manual magic com Anda. Atau intinya beras tetap kerendam air saat memasak nasi low carbo, sebab jika air kurang, nantinya kadang nasi malah hanya matang separuh kalo kebanyakan jadi  benyek. Paling tidak beras harus kerendam air setinggi 1 ruas jari.

4. Masak Nasi : Nyalakan magic com Anda dan biarkan proses memasak berjalan sesuai petunjuk. Rice cooker akan mengatur suhu dan waktu masak secara otomatis. Jika rice cooker Anda memiliki pengaturan khusus untuk nasi rendah karbo, pastikan untuk menggunakannya. Jika kamu ada Magicom digital biasa kamu bisa atur di slow cook atau jika kamu menggunakan magic com konvensional, mungkin magic com kamu ga akan "njeglek" / "jeklek"meski nasi sudah matang. Masak nasi Low Carbo membutuhkan waktu sekitar 30- 40 menit, silakan atur timer jam. Jika masak nasi Low Carbo mateng separuh, coba aduk nasi di streamer (sarangan) untuk membalik nasi. Biar bagian atas nasi yang belum matang kebawah dan tekan tombol cook di magic com lagi. 

5. Biarkan Nasi Istirahat : Setelah proses memasak selesai, biarkan nasi dalam rice cooker selama beberapa menit untuk membiarkannya meresap dan menjadi lebih lezat.

6. Nikmati : Sekarang, nasi rendah karbo Anda siap untuk dinikmati.

 

Cara Menghangatkan Nasi Low Carbo

Menghangatkan nasi Low Carbo dengan mode warm di magic com. Ada 2 cara yang biasa dilakukan :

1. Setelah nasi matang, Anda bisa tetap hangatkan nasi Low Carbo di mode warm dengan air tajin yang sudah terpisah dibawah. 

2. Dengan mengganti air tajin dengan air bersih yang baru.
Setelah nasi low carbo matang, kamu bisa mengganti air tajin yang di panci utama dengan air bersih (air minum) yang sebelumnya panci utama dibersihkan terlebih dahulu. Banyak juga yang menyarankan agar air pengganti ini juga perlu dipanaskan dulu sebelum dimasukkan ke panci utama. 
 
3. Dengan memindahkan nasi Low Carbo ke panci magic com utama
Setelah nasi Low carbo matang , Anda bisa memindahkan nasi ke panci utama yang sebelumnya dicuci dulu.
 
Namun perlu juga diketahui, idealnya nasi Low Carbo harus habis dalam sehari. Sebab default mode warm magic com Low Caro hanya 3-5 jam rata-rata pabrikan

Rasa nasi Low Carbo juga tidak begitu enak, hambar, "sepo", tidak ada manis manisnya karena air tajinya sudah dipisah dibawah dari nasi. 

Baca Juga :


Ketahui penting tentang masak nasi Low Carbo untuk penderita Diabetes.

Cara diatas adalah nasi Low Carbo untuk orang sehat. Lalu bagaimana jika ini buat dikonsumsi oleh orang yang sudah kena penyakit gula atau diabetes? Tentu saja nasi low carbo untuk orang yang kena gula, nasi low carbo dari magic com tidak perlu dihangatkan. Angkat nasi dari magic com dan taruh di bakul nasi. Nikmati ketika sudah hangat. Karena, kita tahu banyak yang menyarankan untuk penderita penyakit gula malah dianjurkan untuk makan nasi kemarin yang sudah dingin. 

 
Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk pada kemasan beras Anda dan panduan penggunaan rice cooker Anda untuk hasil terbaik. Juga, selalu ada berbagai jenis beras rendah karbo yang tersedia, jadi Anda dapat mencoba beberapa jenis untuk menemukan yang paling Anda sukai.

Belum ada Komentar untuk "Cara Masak Nasi Low Carbo Di Magic Com Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel