Cara Restart Keluar Dari Fastboot Mode Android Xiaomi

Kadang memang tanpa sengaja tahu-tahu handphone Android Xiaomi masuk ke fastboot mode.
Ini bisa terjadi karena tanpa sengaja menekan kombinasi tombol pada handphone. Atau mungkin karena ada kesalahan dari software. Seperti handphone Xiaomi selalu masuk ke fastboot mode tiap kali di reboot.

Dimana kita tahu bahwa fungsi dari fastboot mode pada handphone Android Xiaomi berguna untuk melakukan upgrade frimware, flashing ulang, dan unlock bootloader  melalui bantuan komputer.
Yang mana untuk cara masuk ke menu fastboot mode Xiaomi dengan cara menekan bersamaan tombol Power dan tombol Volume Down (-) pada kondisi handphone Off.

reboot paksa dari fastboot mode xiaomi
fastboot mode Xiaomi

Sebenarnya cara mengatasi handphone Xiaomi stuck atau terjebak dalam fastboot mode cukup mudah bagi pengguna yang suka Oprek Android. Tapi bagi orang yang masih awam belum mengenal tentang oprek Android Xiaomi tentu bisa membuat panik. Yang seolah-olah dibilang handphonenya rusak.

Nah solusi perbaikan atau cara keluar dari fastboot mode handphone Xiaomi sebagai berikut.

1. Cara pertama.
Lepas baterai handphone, jika baterai handphone Xiaomi menggunakan baterai removable.
Namun sekarang handphone Xiaomi keluaran terbaru sudah menggunakan baterai non removable. Dan cara keluar dari fastboot mode handphone Android Xiaomi dengan baterai tanam (non removable) di langkah selanjutnya.

2. Cara kedua.
Cara keluar dari fastboot mode Xiaomi  baterai tanam yaitu dengan menekan tombol power dan tahan beberapa detik sampai handphone Xiaomi akan bergetar, kemudian langsung lepas tombol power. Biarkan reboot dengan sendirinya.

3. Cara ketiga.
Dengan cara reboot melalui recovery mode. Untuk masuk ke menu recovery mode Xiaomi dengan cara menekan tombol Volume Up (+) bersamaan dengan tombol Power. Tahan beberapa saat sampai muncul menu Logo Mi Xiaomi dan langsung lepas kedua tombol. Biarkan handphone masuk ke recovery mode, lalu pilih "Reboot" > "Reboot system". Tombol Volume berguna untuk mengarahkan dan tombol Power berguna untuk enter atau "select".

4. Cara keempat.
Cara keluar dari fastboot mode handphone Android Xiaomi melalui komputer (PC) atau laptop.
Bahan yang diperlukan.
MI PC Suite. Instal di PC.
ADB Driver. Exstrak.
PDA Net sebagai driver Qualcomm. Instal di PC.
Langkah-langkahnya :

cara masuk fastboot mode xiaomi
Cara keluar dari fastboot mode Xiaomi.
  • Hubungkan Xiaomi yang mentok di fastboot mode ke PC/laptop.
  • Biarkan PC/laptop menginstal driver lebih dulu.
  • Cari folder ADB. Jalankan Command prompt (CMD) dengan cara arah mouse ke folder ADB lalu tekan "Shift" dan klik kanan pada mouse bersamaan. Lalu pilih "Open command windows here". Untuk cara run command folder di Windows 10 dengan cara membuka folder ADB, kemudian klik "File" pojok kanan atas. Selanjutnya pilih "Open Command prompt" > pilih "Open command prompt as administrator".
  •  Pada jendela CMD ketik " fastboot devices". Tanpa tanda petik.
  • Maka akan terdeksi ID (sperti pin BBM) handphone Android Xiaomi yang tadi stuck di fastboot mode.
  • Selanjutnya pada CMD ketik " fastboot reboot".
  • Handphone Android Xiaomi yang masuk terjebak di fastboot mode akan reboot. Dan hidup normal.
5. Cara Kelima.
Seperti contoh kasus handphone Xiaomi Redmi 3 Pro (Ido) yang tiap kali di restart selalu muncul dan mentok di fastboot mode. Biarpun sudah coba di reboot melalui recovery mode dan melalui bantuan komputer pun, tetap saja handphone Xiaomi Redmi 3 Pro saat restart selalu kembali ke fastboot mode.
Nah solusi handphone Xiaomi tiap kali restart selalu ke fastboot mode yaitu dengan menekan tombol power  dan sampai sekitar 24 detik. Bahkan bisa sampai lebih kurang 1 menit. Nantinya handphone akan bergetar dan seolah akan reboot namun tetap saja kembali masuk ke fastboot mode.
Biarkan saja berulang -ulang masuk fastboot mode dan tetap tahan tombol power sampai nantinya muncul logo MI (Logo Xiaomi). Saat muncul logo MI Xiaomi buru-buru langsung lepas tombol power. Ini agar tidak masuk dan terjebak lagi di fastboot mode Xiaomi.

6. Cara keenam.
Jika semua cara diatas sudah Anda lakukan namun tidak ada yang berhasil. Anda bisa lakukan wipe data dari recovery mode. Atau lakukan flashing ulang sesuai dengan type handphone Xiaomi Anda. 
Namun jika handphone Xiaomi masih tetap terjebak di fastboot mode, bisa jadi ada kemungkinan adanya kerusakan hardwear. Seperti karena IC emmc corrupt atau IC emmc sudah lemah.
Silahkan bawa ke tempat service handphone atau bawa ke Xiaomi Service Center jika handphone masih dalam masa garansi.

Nah sekian cara reboot paksa handphone Xiaomi yang terjebak masuk ke fastboot mode.
Semoga membantu.



4 Komentar untuk "Cara Restart Keluar Dari Fastboot Mode Android Xiaomi"

  1. Sudah di reboot system tapi masih
    Masuk ke fastboot mode kk
    Handphone tidak detek di PC atau laptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sudah menggunakan semua cara diatas namun belum berhasil juga, jika bisa, coba lepas dahulu soket baterai dengan buka cover body belakang.
      pancing tanpa baterai dahulu kemungkinan bisa terdeteksi lagi di PC / laptop.
      Jika tak ada yg berhasil silahkan bawa ke servise senter, ada kemungkinan hardwear pada board mesin bermasalah.

      Hapus
  2. Tapi kalo tombol power nya rusak gimana cara yg lain kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan laptop / PC .. install ADB driver.. trus beri perintah pada CMD "adb reboot"

      Atau cek dulu tombol power, siapa tahu tombol power belum rusak / hanya tidak tertekan (tidak pas) saja karena casing yang longgar sebelum ganti tombol powernya..

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel