Cara Kompres Ukuran File Video 360 derajat Tanpa Mengurangi Kualitas gambar


cara menghemat kuota untuk upload video 360 derajat
Mengabadikan moment indah disekitar secara keseluruhan tak terlewat dengan kamera 360 derajat.

Dengan teknologi kamera 360° kita bisa mudah mengabadikan semua kejadian yang tak ingin terlewat disekitar kita. Kita cukup meletakan kamera di tengah suatu ruangan atau tempat, maka kamera 360° dapat meng-chapture dengan view 360°area disekitarnya. Menjadikan video kenangan sendiri, sebab pada saat kita menonton video 360° dengan kacamata VR atau Google Cardboard, tentu saja seolah-olah kita kembali ke tempat dan masa itu.
Kita bisa melihat atas-bawah, depan-belakang, samping kanan dan kiri yang semua terekam oleh kamera 360°.

Namun ada suatu kendala dimana sebuah file video 360° dengan durasi 2 menit saja bisa menghabiskan memori penyimpanan lebih dari 1- 2 GB atau lebih. Sebab, untuk menghasilkan video 360° dengan kualitas gambar yang bagus dan jernih, kita harus set maximal resolusi kamera 360. Ini supaya video 360° tidak blur. Apalagi jika Anda menggunakan Samsung Gear 360, tentu saja video hasil rekaman kamera ini mempunyai properti file video 360 derajat yang sangat besar atau terlalu besar (ber-Giga Byte).

Terlebih jika kita ingin mengupload video 360 tersebut ke Youtube maupun Facebook. Tentu akan banyak menggunakan kuota data internet kita. Alias upload video 360° jadi boros kuota. Dimana ukuran file video 360 derajat sangat besar.
Ibarat sudah terlanjur beli kamera 360°, seperti Samsung Gear 360, Brica Insta Nano 360, SJCAM SJ360, kamera Kogan 360 atau yang lain tapi video 360° jarang diupload ke sosial media, sebab sayang mikirin kuota data. Atau hanya upload sedikit-sedikit saja, takut kuota jebol.

Nah untuk mensiasati agar upload video 360° lebih hemat kuota data internet, kita bisa gunakan cara ini.
Dan cara ini digunakan jika aplikasi control untuk kamera 360 yang Anda punya, tidak dapat mengkompres video 360° supaya ukuran filenya lebih kecil dengan kualitas video atau gambar yang sama dan tetap jernih.

Sebenarnya ada banyak aplikasi editing video 360° yang bisa gunakan, seperti Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro, Cyberlink atau yang lainnya.

Tapi disini saya akan membagikan aplikasi untuk edit video 360 derajat dengan aplikasi Magix Movie Edit Pro Premium. Dimana aplikasi ini cukup mudah penggunaannya bagi pengguna yang masih awam tentang editing video sekalipun. Disamping itu juga, aplikasi ini cukup kecil (kurang dari 500 MB) dan cukup ringan untuk PC atau laptop dengan prosesor jadul pun.

Syarat dan langkah untuk mengkompres video 360 derajat supaya ukuran file lebih kecil dengan Magix Movie Pro.
  1. PC atau laptop dengan windows 64 bit. Rekomended Windows 7 keatas (windows 8, Windows 10).
  2. Tentu saja aplikasi Magix Movie Edit Pro. Instal di laptop/PC.
  3. Siapkan video 360 derajat yang ingin kamu edit.
  4. Buka aplikasi Magix Movie.
  5. Create new project, ganti "project name" sesuai dengan judul selera Anda, atau biarkan default. Movie settings, set / pilih 360° NTSC 1920p 2:1 (3840x1920, 29.97fps) atau sesuaikan dengan properti video 360° yang ingin Anda Edit.
  6. Untuk audio dan lokasi penyimpanan project hasil editing, biarkan default atau bisa Anda set sesuai selera. Lanjut OK.
  7. Pilih "Import". Browse atau cari video 360° yang ingin kamu edit. Jika sudah ketemu, sorot judul video dengan mouse, maka akan muncul ikon Play, Crop, dan Download (tanda panah kebawah). Lanjut Pilih Download.
  8. Pada aplikasi ini, Anda bisa edit sendiri, dari mulai crop, cut, penambahan effect, text atau yang lain sesuai selera.
  9. View atau preview video pada Magix Movie juga bisa dirubah dari tampilan mode panorama menjadi view 360°, yang bisa Anda lihat kanan-kiri, atas-bawah dengan menggeser mouse.
  10. Selesai edit, lanjut cara save video, atau cara export video 360° di Magix Movie.
  11. Pilih "File" kiri atas. Pilih "Export Movie" > Video as MPEG-4...
  12. Pada bagian "Preset" biarkan default atau bisa Anda ganti judul video dan folder penyimpannya sesuai selera Anda. Lanjut pilih OK.
  13. Rendering video 360° atau proses export video mungkin membutuhkan waktu agak lama, tergantung dari spek prosesor dan graphic card di laptop / PC.
  14. Selesai rendering. Coba bandingkan hasil export video 360° dengan Magix Movie dan video 360° asli yang belum diedit.

Melalui aplikasi saya bisa mengurangi / mengkompres ukuran video 360° dari 1.5 GB menjadi sekitar 90 MB saja dengan resolusi video yang sama dan tentu saja kualitas gambar video tetap terjaga.
Tak hanya untuk kompres video, Anda juga bisa editing, atau bahkan menambahkan logo atau foto sendiri di video 360°.

Untuk cara inject spatial metadata video 360 sebelum diupload ke Youtube, Anda bisa gunakan cara ini.
Spatial metadata injector berguna agar video yang diupload ke Youtube dikenali sebagai video 360°.
Sebab, video 360° hasil rekaman kamera 360 tanpa di inject spatial metadata, hanya akan tampil sebagai video panorama flat (datar), fisheye (mata ikan), sphere atau hanya melengkung saja tidak bisa digeser dan digerakan.
 

Selamat mencoba dan semoga cara reduce a size 360° video file without losing quality bisa bermanfaat.





Belum ada Komentar untuk "Cara Kompres Ukuran File Video 360 derajat Tanpa Mengurangi Kualitas gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel