7 Solusi Memperbaiki Baterai HP Dicas Tapi Malah Berkurang

Handphone kamu akhir-akhir ini sewaktu di charge Tapi baterai tidak bertambah. Atau mungkin baterai handphone dicas tapi malah berkurang.

Baterai handphone di charge tidak bertambah

Tentu hal seperti ini akan sangat menjengkelkan bukan? Buang-buang waktu saja, bukannya baterai ngisi malah berkurang. Yang tentu saja, ini menyebabkan baterai tidak penuh ketika dicas atau di charge. Bahkan kejadian seperti ini akan membuat baterai handphone menjadi cepat rusak / daya cepat drop.
Hemmm..

Ada beberapa penyebab kenapa baterai handphone malah berkurang saat dicas (charging), yaitu :

1. Kabel data atau kabel charger handphone rusak.
2. Port socket charging pada handphone rusak atau kotor
3. Kepala charger Rusak.
4. Arus listrik dari sumber listrik (misal. PLN) tidak stabil.
5. Permasalahan Rom atau system.
6. Kerusakan hardwear pada handphone itu sendiri, misal IC charger atau flexible USB connector pada handphone yang rusak.

Lalu bagaimana cara mengatasi handphone Android ketika dicas, baterai malah berkurang? Solusi ini sekiranya mungkin dapat berguna bagi semua smartphone baik itu iPhone dan Android, seperti Samsung, Andromax, Asus, Advan, Lenovo, Oppo, Vivo, Mito, Xiaomi, Infinix, Meizu Sony, serta Android lainnya.
Nah solusinya sebagai berikut :

1. Lebih baik gunakan charger original bawaan handphone.
2. Coba gunakan / ganti charger handphone lain. Bisa pinjam charger punya teman terlebih dahulu. Coba pinjam atau tukar dahulu kabel data / kabel charger, baru berikut kepala charger. Cek dan test mana yang bermasalah antara kabel data atau kepala charger nya.
3. Cek port lubang pengisian handphone. Bersihkan jika kotor. Bersihkan dengan tisu dibantu tusuk gigi. Jangan gunakan benda logam, karena dapat menyebabkan konsleting.
4. Pindah colokan stop kontak jika pengisian baterai tidak stabil.
5. Gunakan aplikasi battery calibration atau Aplikasi Baterai Ampere untuk pengecekan dan memperbaiki kesalahan software pengisian baterai.
6. Update / downgrade system ROM yang dipakai jika permasalahan ini penyebab adalah Rom yang saat ini digunakan.
7. Sudah melakukan semua hal diatas namun tetap saja, baterai handphone saat dicas sambil digunakan tidak nambah malah berkurang? Ini bisa saja disebabkan karena ada kerusakan pada IC charger atau flexible USB connector charger. Silahkan bawa ke tempat servise atau bawa langsung ke service senter terdekat.

Nah sekian tips cara mengatasi hp dicas malah berkurang.
Semoga bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "7 Solusi Memperbaiki Baterai HP Dicas Tapi Malah Berkurang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel