Iwak Wader Kali Progo Presto Empuk Nan Gurih Dari Pasar Kebonagung

Yutabella.com - Berawal dari sekedar mampir beli jajanan pasar  sewaktu perjalanan menuju Candi Borobudur. Secara tak sengaja saya, mendengar pembicaraan ibu-ibu di pasar Kebon Agung yang terletak di desa Sendangagung Minggir Sleman. Yaitu tentang iwak banyu.
Iwak banyu.... emmm... saya kok merasa nama ini terasa tidak asing.

Alih-alih untuk mengurangi rasa penasaran, saya pun bertanya pada saudara saya,
Mbak, wingi kae pas awake dewe arep nang Borobudur kae kan mampir ne pasar sing sak durunge nglewati jembatan Kali Progo. Kok aku dadi penasaran ono ibu-ibu ngomongne iwak banyu. Lah jane iwak banyu ki iwak opo to Mbak?
Jawaban Mbak saya, " Iwak banyu ki yo iwak. Cuma yen neng pasar kono, iwak banyu ki terkenale iwak wader seko kali Progo."
Mendapat jawaban itu, saya pun jadi teringat pernah membaca sebuah artikel di suatu web yang ngebahas tentang iwak wader Kali Progo.

Hingga akhirnya saya coba "Googling" kembali. Dan ketemu.
Oww.. Jadi disitu tempatnya yaa Iwak wader Kali Progo yang pernah diulas oleh seorang penulis di web terkenal kompasiana.

Ganti hari, untuk mengobati rasa penasaranku tentang cita rasa Iwak Banyu atau Iwak Wader Kali Progo yang terkenal itu, pagi-pagi saya pun berangkat ke Pasar Kebon Agung yang terletak di desa Sendangagung Minggir Sleman itu.
Karena sesuai dengan info yang diberikan oleh Mbak saya, bahwa jika ingin membeli iwak wader Kali Progo di pasar Kebon Agung harus datang sampai sana pagi-pagi sekitar jam 6 pagi. Sebab jika rada siangan takutnya sudah habis tidak kebagian.




  • Iwak banyu, yang dalam bahasa Indonesia berarti iwak itu ikan dan banyu itu adalah air.
  • Iwak wader Kali Progo, yang artinya ikan wader dari sungai Progo.
  • Kali Progo sendiri adalah sungai terbesar di wilayah Yogyakarta, yang memisahkan atau membatasi antara kabupaten Sleman - Bantul dengan kabupaten Kulon Progo di wilayah Yogyakarta.

Menikmati Ikan Wader Kali Progo Di Pasar Kebonagung.

iwak banyu pasar kebonagung

Beruntung sampai di pasar Kebonagung, saya masih "kebagian" iwak wader yang saya cari. Setelah sebelumnya saya bertanya-tanya dahulu tempat yang jual iwak banyu / iwak wader kali Progo dengan orang-orang yang ketemu di pasar.
Dengan senyum dan sapaan yang ramah ciri khas orang Jogja (hehe..ngalemm) mereka memberitahu saya dimana dan penjual mana yang menjual iwak wader Kali Progo. Sebab di pasar Sendangagung ini ada beberapa pedagang ikan atau iwak banyu, namun tak semua menjual iwak wader asli takapan dari Sungai Progo atau Kali Progo.

Seperti ciri khas sebuah pasar tradisional pada umumnya yang menjual dagangannya secara lesehan, namun tetap tidak mengabaikan kebersihannya. Ibu-ibu penjual iwak wader menyapa saya dengan ramah ciri khas orang Yogyakarta yang selalu dirindukan tiap kali balik ke Jogja.

Lalu kaya apa sich iwak wader Kali Progo?
Memang benar seperti apa yang sudah dituliskan oleh kompasiana. Iwak wader Kali Progo sudah digoreng. Dan ada 2 pilihan, mau yang original digoreng saja  atau pilih yang sudah dibacem.
Soal rasa, saya pilih yang original digoreng saja, karena saya pengen tahu kaya apa sich aslinya.
Emm.. daging ikan wadernya empuk , gurih, dan terasa rada manis-manis gitu. Memang secara ciri khas daerah Jogja, variasi makanan memang terasa manis gula jawa.
Enak.. rekomended dah pokoknya..
Ikan wader ini juga aman apabila dimakan/dikonsumsi oleh anak-anak. Sebab ikan wader yang sudah digoreng ini sebelumya sudah dipresto terlebih dahulu. Jadi ikan wader akan terasa empuk sampai ketulang-tulangnya.

Sambil ngobrol ngalor-ngidul dengan penjualnya, dan benar saja seperti Mbak saya bilang, jika rada siangan dikit dagangannya sudah habis.
Orang-orang disini memang suka dan gemar konsumsi  ikan wader Kali Progo. Yang dinikmati sebagai lauk saat makan dengan nasi putih.

Kirain cuma saya saja yang suka dengan ikan wader Kali Progo.
Setelah saya bawa iwak wader Kali Progo ini sebagai oleh-oleh untuk teman-teman kerja di Tangerang, ternyata tanggapan mereka suka lho.
Bahkan ada yang bilang begini "Boleh Mbak titip sekilo, besok kalau ke Jogja lagi?"



Pasar Kebonagung  atau disebut juga oleh masyarakat disini sebagai pasar Kebonagung yang terletak di desa Sendangagung, kecamatan Minggir , kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Para penjual ikan wader Kali Progo juga bisa menerima pesanan via telepon, jika sebelumnya Anda sudah mempunyai atau menyimpan nomer telepon mereka.
Banyaknya ikan wader Kali Progo yang dijual oleh masing-masing pedagang hanya sekitar beberapa kilo saja. Karena ikan wader kali Progo ini memang asli takapan sendiri dari sungai Progo.
Jadi jika Anda memang berminat ingin membeli ikan wader Kali Progo di pasar Kebonagung, usahakan datang jam 6 pagi hari.
Dengan stock sedikit dan kegemaran masyarakat disini yang juga suka konsumsi ikan wader dari sungai Progo, tentu Anda yang tempatnya jauh dari lokasi pasar tentu tidak mau kan, jika sudah sampai di pasar Kebonagung ternyata iwak wadernya sudah habis tidak kebagian.
(... Yuta Bella ...)

Belum ada Komentar untuk "Iwak Wader Kali Progo Presto Empuk Nan Gurih Dari Pasar Kebonagung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel