Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi Note 3 Tidak Bisa Dicas | Tips Cara Mudah

Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi Note 3 Tidak Bisa Dicas

hp Xiaomi redmi note 3 pro tidak bia di charger
Bongkar Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Yutabella.com - Handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro tiba-tiba tidak bisa dicas (charge), tidak ada lambang petir tanda pengisian baterai. Sudah mencoba berbagai jenis charger yang lain pun tidak ada tanda pengisian baterai. Saat dicas pun, lampu LED tidak menyala.
Juga cuma terasa panas atau malah saat dipegang handphone terasa biasa-biasa saja sewaktu dicas?
Sudah ganti dock flexible USB konektor charger juga tetap tidak mau bisa mengisi baterai?
Tentu akan sangat menjengkelkan bukan?

Sudah banyak memang handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro Snapdragon yang menjadi korban tiba-tiba tidak bisa di charge. Secara kronologi, biasanya awal mula Redmi Note 3 tidak bisa dicas sebagai berikut :
  1. Karena  sebelumnya mencoba mengisi daya dengan charger lain (bukan charger Original) dengan voltase dan ampere yang lebih besar. Seperti menggunakan fast charger dari tipe handphone lain.
  2. Mengisi daya Redmi Note 3 Pro menggunakan Power Bank yang support fast charging. Seperti MI Power Bank 2 juga dapat membuat IC charger Redmi Note 3 Pro jadi jebol.
  3. Karena konslet dari kabel data (kabel charger) yang sebenarnya sudah tahu rusak namun masih saja dipakai.
Seperti kita ketahui, kepala charger handphone yang support fast charging, ataupun Power Bank yang support fast charging mempunyai variasi output 5 V, 6 V, 9 V, bahkan sampai 12 V dengan ampere bervariasi dari 2A - 3 A.

Tegangan diatas 5 Volt inilah yang membuat / mengakibatkan komponen pengisian Xiaomi Redmi Note 3 Pro rawan (jadi) rusak.

Lalu bagaimana solusi agar handphone Redmi Note 3 Pro kenzo bisa dicas seperti semula?

Solusi urutan memperbaiki hp Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang tidak bisa dicas adalah sebagai berikut :

1. Solusi Perbaikan Xiaomi Redmi Note 3 Pro Tidak Bisa Di Cas Dengan Mengganti Port Charger atau USB Flexible Charger Redmi Note 3 Pro.

Sebelumnya mengganti atau berniat membeli PCB USB Flexible Charger Redmi Note 3 Pro, sebaiknya coba cari part bekas Original copotan dari Redmi Note 3 Pro kenzo.

Karena setahu saya flexible charger kondisi baru yang tersedia di toko spare part ponsel, baik itu yang Offline maupun yang Online jarang dapat ditemui dengan komponen yang mirip atau sesuai dengan aslinya. Berikut dibawah adalah gambar perbedaan port USB flexible charger Redmi Note 3 Pro yang asli dibandingkan dengan part kw yang biasa ditemukan di pasaran.

Perbedaan flexible charger Xiaomi Redmi note 3 pro ori vs kw
Perbedaan papan flexible charger Redmi Note 3 Pro Original dengan KW


Bisakan dibedakan antara flexible USB Xiaomi Asli dibandingkan dengan KW yang tersedia dipasaran.
Flexible USB konektor yang asli menggunakan diode hitam (dioda zener), sedangkan part flexible USB yang biasa ditemukan di pasaran malah terlihat seperti menggunakan kapasitor.

Tapi entah itu sama-sama kapasitor atau resistor atau sama-sama dioda saya juga tidak tahu. Karena saya tidak terlalu paham dengan komponen elektronik jenis SMD / SMT micro.
Dan seperti difoto, terlihat banyak komponen pada board papan USB fleksibel KW yang sengaja seperti tidak terpasang jika dibandingkan dengan dock flexyble charger bawaan Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Meskipun menggunakan socket USB konektor charger KW pun, semua bisa berfungsi normal, baik itu dari fungsi charger, transfer data ke PC/Laptop maupun fungsi OTG.
Dan juga meski menggunaka papan flexibel charger KW, penerimaan sinyal tetap tidak terasa ada perbedaan (tidak lemah).


Jika ditanya aman tidak menggunakan flexible USB charger Xioami yang KW itu?
Maka saya akan jawab :
Aman, selama masih menggunakan charger Ori bawaan.
Dan tidak disarankan lagi menggunakan Fast Charger atau Power Bank yang support fast charger.

Lalu efeknya apa kalau menggunakan charger yang support fast charger lagi?
Jawab :
Jika Flexible USB charger sudah diganti KW yang tidak menggunakan dioda zener lagi sebagai pengaman, apabila ada kelebihan tegangan voltase saat pengisian handphone akan merusak dioda zener yang ada di mainboard mesin Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

2. Cara Memperbaiki Redmi Note 3 Pro Tidak Bisa Dicas Dengan Melepas Dioda Zener Pada Flexible USB Charger Yang Rusak.


Dengan membuang komponen zener diode yang konslet pada flexible USB charger merupakan solusi sementara sebelum kamu menemukan part pengganti.

3. Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 Pro Tidak Bisa Di Charger Dengan Melepas Dioda Yang Berada Pada Mainbord.

Jika tadinya kamu sudah mencoba mengganti flexible USB konektor atau malah sudah melepas dioda yang berada pada flexible USB konektor tersebut namun tetap saja handphone Redmi Note 3 Pro tidak bisa dicas, alangkah baiknya coba cek dioda hitam (dioda zener) dibawah IC audio di mainboard.

Apabila diode diraba terasa hangat/panas saat posisi charging sepertinya diode itu konslet. Copot saja.
Tetapi memang alangkah sebaiknya dioda itu diganti. Cuma entah ada atau tidak, kok saya tidak menemukan dioda itu dipasaran.
Apa mungkin karena saya nyarinya di pasar tradisional kali yaa.. he,,



Lantas aman tidak jika part dioda yang sudah dilepas itu dibiarkan kosong begitu saja tidak diganti?
Ada yang menjawab Aman, ada juga setelah dioda itu dilepas selang berapa minggu atau bulan jadi mati total kena IC Power rusak (jebol) karena sudah tidak ada dioda pengamanan lagi.

Lalu apa penulis / admin sudah mencoba cara ini?
Jawab : Saya lagi test beberapa minggu masih aman sentosa, dan sambil berdoa semoga tidak ada keluhan di kemudian hari.

Aman atau tidak, jika Redmi Note 3 Pro yang semua dioda zener sudah dilepas (tanpa dioda pengaman) kemudian diisi daya dengan fast charging atau Power bank support fast charging ?
Jawab :
Saya belum mencoba.
Tapi alangkah baiknya tidak disarankan menggunakan fast charger maupun power bank yang support fast charging.

Untuk melepas dioda pengisian yang berada pada mainbord mesin Redmi Note 3 Pro, alangkah baiknya menggunakan solder uap.
Jika menggunakan solder biasa dapat merusak PCB Motherboard.
Dimana letak dioda yang perlu dilepas itu juga berada di tempat yang sempit antara IC audio socket kabel fleksibel.

Atau jika kamu hanya punya solder biasa, bisa saja dicoba. Meski nantinya dioda itu tidak copot sempurna dan hanya pecah (terputus) saja, it's Ok.
Redmi Note 3 Pro kamu akan dapat mengisi daya kembali.

4. Solusi Xiaomi Redmi Note 3 Pro Tidak Bisa Dicas Dengan Mengganti IC Charger.

Jika sudah mencoba mengganti dock konektor USB charger Redmi Note 3 Pro dan juga sudah melepas dioda pada motherboard ternyata masih tetap tidak bisa diisi daya, bisa jadi redmi Note 3 Pro sudah kena atau rusak IC charger / IC power atau komponent terkait lainnya.

Untuk urusan mengganti IC charger yang pada Redmi Note 3 Pro sebaiknya serahkan pada tukang servise handphone yang terpercaya.


Jika ditanya kenapa handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro jadi rusak tidak bisa mengisi baterai lagi setelah menggunakan charger Fast Charging atau Power Bank support fast charging (contoh : Mi Power Bank 2), sedangkan pada handphone yang lain (contoh : Samsung) yang belum support fast charging tetap baik-baik saja ?

Jawab :
Handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro saat di charge pakai charger fast charging juga tidak langsung rusak kok. Hanya kalau lagi apes saja.
Namun alangkah lebih baik gunakan saja charger bawaan atau yang sesuai spesifikasi charger bawaan Redmi Note 3.

Efek lainnya :

  1. Baterai menjadi boros ? Rada.. mungkin karena sudah tidak pakai dioda senter lagi untuk membatasi (menstabilkan) voltase di 5V jadi berpengaruh ke baterai.
  2. Pengisian menjadi lebih lama / lambat ? Biasa saja 3 - 4 jam dengan charger Original.
  3. Baterai jadi cepat bengkak / gelembung ? Bisa ya atau bisa juga tidak.


Kejadian Redmi note 3 charging problem seperti ini juga banyak dialami oleh Xiaomi Redmi 3, Redmi 4X.

Semoga artikel yang kurang bermanfaat dari cara memperbaiki Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Kenzo) yang tidak bisa di charge sedikit banyak dapat membantu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi Note 3 Tidak Bisa Dicas"

Post a Comment