Cara Mengatasi Hp Infinix Sering Restart Sendiri

kenapa hp Infinix sering restart


Kenapa hp infinix sering restart. 

Handphone Infinix kena BUG restart massal Agustus 2022.

Baru baru ini, atau mungkin sudah sekitar seminggu dari sebelum artikel ini ditulis, banyak pengguna hp Infinix yang mengalami hp Infinix sering restart tidak bisa dihidupkan. 

Padahal hp Infinix tidak diapa-apain namun tiba-tiba mati dan hidup sampai muncul logo X mati lagi berulang. Atau kadang hidup sebentar terus restart lagi.

Problem hp Infinix mati hidup berulang terjadi ketika habis update firmware terbaru. Bahkan kadang pengguna tidak tahu kalo hp Infinix sedang atau telah mengunduh firmware terbaru. Pengguna baru tahu ketika ada notifikasi perintah untuk melakukan reboot menghidupkan ulang untuk melakukan update sistem.

Banyak yang mengalami kejadian ini pada malam hari.

Proses update sistem terbaru biasanya secara otomatis ter-Download otomatis ketika handphone terhubung oleh wifi, dan ketika proses download selesai, maka akan notifikasi untuk melakukan restart perangkat untuk pemasangan sistem terbaru itu. 

Maka disaat inilah, hp Infinix akan restart berulang kali tidak mau hidup. 

Atau kadang ada yang mengalami, setiap buka FB / Facebook, IG / Instagram, hp Infinix langsung restart. 

Prolem hp Infinix sering restart sering dialami oleh pengguna Infinix Smart 5, Infinix Smart 6, Infinit Hot 8, Infinix Hot 8 Play, Infinix Hot 9, Infinix Hot 9 Play, Infinix Hot 10, Infinix Hot 10 Play, Infinix Hot 11, Infinix Hot 11 Play, Infinix Zero , Infinix Note 8, Infinix Note 9, Infinix Note 10, Infinix Note 11 yang kebanyakan di XOS versi 7. Walaupun pada XOS versi 10 juga banyak yang kena juga.

Lalu bagaimana cara memperbaiki Infinix sering restart sendiri :

1. Hp Infinix restart hidup mati sehabis update sistem

Jika mengalami hp Infinix hidup mati sehabis ada notifikasi pembaruan sistem, ini adalah kondisi yang wajar. Hp Infinix kadang butuh 3 kali, 5 kali atau 7 kali restart ketika memperbarui sistem. Ini seperti kondisi saat kita lalukan instalasi di windows, baik di komputer maupun laptop, yang butuh berapa kali restart untuk memasang aplikasi. Jika perlu handphone matikan sebentar sekitar 10 menit, dari tombol power dan setelahnya bisa dinyalakan kembali, biasanya hp Infinix akan kembali hidup.
Namun jika hp Infinix tetap sering restart, silahkan lakukan hal berikut dibawah.

2. Hapus data penyimpanan aplikasi Peluncur XOS

Saat hp Infinix hidup dan bisa masuk ke Home screen atau Beranda , segera lakukan hapus data aplikasi Peluncur XOS dengan cara masuk ke menu Pengaturan handphone > Management Aplikasi > Setelan Aplikasi > cari dan buka aplikasi XOS Peluncur > klik atau pilih Penyimpana & cache > pilih Hapus Penyimpanan di pilihan paling bawah

3. Uninstal aplikasi Peluncur XOS 

Jika hp infinix kadang sering restart, untuk memperbaikinya kamu bisa lakukan hapus data aplikasi Peluncur XOS atau melakukan uninstal pembaruan Peluncur XOS. Peluncur XOS kadang mengalami BUG yang menyebabkan hp Infinix sering restart seperti bootloop. Kamu bisa menghapus pembaruan aplikasi XOS Peluncur dari Play Store maupun dari menu Pengaturan handphone > Management Aplikasi. 

4. Ganti Launcher 

Ganti launcher bawaan XOS dengan Launcher lain yang bisa kamu download dari Play Store, salah satu Nova Launcher, Go Launcher atau yang lain. Banyak yang percaya, peluncur XOS atau launcher XOS ada BUG yang mengakibatkan hp Infinix sering restart sendiri.

Untuk sementara, sampai ada update terbaru untuk memecahkan problem restart, hp Infinix jangan dulu di restart (di reboot). Sebab jika direstart, maka hp Infinix masih bisa mengalami restart melulu di logo X. 

5. Hapus aplikasi Facebook dan Instagram 

Sepertinya banyak tidak sependapat soal tidak ada pengaruh jika aplikasi Facebook dan Instagram di unisntall untuk memperbaiki hp Infinix sering restart. Namun banyak pengguna juga yang memberi testimoni, setelah aplikasi Facebook dan Instagram dihapus, hp Infinix miliknya tidak lagi restart restart sendiri. Dan untuk sementara, gunakan dulu aplikasi Facebook Lite dan Instagram Lite di Infinix.

6. Wipe Cache Patition dari menu Recovery Mode

Cara ini dilakukan apabila hp Infinix tidak lagi bisa masuk ke menu Home Screen atau hp Infinix hidup hanya mentok di logo Android atau mentok logo XOS tidak mau masuk menu utama. Cara masuk ke menu recovery mode Infinix  > matikan handphone dengan menekan tekan tombol yang agak lama hingga handphone benar benar mati > tekan bersamaan kedua tombol Volume Up (+) dan Tombol Power dan tahan hingga muncul logo Infinix lalu lepas kedua tombol > jika Infinix muncul logo XOS no command, silahkan tekan bersamaan tombol Power dan tombol Volume Up (+) bersamaan sampai muncul menu Recovery Mode > selanjutnya pilih Wipe cache partitition dengan mengunakan tombol volume untuk gulir (navigasi) dan tombol Power sebagai tombol Enter (konfirmasi) > pilih Yes > untuk konfirmasi . Selesai hapus cache , silahka pilih Reboot System Now > maka handphone akan kembali hidup.

7. Hard reset atau wipe data atau hapus data pabrik

Untuk memperbaiki ho Infinix yang sering restart tidak mau hidup atau BOOTLOOP, bisa dengan melakukan hard reset. Sebelum melakukan hard reset sebaiknya backup data terlebih dahulu data penting dan ingat seluruh akun Gmail dan password dari akun sosial media kamu.

8. Bawa ke Service Center Infinix 

Apabila hp Infinix kamu masih dalam masa garansi, lebih baik segera bawa ke service center Infinix terdekat di kota kamu.

 

Jika kamu sudah melakukan diatas semua, dan masih saja tetap saja hp Infinix mati hidup atau bootloop bisa dipastikan kamu bukan saja mengalami BUG masal hp Infinix problem restart, melainkan memang terjadi kerusakan pada handphone Infinix kamu, silahkan lanjut ke cara berikutnya :

9. Flashing ulang 

Flashing ulang dilakukan jika hp infinix sudah semua cara diatas sudah dilakukan namun hp Infinix tetap bootloop atau hidup mati mentok di logo android maupun logo XOS.

10. Ganti baterai

Sebelum melakukan ganti baterai untuk memperbaiki hp Infinix sering restart atau hidup  mentok di logo Android atau logo Infinix dengan memastikan kondisi baterai. Caranya hidupkan hp Infinix sambil dicolok charger. Apabila handphone hidup sambil dicharge, maka fix itu kerusakan pada baterai dan kamu bisa ganti baterai baru. Namun apabila hp Infinix tidak bisa hidup sambil dicas, ini bisa terjadi problem karena masalah software rusak atau memang terjadi kerusakan dari segi hardware, salah satunya emmc atau UFS memori internal rusak atau mungkin malah cuma tombol power yang rusak. Namu sebelum melakukan vonis hardwear, coba dulu maksimalin dengan memperbaiki software dengan melakukan flasing ulang sesuai tipe hp Infinix.

 

Semoga Tips Cara Mudah memperbaiki hp Infinix sering mati sendiri bisa bermanfaat.

Yutabella.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Hp Infinix Sering Restart Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel