Cara Mudah Flashing Xiaomi Redmi 5A Global Bahasa Indonesia | Tips Cara Mudah

Cara Mudah Flashing Xiaomi Redmi 5A Global Bahasa Indonesia

Flashing handphone Xiaomi Redmi 5a Riva merupakan salah satu solusi untuk perbaikan handphone. Dimana dengan melakukan flashing atau instal ulang berguna untuk memperbaiki handphone Xiaomi Redmi 5a yang mengalami masalah seperti; hardbrick, mati total karena kerusakan softwear, gagal oprek, bootloop, dan handphone yang nyala tapi mentok di Logo MI saja.

Atau dengan cara flashing dapat memperbaiki handphone Xiaomi redmi 5a yang bermasalah sering muncul aplikasi telah berhenti, atau aplikasi yang terpasang terlalu sering force closed.
Bisa juga untuk memperbaiki handphone yang terkena virus, yang biasanya adalah virus iklan yang mengganggu. Dimana virus iklan seperti ini muncul sampai menutupi seluruh layar dan tidak bisa di skip. Virus iklan semacam ini muncul ketika koneksi internet aktif, baik melalui sambungan paket data maupun ketika handphone koneksi ke WIFI.

Dan tentu saja, cara flashing Xiaomi Redmi 5a juga berguna bagi Anda yang ingin pindah stock rom , dari rom abal-abal distributor ke rom global stable. Serta berguna jika Anda ingin pindah ke rom china atau rom global developer, dan sebaliknya.

Langsung saja, bahan-bahan yang diperlukan untuk flashing Xiaomi Redmi 5a.
- Pin set atau kawat kecil juga boleh. Untuk test point di board mesin.
- MiFlash Tool . Jika Anda menggunakan windows 32 bit, coba gunakan Miflashtool beta.
- Driver Qualcomm.
- Mi PC Suite.
- Lastes Frimware Xiaomi Redmi 5a. Stockrom global stable Miui 9 support bahasa Indonesia. Pilih "✯Redmi 5A Lastes Global Stable Version Fastboot File Download". Atau Gunakan versi rom china jika Anda ingin mencobanya.

Syarat dan kondisi.
Kebanyakan Xiaomi Redmi 5a Riva yang ada di Indonesia dengan garansi resmi TAM (bukan garansi distributor), dalam kondisi locked bootloader. Yang artinya kita tidak dapat masuk ke download mode (EDL) melalui fastboot mode dengan kombinasi tombol power dan volume down (-), karena download mode dalam kondisi disable. Dengan kata lain Xiaomi Redmi 5a tidak dapat diflashing dengan metode fastboot.
Maka untuk melakukan flashing Xiaomi Redmi 5a harus dengan cara Test Point (terkecuali kondisi Xiaomi Redmi 5a dalam kondisi unlock booloader).
Yang artinya kita harus bongkar casing belakang handphone. Dengan membuka segel pengaman, ini berarti bisa saja garansi yang berlaku akan hangus.
Hati-hati saat membuka penutup mesin,jangan sampai patah atau rusak, sebab pada penutup mesin Xiaomi Redmi 5a terdapat antena.


Lanjut langkah flashing Xiaomi Redmi 5a Riva dengan test point.
  1. Instal Miflashtool, driver qualcomm, dan Mi PC Suite di PC atau Laptop.
  2. Extrak frimware Xiaomi, dan tempatkan hasil extrak ke dekstop atau tempatkan diluar subfolder. Contoh D : tempatkan hasil exstrak frimware disini. Atau C : tempatkan hasil exstrak frimware disini.
  3. Buka Miflashtool. Pilih "select", lalu browse dan cari dimana lokasi folder hasil extrak frimware tadi Anda tempatkan. Pilih OK.
  4. Pada bagian kanan bawah MiFlashTool, pilih "Clean all" jika tadinya handphone Anda bermasalah (ini menghapus data keseluruhan yang tersimpan di internal handphone). Atau pilih "save user data" (flashing tanpa menghapus data memori internal).
  5. Untuk bagian handphone.
  6. Aktifkan USB Debugging. Jika Handphone Xiaomi Redmi 5a dalam kondisi mati total, booloop atau hardbrick, silahkan lewati saja.
  7. Tentu saja sudah dalam kondisi casing belakang dan penutup mesin sudah di lepas atau dibuka.
  8. Pastikan handphone dalam kondisi mati (off) saat test point. Lepas dan dan pasang kembali soket baterai untuk memastikan.
    flashing redmi 5a
    Lokasi pin untuk Test Point Xiaomi Redmi 5a

    cara flashing xiaomi redmi 5a
    Jumper dengan pinset atau kawat kecil
  9. Lakukan test pint dengan cara menghubungkan (konsletkan) kedua pin dekat socket tombol dengan bantuan pin set atau kawat kecil, lalu hubungkan handphone dengan kabel data ke komputer / PC atau laptop tanpa melepas pin set.
  10. Jika saat melakukan test point, pada layar malah muncul simbol mengisi baterai, itu berarti gagal atau belum masuk download mode, ulangi lagi dengan melepas socket baterai untuk memastikan bahwa kondisi handphone benar-benar OFF.
  11. Jika test point sukses, maka dilayar monitor PC atau laptop akan muncul pesan instaling driver, Qualcomm hs-usb qdloader 9008. 
  12. Lepas Pin Set.
  13. Mungkin saat melakukan test point butuh mencoba berkali-kali bahkan belasan kali baru sukses. Disini butuh kesabaran.
  14. Jika sudah handphone sudah terhubung dengan komputer, coba pilih "refresh" pada MiFlashtool, maka akan muncul dan terdeteksi port "COM" pada MiFlashtool.
  15. Lanjut Pilih "Flash".
  16. Maka proses flashing frimwear Xiaomi Redmi 5a akan terlihat berjalan. Mungkin proses flashing akan butuh beberapa menit, tunggu dan bersabar.
  17. Jika gagal akan ada keterangannya. Jika sukses maka akan muncul pesan "success".
  18. Lepas kabel USB pada handphone, kemudian lepas sebentar soket baterai, kemudian pasang kembali.
  19. Nyalakan handphone dengan menekan tombol power seperti biasa untuk test saja. Jika sukses maka handphone akan boot atau hidup. 
  20. Lakukan langkah setup wizard dan setting seperti ketika awal membeli handphone baru.
  21. Pasang kembali penutup mesin, dan casing belakang xiaomi, seperti sebelumnya.
  22. Selesai.
Demikian cara mudah flashing Xiaomi redmi 5a Riva Miui 9 support bahasa Indonesia.
Semoga bermanfaat.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Flashing Xiaomi Redmi 5A Global Bahasa Indonesia"

Post a Comment