Nembak WiFi Pakai Mode WISP Repeater Speed Internet Turun Lemot

pakai wifi repeater internet turun lemot
Mode WISP wifi Tenda cuma dapat 3 Mbps, padahal router utama yang ditembak hanya berjarak 10 meter

 

 Pakai mode WISP Speed internet jadi turun di WiFi Tenda N301.

Mungkin saja artikel ini bisa dibilang sudah ketinggalan kalau masih ngebahas router Tenda N301. Memang bisa dibilang router Tenda N301 terbilang produk lawas kok baru dibahas sekarang.

hemmm....

Tapi emang sih.. saya baru ngalami sendiri kalau mode repeater Tenda N301 mengalami penurunan speed internet sampai lebih dari 50% dari speed internet WiFi yang ditembak. 

Baik itu pakai mode WISP maupun dengan mode Universal Repeater. Semua mengalami penurunan kecepatan internet.

Saya ada pengalaman, dimana mulanya saya ingin menggantikan Xiaomi Mi Repeater 2 dengan router Tenda N301 setelah sekitar hampir 2 tahun Xiaomi Mi Repeater 2 bertugas tanpa libur dan cuti namun tetap aman jaya tanpa mengeluh.

Setelah selesai seting router Tenda N301 untuk tembak WiFi IndiHome 30 Mbps jarak 15 meter , sinyal WiFi tertangkap di hp sekitar 2 bar dengan hasil test speed internet sekitar 30 Mbps, namun setelah ditembak pakai WiFi Tenda N301 baik dengan mode WISP maupun mode Universal Repeater, kecepatan internet turun jadi 13 Mbps. 

Memang sebelumnya saya tahu bahwa ketika menggunakan WiFi repeater atau WiFi extender maka speed internet bakal turun, tidak bisa sekencang seperti WiFi router utama.

Namun saya kira tidak bakal drop separah ini. Sebab jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi repeater 2  terasa jauh banget bedanya.

Xiaomi Mi repeater 2 masih lebih baik bisa dapet 22 Mbps, dan  speed upload tetap stabil sama seperti router utama jika di test lewat aplikasi Speedtest.

Maksud hati pengen menggantikan Xiaomi Mi Repeater 2 dengan WiFi Tenda N301, eh ... ternyata mode repeater router tenda ini tidak sebaik Xiaomi Repeater 2 dilihat dari hasil Speedtest internet. 

Pun juga sudah dicoba dengan mendekatkan router Tenda N301 ke router utama IndiHome, namun tetap saja, speed download hanya dapat 13 Mbps saja.

Pada akhirnya, untuk menyamakan speed internet agar speed bisa sekencang router utama harus narik kabel LAN dari router Tenda N301 ke router IndiHome (router utama) lewat AP mode (Access Point). 

Hemm.. jadi harus beli kabel LAN buat nyamain speed .. keluar duit lagi...

Meski begitu, router Tenda N301 sangat rekomended untuk menembak WiFi yang jauh. Sebab router Tenda N301 mampu menangkap sinyal WiFi yang jauh bahkan yang sudah tidak terlihat (terbaca) oleh handphone (hp). Itu pun jika kamu tidak terlalu peduli dengan speed internet yang nantinya didapat. 

Bahkan dengan 1 merk dengan tipe yang sama, belum tentu bisa sama dari hasil uji speed test kecepatan internet. Baik itu mode WISP maupun Universal repeater.

Karena pengalaman : tetangga beli Tenda N301 dapat versi yang sama juga Versi 2.0 hasil repeater baik mode Wisp atau universal repeater malah lebih parah, hanya mentok 3 Mbps. Dan susah sekali dapet speed download 10 Mbps.

Mungkin dari pengalaman ini, saya bisa menyimpulkan jika untuk memperluas jaringan WiFi pakai Repeater / Range Extender akan mengalamin penurunan speed internet apapun merknya. Output speed internet setiap Wifi Repeater / Range Extender akan berbeda beda setiap merk atau tipe. Pun mungkin untuk satu merk dan tipe WiFi yang sama juga hasil mungkin akan berbeda.

Jika kamu ingin memperluas sinyal WiFi supaya kecepatan download tetap sama dengan router utama, gunakan kabel LAN dengan router diseting mode Bridge atau mode Access Point.

agar wifi kedua bisa sekencang router utama
contoh : setelah menggunkan mode Acces Point (Mode AP), barulah router Tenda N301 bisa sekencang router utama (Indihome 30 Mbps)

 

Nah, itu tadi problem menggunakan wifi repeater atau wifi extender , antara lain :

  1. Wifi extender sinyal bagus tapi internet lemot
  2. Pakai Wifi repeater internet lemot
  3. Pakai Wifi repeater internet tidak sesuai router utama
  4. Wifi extender tidak sekencang router utama
  5. Speed internet jdi turun pakai wifi repeater / extender
  6. Speed internet menurun di Mode WISP dan universal repeater Tenda, Totolink, TpLink, Xiaomi range extender.

Yang berguna bagi yang menanyakan kenapa pakai WiFi range extender, WiFi repeater, baik mode WISP maupun mode universal repeater mengalami penurunan speed yang drastis. Atau yang ingin memperluas sinyal wifi speed intenet tetap sama router utama. 

Baiknya perlu baca masalah atau kekurangan WiFi repeater / WiFi extender baik mode wisp maupun mode universal repeater.


Belum ada Komentar untuk "Nembak WiFi Pakai Mode WISP Repeater Speed Internet Turun Lemot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel