Memperbaiki Touchscreen Smartfren Andromax Tiba-Tiba Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Kali ini saya mau sedikit share tentang perbaikan touchscreen handphone Smartfren Andromax yang hang tiba-tiba saja touchscreen sama sekali tidak berfungsi, atau tidak bisa ditekan/dipencet.

Hari kemarin saya kedatangan sebuah handphone Smartfren Andromax kecil yang sudah 4G dari sononya. Dan tentu saja, handphone itu datang karena dibawa oleh pemiliknya.
Sang pemilik handphone Smartfren Andromax itu memgeluhkan tentang kerusakan handphone Smartfren Andromax miliknya itu, jika layar touchscreen handphone tidak bisa dipencet, digeser maupun di klik. Yang jelas touchscreen Andromax tiba-tiba tidak bisa disentuh dan tidak berfungsi sama sekali.

Sebagai orang awam dalam dunia teknik perbaikan handphone, tentu saja saya harus bertanya dahulu kronologi kejadian kenapa sampai layar touchscreen Andromax miliknya rusak tidak berfungsi.
Dan sang pemilik menjelaskan begini secara singkat saya rangkum.

1. Layar touchsreen hang, rusak bukan karena jatuh, ketekan, ataupun kegetok.
2. Kondisi touchscreen dilihat dari visual mulus tidak tergores maupun retak atau pecah.
3. Handphone sama sekali belum pernah terkena air.
4. Handphone dalam kodisi ter-Root, terpasang TWRP dan sudah di unlock ke all GSM 4G LTE.
5. Hanya saja begini kronologinya, handphone Andromax tadinya (sore hari) mati karena kehabisan daya baterai sama sekali, baru setelah malam hari di handphone baru sempat di charger pada posisi OFF (tidak dihidupakn sama sekali). Baru pada pagi harinya, ketika handphone Andromax dihidupkan (ON), setelah hidup, malah layar touchscreen tidak berfungsi sama sekali. Namun semua tombol, baik itu tombol Power, Vol Up (+) dan Vol Down (-) berfungsi dengan baik. Hanya fungsi touchscreen saja yang tidak bekerja.
Artikel terkait :

Lanjut, setelah saya mendapatkan persetujuan oprek dang bongkar dengan segala resikonya untuk memperbaiki Andromax miliknya, saya melakukan langkah-langkah ini.

atasi smartfren andromax hang layar tidak bisa disentuh
Perbaikan touchscreen tiba-tiba tidak berfungsi

  1. Cabut pasang baterai, restart. Hasilnya gagal.
  2. Cek voltase baterai dengan multitester, hasilnya baterai masih dalam kondisi bagus.
  3. Lepas / copot baterai seharian. Ini sudah dilakukan Sang pemilik namun tetap saja, setelah dihidupkan touchscreen handphone Andromax masih saja hang dan sama sekali tidak berfungsi.
  4. Coba pakai korek api pematik, yang bisa nyetrum itu. Hasil gagal alias nihil.
  5. Hard reset. Ini tidak bisa saya lakukan, sebab untuk melakukan hard reset baik itu dari menu setelan maupun mode dial, tetap saja harus menggunakan fungsi touchscreen.
  6. Hard reset via TWRP. Ini juga tidak bisa, sebab untuk mengakses menu dan memilih di TWRP Andromax juga menggunakan fungsi touchscreen.
  7. Hard reset via ADB. Sama saja, untuk mengakses adb sideload, juga harus masuk ke menu TWRP dahulu.
  8. Instal ulang atau flashing. Ini tidak saya lakukan, dengan alasan tidak kepikiran. Biarpun sukses saya harus mengulang root, pasang TWR, sekaligus unlock 4G all GSM kembali, hemm... proses yang panjang.
  9. Kemudian saya bongkar, handphone Andromax yang touchscreennya tiba-tiba tidak berfungsi itu. Lepas semua socket yang nempel di board PCB mesin Andromax, baik itu socket LCD, socket kamera, socket touchscreen, socket Tombol, dan socket flexible charger.  Cek kabel flexible touchscreen, saya bersihkan dengan karet penghapus, biarpun sebenarnya secara visual, kabel flexible touchscreen masih bersih dan baik. Angkat board pcb mesin Andromax, cek visual tidak ada yang kotor sama sekali. Akhirnya semua saya pasang kembali. Setelah handphone Andromax dihidupkan, taarrraaaa.. touchscreen berfungsi kembali.. ajaibbbb...
  10. Akhirnya bisa bikin nota dehh...
Pengalaman perbaikan toucscreen handphone Andromax tiba-tiba hang tidak berfungsi ini berdasar pada Smartfren Andromax ES C46B2G.

Kesimpulan dari perbaikan :
  1. Layar touchscreen Android Smartfren Andromax tiba-tiba hang tidak berfungsi sama sekali karena akibat lonjakan arus listrik saat dilakukan charging atau kaget karena arus listrik yang tidak stabil. Untuk ini saya kurang tahu. Tapi ada kemungkinan bisa terjadi, sebab kepala charger yang rusak/tidak bagus dan arus listrik di rumah yang kurang stabil juga bisa menyebabkan touchscreen seakan-akan mengetik sendiri dan lompat-lompat.
  2. Untuk mereset touchscreen handphone Android yang hang, tiba-tiba layar toucscreen tidak berfungsi dengan cara melepas kabel flexyble touchscreen dahulu dari motherboard mesinnya. Ini saya juga kurang tahu juga, bisa jadi saya hanya beruntung saja. Sebab tadinya tujuan bongkar untuk ganti touchcsreennya langsung.
Jika tutorial dan pengalaman perbaikan handphone Android Smartfren Andromax touchscreen hang tiba-tiba tidak berfungsi setelah kehabisan baterai ini bisa berguna berguna untuk type handphone yang lain, Anda bisa bagi dan kirimkan pengalaman Anda di kolom komentar.



    Belum ada Komentar untuk "Memperbaiki Touchscreen Smartfren Andromax Tiba-Tiba Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel