Tombol Navigasi Recent Home Dan Back Samsung Galaxy Tidak Berfungsi

Tiba-tiba tombol Recent App, tombol Home, dan tombol Back Samsung Galaxy tidak berfungsi?

Tombol home back Recent Samsung rusak

Permasalahan pada suatu handphone memang macam-macam. Yaitu seperti tombol navigasi Recent, Home dan tombol Back yang mati diantaranya yaitu :
1. Tanpa sengaja menonaktifkan tombol navigasi pada setelan handphone Samsung Galaxy.
2. Software system yang error.
3. Handphone pernah kena air pada bagian bawah area tombol home.
4. Handphone pernah jatuh jatuh sehingga touchscreen error atau rusak / pecah.

Untuk mengatasi masalah tombol navigasi ( tombol Recent , tombol Home (tombol tengah) dan tombol Back (tombol kembali) pada handphone Samsung Galaxy yaitu :

1. Aktifkan kembali tombol navigasi jika sebelumnya menonaktifkan tombol navigasi pada setelan handphone. Caranya yaitu masuk menu setelan/settings > Display > Navigation Bar.
Geser kanan untuk mengaktifkan fitur Show and Hide Button. Dan geser kiri untuk menonaktifkan fitur Show and Hide Button.

2. Tombol navigasi tidak berfungsi akibat software system yang error, kamu coba reset data pabrik.
Dan sebaiknya backup data terlebih dahulu jika ingin melakukan reset data pabrik pada Samsung Galaxy.

3. Tombol navigasi mati karena pernah kena air.
Sebaiknya sewaktu kena air lekas matikan power handphone dan lepas baterai jika handphone kamu menggunakan baterai removable.
Untuk mengeringkan handphone yang kemasukan air bisa gunakan dengan cara  memasukan handphone dalam beras beberapa hari atau gunakan blower pemanas atau hair dryer​ jika punya.

4. Jika penyebabnya karena handphone pernah jatuh, sebaiknya ganti touchscreen. Dan untuk hampir rata-rata handphone Samsung Galaxy terbaru sekarang, LCD dan touchscreen menyatu. Jika ganti harus 1 paket, LCD dan Touchscreen atau LCD + Touchscreen Dan frame LCD.
Sebaiknya ganti LCD di Samsung Servise Senter untuk memperoleh sparepart LCD yang original.

5. Jika kamu belum punya dana untuk memperbaiki tombol home, back dan recent yang rusak, kamu dapat mengaktifkan menu tombol Assisten pada setelan handphone, sebagai aplikasi pengganti tombol Samsung yang rusak.
Untuk mengaktifkan tombol menu Asisten Samsung Galaxy dengan cara masuk ke "Setelan/Pengaturan/Setting" >  Aksesibilitas > Kecekatan dan interaksi > Menu asisten > disini Aktifkan "Menu asisten". Mungkin akan ada perbedaan langkah sedikit pada tiap-tiap type handphone dan Rom yang digunakan.

Atau jika pada handphone Samsung Galaxy kamu tidak terdapat menu tombol accessibility bawaan, kamu bisa gunakan tombol navigasi yang dapat kamu peroleh dari Google Play Store seperti aplikasi Assistive Touch For Android. Atau pilih yang  kompatible dan yang sesuai selera kamu.


Sekian tips mengatasi tombol navigasi Samsung Galaxy yang rusak tidak berfungsi. Yang tentu saja saya berharap agar ini berguna bagi semua hp Samsung Galaxy Grand, Prime, J Series, A series, S series dan Note series juga. Dan mungkin juga berguna bagi pengguna Samsung Galaxy Tab (Tablet) yang mempunyai masalah serupa.

Semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Tombol Navigasi Recent Home Dan Back Samsung Galaxy Tidak Berfungsi"

  1. Saya sudah mencoba mengaktifkan asisten di pengaturan. Tapi tombol navigasi dan notifikasi layar saya tetap tidak berfungsi. Apakah ada cara lain?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel