Cara Memperbaiki Tablet Advan Android Hidup Mentok Di Logo Tanpa Kehilangan Data Penyimpanan Internal


Suatu ketika tablet Android Advan kesayangan hidup hanya mentok di logo merk Advan saja.
Padahal sebelumnya tablet Advan tidak diutak-atik baik setelan maupun oprek softwarenya.
Hanya saja kronologinya tablet Advan kehabisan baterai. Setelah dicoba di charge kemudian dihidupkan, tablet Advan hanya hidup sampai di logo Advan saja.

Kondisi tablet Advan ini seperti bootloop, karena hanya hidup mentok di logo merk saja, dan terus Restart berulang-ulang.

Saya tahu jika untuk memperbaiki tablet Advan Android yang bootloop bisa dilakukan dengan cara hard reset maupun dengan cara flashing ulang.

Namun berhubung saya tidak ingin kehilangan data apapun, saya hanya melakukan reboot system melalui menu factory test mode pada tablet Advan Android tersebut.

Cara reboot system / menghidupkan tablet Advan Android yang hang bootloop mentok di logo Advan.

Cara Pertama Melalui Menu Test Factory Mode Advan

Langkah-langkahnya yaitu :
1. Meski pada kondisi bootloop hidup mentok di logo, tekan saja secara paksa tombol Volume Up (+) dan tombol Power bersamaan, sampai muncul menu test mode.
2. Pada menu test mode tablet Android Advan, pilih Reboot system paling bawah. Tombol volume untuk navigasi dan tombol Power untuk enter.
3. Harap sabar, jika saat booting waktunya agak lama, dan taraaaa.... Tablet Android Advan yang tadinya bootloop mentok di logo merk Advan akhirnya hidup normal tanpa kehilangan data apapun dari penyimpanan internal dan system.

Cara Kedua Melalui Menu Recovery Mode Advan

Jika Anda tidak dapat mengakses test mode pada tablet Advan, coba reboot system dari menu recovery mode.

Caranya:
Masuk menu Recovery Mode tablet Advan dengan cara menekan tombol Power dan tombol Volume Down (-) secara bersamaan.
Lepas tombol Power jika sudah muncul Logo Advan.
Setelah muncul menu Recovery Mode, lepas tombol Volume Up.
Dalam menu Recovery Mode, tombol Volume sebagi tombol navigasi dan tombol Power sebagai tombol enter atau untuk konfirmasi pilihan.
Pilih Reboot  system now.
Test dahulu .. Bisa hidup normal lagi ke menu Home Screen atau belum?

Jika sudah menggunakan kedua cara diatas belum berhasil juga. Dan kondisi table Advan Android masih bootloop juga, coba lakukan hard reset dari menu recovery mode.
Silahkan lakukan "Wipe data/factory reset" dan "Wipe chace partition".
Dengan melakukan "Wipe data" melalui recovery mode ini berarti akan menghapus data aplikasi dan penyimpanan internal termasuk galery foto yang tersimpan di memory penyimpanan telepon.
Menu setelan dan aplikasi yang sudah Anda instal sebelumnya akan hilang menjadi setelan pabrik.

Cara Ketiga Memperbaiki Tablet Advan Mentok Di Logo Dengan Flash Firmware

Jika sudah melakukan langkah-langkah seperti diatas namun tetap saja tablet Advan tetap saja booting berulang mati hidup mentok di logo Advan. Silahkan lakukan langkah flashing atau instal ulang tablet sesuai type tablet Anda.
Dengan menginstal ulang tablet berarti aplikasi yang sebelumnya sudah terinstal akan hilang, termasuk galery foto yang tersimpan di memory penyimpanan internal telepon.
Menu aplikasi dan setelan tablet akan kembali seperti bawaan pabrik.

Metode cara memperbaiki tablet Advan yang bootloop mati hidup mentok di logo dapat dipergunakan untuk hampir semua tipe tab Advan seperti tab Advan i7A, i7 Plus / i7+.

Sekian tips cara memperbaiki tab Advan yang hang, hidup mentok di logo Advan tanpa kehilangan data apapun.
Semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Tablet Advan Android Hidup Mentok Di Logo Tanpa Kehilangan Data Penyimpanan Internal"

  1. Alhamdulillah makasih banyak pak,tablet advan saya sudah mentok di logo bertahun tahun tapi karena saya masih pelajar saya tidak ada uang untuk servis, terima kasih banyak pak atas artikelnya ini sangat berguna

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah mlm ini Tab advan normal lagi.
    Mksh infonya kk. Jazakumullah 🙏🏻

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel